Tips untuk Memotivasi Diri

0
97
Photo by Tatyana Dobreva on Unsplash
Photo by Tatyana Dobreva on Unsplash

Motif berasal dari bahasa latin movere, yang artinya bergerak. Namun dalam penggunaan istilah tersebut kemudian lebih banyak diartikan dengan faktor yang merupakan penyebab dari timbulnya gerakan, Atkinon mengartikan motif sebagai suatu disposisi laten yang mendorong atau menarahkan individu untuk mencapai suatu tujuan tertentu. dengan demikian motif merupakan suatu pengertian yang melingkupi semua penggerak, alasan-alasan, atau dorongan-dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan individu berbuat sesuatu. Motif sama dengan apa yang dalam bahasa inggris sering disebut needs, yaitu sesuatu dalam diri manusia untuk meraih suatu tujuan. Menurut McCelland, motif sama atau sinonim dengan motifasi

Mengapa Membangun Motivasi Penting?

Tingkah laku manusia begitu kompeleks, diperlukan konstruksi-konstruksi motivasi yang secara khusus dapat menerangkan perwujudan tingkahlaku tertentu. hal ini dapat disebut need for achievement atau achievement motivation. Motif berprestasi ini merupakan dorongan untuk menyelesaikan kesukaran yang dihadapi dan berusaha melebihi orang lain, dan apabila hal tersebut sukses/berhasil, maka kepercayaan diri menjadi meningkat.

Baca Juga: Tips Pemecahan Masalah Secara Analitik

Bagaimana Cara Memotivasi Diri?

  1. Susunlah suatu sasaran tertentu yang berarti, dan yang sungguh-sungguh ingin anda raih. hubungkan sasaran terencana ini bukan hanya dengan keuntungan diri anda, tetapi juga dengan keuntungan orang orang yang anda kasihi dan orang lain.
  2. Kembangkan sikap yang benar dan rasa percaya diri dalam menjalankan tanggungjawab kehidupan anda. Susun dan atur kehidupan adna secara efektif.
  3. Perkuat keyakinan dan nilai hidup dalam hubungannya dengan sasaran anda yang direncanakan dengan melakukan mental imaging auto-sugesti
  4. Lakukan berdasarkan rencana sikap untuk mencapai sasaran anda dengan dukungan yang diberikan oleh rekan anda. ketahui dengan pasti apa yang anda harus lakukan setiap tahun.
  5. kembangkan sikap menjalani extra-mile dan jangan pernah menyerah apabila anda menghadapi masalah atau kemunduran. kebiasaan lebih banyak memberi dari pada menerima ini dapat dikembangkan melalui inisiatif dan disiplin pribadi.
  6. Bertanggungjawablah kepada orang-orang yang anda kasihi, dan pemimpin danda yang akan mendorong anda untuk berhasil dan menjalankan rencana terberbut. dukungan mereka sangat perlu untuk menampilkan yang terbaik.

Sumber: Sukses Diperguruan Tinggi Terbitan UIN-Sunan kalijaga

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here