Mengenal Manfaat Bawang Putih Untuk Pengobatan

5
945

 Dewasa ini masyarakat sudah semakin selektif pada jenis pengobatan yang menggunakan obat-obatan kimiawi. Bukan tanpa alasan, adanya efek samping yang kadang ditimbulkan penggunaan obat-obatan kimiawi menjadi salah satu penyebabnya.  Istilah yang menyebutkan bahwa “Obat Adalah Racun” menjadi kian populer. Istilah ini semakin menjadi pemicu  bagi setiap orang untuk lebih selektif lagi dalam memilih obat-obatan kimiawi .  Tanpa disadari bahwa dengan mengkonsumsi obat-obatan kimiawi, secara bersamaan racun masuk ke dalam tubuh.

Terdapat banyak cara mengurangi penggunaan obat-obatan kimiawi. Penyembuhan penyakit dengan pengobatan tradisional yang menggunakan ramuan dari tumbuh-tumbuhan salah satunya. Pengobatan tersebut relatif tidak memiliki efek samping seperti  pada penggunaan obat-obatan kimiawi.  Karena terbuat dari bahan-bahan alami, resiko efek samping kimiawi menjadi lebih ringan. Selain itu proses pembuatannya juga mudah dan cepat, karena memanfaatkan tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan tersebut terkadang   ada di sekitar lingkungandan juga peralatan yang dibutuhkan membuat obat cukup sederhana.

Bahan-bahan untuk membuat obat tradisional ada banyak di sekitar kita.  Mungkin setiap hari kita juga mengkonsumsinya. Bawang putih misalnya, tumbuhan berumbi lapis atau siung bersusun ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk penyembuhan penyakit. Bawang putih yang merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan dalam campuran masakan, dengan mudah bisa kita temui.  Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat untuk peyembuhan penyakit.

Apa saja manfaat dari bawang putih?

1. Mengobati sakit kepala dan ambeien

Untuk mengobati sakit kepala dan ambeien yang kita butuhkan hanyalah bahan umbi bawang putih secukupnya. Cara membuatnya pun sangat mudah, karena kita hanya perlu menumbuk umbi bawang putih hingga halus tanpa diberi campuran apa pun. Kemudian untuk cara penggunaannya, jika untuk mengobati sakit kepala kita cukup menggunakan bawang putih yang sudah dihaluskan untuk kompres pada dahi. Kompres bisa dengan langsung menempelkan bawang putih halus pada dahi atau juga dibungkus dengan kain tipis. Sedangkan untuk mengobati ambeien, bahan umbi bawang putih yang sudah dihaluskan diperas dan diambil airnya. Air perasan ini digunakan dengan cara mengoleskannya pada dubur setiap hari, lakukan cara ini seterusnya hingga penyakit ambeien sembuh.

2. Mengobati batuk dan masuk angin

Untuk mengobati batuk dan masuk angin, bahan yang kita butuhkan adalah 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan gula batu secukupnya. Cara meramunya, 3 siung bawang putih ditumbuk sampai halus, kemudian dicampur dengan 1 sendok madu dan gula batu secukupnya. Setelah bahan-bahan dicampur sampai merata, selanjutnya diperas atau disaring untuk diambil air sarinya saja. Air hasil perasan ini lah yang digunakan untuk pengobatan dengan meminumnya secara rutin setiap pagi sampai sembuh.

3. Menyembuhkan luka memar

Jika anda mengalami memar pada bagian tubuh anda yang disebabkan karena pukulan atau juga kejadian yang lainnya. Yang anda butuhkan adalah membuat ramuan dari umbi bawang putih secukupnya yang ditumbuk hingga halus, kemudian dicampur dengan 1 sendok madu(secukupnya menyesuaikan banyaknya bahan bawang putih). Hasil ramuan dari bawang putih dan madu ini dioleskan pada bagian tubuh yang memar. Lakukan hal yang sama hingga luka memar pada tubuh anda hilang atau tidak terasa sakit lagi.

4. Menyembuhkan luka karena benda tajam berkarat

Menyembuhkan luka yang terkena benda tajam berkarat harus dilakukan secepatnya, karena jika tidak cepat diobati maka dikhawatirkan luka tersebut akan menjadi infeksi. Untuk mengobati luka seperti ini, yang kita butuhkan adalah umbi bawang putih secukupnya dan minyak kelapa. Cara membuatnya cukup mudah, umbi bawang putih dibakar terlebih dahulu, kemudian umbi yang sudah dibakar dicelupkan pada minyak kelapa. Setelah dicelupkan pada minyak kelapa, umbi bawang putih ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada bagian yang luka. Sebelum mengoleskannya, luka harus sudah dalam keadaan bersih (bisa dicuci dengan air).

5. Mengatasi sulit tidur (insomnia)

Jika anda memiliki masalah pada pola tidur anda yang kurang teratur, atau juga mengalami susah tidur. Tidak ada salahnya anda mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi bawang putih. Caranya cukup mudah, hanya cukup dengan beberapa siung bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian memakannya secara langsung sebelum tidur, lakukan hal ini secara rutin sampai gangguan pola tidur anda kembali normal.

 

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

  1. […] Bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai bahan agar kuku semakin kuat. Caranya yaitu dengan memarut ataupun menumbuknya hingga halus , kemudian tumbukan halus bawang putih tersebut dioeskan pada kuku, dan tunggu beberapa menit kemudian bersihkan menggunakan air.    Atau kalau tak mau menumbuk/memarut, bisa pula dilakukan dengan cara mirip saat memanfaatkan belimbing wuluh. Yaitu dengan memotong bawang putih menjadi dua bagian, kemudian menggosokkannya pada bagian kuku, dan lalu membersihkan dengan air. […]

  2. […] Bawang putih pun bawang merah, keduanya memiliki kanduangan kimia yang bisa merusak sel darah merah pada kucing dan sekaligus menyebabkannya anemia. Gejala awal yang akan bisa dilihat di antaranya adalah muntah-muntah, urin berwarna kemerahan, lesu, dan anemia.  Karenanya minimalisir memberikan asupan makanan yang berbahan bawang kepada kucing kesayangan. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here