Istilah Dasar Fotografi yang Perlu Pemula Ketahui

4
1683
Istilah dasar fotografi

Istilah dasar fotografiSejak Thomas Wedgwood mencoba mengembangkan alat penangkap gambar pertama kali, fotografi berkembang pesat dengan capaian yang tidak diperkirakan sebelumnya. Teknologi pengolah citra ini tidak semata melahirkan kemampuan manusia untuk mengabadikan momen atau kejadian tertentu, tetapi turut memengaruhi perkembangan teknologi manusia selanjutnya. Teknologi visual ini pula yang kemudia turut menentukan perkembangan dunia hiburan, informasi dan media yang berkembang sebagai bagian dari dunia modern.

Perkembangan fotografi merupakan sejarah panjang. Ragam penemuan penting turut menghiasi perkembangan sejarah motode pendokumentasian ini, seperti penemuan konsep negatif/positif (Talbot, 1839), pemrosesan foto dengan koloid (Arcer, 1951) dan perkembangan penggunaan seluloid untuk fotografi. Perkembangan terrsebut juga diiringi dengan perkembangan teknologi alat perekam gambar yang kerap disebut kamera.

Perkembangan fotografi telah sampai pada era dijitalisasi. Perkembangan teknologi memungkinkan proses perekaman gambar dilakukan dengan lebih mudah dan difasilitasi oleh teknologi yang kian berkembang dan mumpuni menjawab kebutuhan pendokumentasian. Fotografi pun kini menjadi bagian dari dunia hobi, tidak semata aktivitas yang terkait dengan pekerjaan tertentu.  Perkembangan teknologi juga turut berimplikasi pada perkembangan metode pemotretan.

Memulai hobi atau pekerjaan di bidang fotografi mengharuskan pemilik kamera atau orang yang ingin terjun memahami pelbagai konsep dasar dan istilah  fotografi yang sesuai dengan teknologi perangkat saat ini. pemetaan istilah dasar fotografi membantu proses pemahaman keseluruhan konsep pemotretan tersebut. Pemahaman ini tentu akan membantu pemotret mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa penjelasan atas istilah-istilah penting dalam fotografi:

Diafragma, Bukaan atau aperture

Arti Diafragma dalam FotografiDefinisi diafragma dalam fotografi terkait erat dengan perkembangan dan keberadaan lensa sebagai bagian penting dari alat pengambilan gambar. Mekanisme diafragma secara alamiah juga berlaku pada sistem sensorik mata manusia. Konsep dasarnya terkait dengan pengendalian jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor penangkap citra bentuk.

Salah satu fungsi lensa kamera adalah mengatur sebarapa besar cahaya yang masuk dan mengenai sensor.  Besar dan kecil cahaya yang masuk akan memengaruhi hasil citra yang dihasilkan oleh kamera.  Istilah lain yang kerap digunakan di Indonesia adalah “bukaan”.

Secara umum, diafragma digunakan untuk mengatur ruang tajam yang dikenali dan ditangkap oleh kamera. Ruang tajam tersebut kerap disebut dengan istilah DOF (Deep of field). Ruang tajam tersebut ditentukan sejauh mana lensa memberi ruang pada cahaya untuk masuk sampai ke sensor penangkap citra.

ISO

Iso adalah sensitivitas terhadap cahaya yang diberlakukan pada sensor. Semakin besar angka ISO, maka semakin terang pula citra hasil tangkapan. Penggunaan ISO yang terlalu tinggi justeru dapat menggangu kualitas citra yang ditangkap kamera, seperti munculnya titik-titik pada hasil.

Deep of Field (DOF)

Konsep DOF telah sedikit banyak dibahas pada bagian diafragma. Istilah ini kerap digunakan untuk menunjuk ruang tajam yang terdapat pada foto. Konsep DOF terkait dengan adanya ruang tajam dan kabur (blur) yang dapat ditangkap secara bersamaan oleh Kamera. Semakin besar diafragma maka semakin kecil ruang tajam yang didapatkan oleh sensor.

Kecepatan (speed)

Istilah ini menjelaskan pada seberapa cepat kemampuan kamera untuk menangkap objek. Pada beberapa kamera dijital terkini, disediakan mode khusus untuk mengatur kecepatan pengambilan gambar. Patut dipahami, semakin cepat pengambilan gambar dilakukan maka semakin gelap citra yang ditangkap oleh kamera. Foto dalam kecepatan tinggi dapat digunakan untuk menangkap foto beku (membekukan momen tertentu dalam gambar).

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Memulai hobi atau pekerjaan di bidang fotografi mengharuskan pemilik kamera atau orang yang ingin terjun memahami pelbagai konsep dasar dan istilah fotografi yang sesuai dengan teknologi perangkat saat ini. pemetaan istilah dasar fotografi membantu proses pemahaman keseluruhan konsep pemotretan tersebut. Pemahaman ini tentu akan membantu pemotret mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa penjelasan atas istilah-istilah penting dalam fotografi:  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here