Hal-hal Penting Orangtua Perlu Ajarkan Kepada Anak

5
1084
Tips mengasuh anak

Mengasuh anak sebagai salah satu mdean pendidikan karakter bukanlah sesuatu yang mudah. Anak memiliki sejarah dan fase perkembangan yang unik pada setiap individu. Meski pada perkembangan tersebut terdapat pola umum yang berlaku pada lingkup usia tertentu, orangtua tetap dituntut memiliki kejelian dalam pembangunan karakter. Orangtua kini memiliki tantangan lebih besar mengingat akses terhadap media yang begitu mudah sebagai salah satu variabel penting penentu karakter anak. Orangtua harus memiliki cara mengasuh yang tepat agar anak berkembang sesuai masa perkembangan dan mentaati pelbagai prinsip penting dalam ruang sosial.

Pengasuhan anak bukanlah tugas salah satu belah pasangan, tetapi merupakan tanggungjawab keluarga: ibu dan ayah. Keduanya harus mampu berbagi peran secara seimbang untuk dapat menciptakan karakter yang kuat pada anak. Selain itu, kekompakan menjadi faktor penentu lain. Kekompakan orangtua menjadi indikator konsistensi dalam pendidikan anak dalam keluarga.

Penanaman nilai pada anak sangat terkait dengan sejauh mana internalisasi anak dan sejauh mana lingkungan turut mendukung perkembangan nilai tersebut. Beberapa hal penting yang perlu diberikan orangtua kepada anak terangkum dalam tulisan ini.

Ajarkan Anak mengatasi masalah

Mengatasi masalah berbeda dengan lari atau menjauh dari persoalan. Konsep menyelesaikan masalah berarti mencari bentuk-bentuk yang dapat mengurangi dan menghilangkan efek negatif dari masalah kepada semua pihak yang terlibat dalam masalah. Anak perlu diajari mengenal suatu masalah dan fokus pada pengembangan dirinya agar keluar dari persoalan tersebut. Anak perlu memahami dengan rinci apa yang dimaksud sebagai sebuah masalah dan bagaimana menyelesaikannya. Dalam konsep ini, anak  perlu turut diajari untuk mengerti arti tanggungjawab dan empati.

Ajarkan Anak Mengenali Kebahagiaan

Menikmati kebahagiaan adalah halpenting yang perlu dilakukan oleh anak. Melalui proses ini, anak akan turut mengapresiasi situasi lingkungan dan dirinya. Menikmati kebahagiaan juga berarti mengajarkan anak mengerti kondisi dirinya. Hal ini akan sangat membentu anak mengenali diri dan situasi sosialnya.

Ajarkan anak Menjaga Fisik

Salah satu hal yang pada perkembangan anak perlu diajarkan adalah mengenali ambang batas fisik. Anak perlu diajari mengenal saat-saat tubuh merasakan lelah dan membutuhkan istirahat. Hal ini akan membantu anak mengatur waktu dan hal-hal yang ingin dilakukannya.

Ajarkan anak mengenali waktu

Pengelolaan waktu adalah yang penting dipelajari saat anak dalam masa perkembangan. Mempelajari waktu menjadi salah satu penentu anak berkembang dengan kedisiplinan. Anak perlu mengetahui jenis aktivitas yang sesuai dengan waktu dan prioritas.

————

Sumber foto: Wikipedia

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

  1. […] Mengasuh anak sebagai salah satu mdean pendidikan karakter bukanlah sesuatu yang mudah. Anak memiliki sejarah dan fase perkembangan yang unik pada setiap individu. Meski pada perkembangan tersebut terdapat pola umum yang berlaku pada lingkup usia tertentu, orangtua tetap dituntut memiliki kejelian dalam pembangunan karakter. Orangtua kini memiliki tantangan lebih besar mengingat akses terhadap media yang begitu mudah sebagai salah satu variabel penting penentu karakter anak. Orangtua harus memiliki cara mengasuh yang tepat agar anak berkembang sesuai masa perkembangan dan mentaati pelbagai prinsip penting dalam ruang sosial. Pengasuhan anak bukanlah tugas salah satu belah pasangan, tetapi merupakan tanggungjawab keluarga: ibu dan ayah. Keduanya harus mampu berbagi peran secara seimbang untuk dapat menciptakan karakter yang kuat pada anak. Selain itu, kekompakan menjadi faktor penentu lain. Kekompakan orangtua menjadi indikator konsistensi dalam pendidikan anak dalam keluarga. Penanaman  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here