Apa itu Penyakit Hepatitis B?

4
1169
Apa itu hepatitis B
Apa itu hepatitis B

Penyakit hepatitis B adalah penyakit yang menjangkiti organ hati. Penyakit ini disebabkan oleh virus Hepatitis B yang menyebabkan peradangan hati [1. Mengenal Virus Hepatitis B ->]. Peradangan hati akut yang dialami menahun dapat berubah menjadi kanker hati atau sirosi hati. Hepatitis B ditengarai tidak semata disebabkan oleh infeksi virus, tetapi juga turut dipengaruhi oleh konsumsi obat-obatan kimiawi secara massif dalam kurun waktu yang panjang.

Keracunan obat disebut sebagai salah satu penyebab yang paling banyak turut menyebabkan timbulnya penyakit hati ini. Penggunaan zat kiamia, seperti tetraklorida,chlorpromazinechloroformarsenfosfor yang banyak digunakan dalam industri obat-obatan modern ditengarai turut menjadi pencetus tingginya angka hepatitis. Zat kimiawi tersebut tidak saja masuk dalam tubuh manusia melalui obat-obatan, tetapi juga masuk melalui kulit dan pernafasan. Penggunaan zat kimia secara massif dalam industri modern menyebabkan tingginya kadar zat kimia pada lapisan udara yang dihirup manusia.

Hati yang secara faali berfungsi sebagai alat penetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik pada pengidap hepatitis [2. mengenal fungsi hati ->] . Kerusakan hati menyebabkan hilangnya kemampuan tubuh untuk menetralisir pelbagai racun atau senyawa toksik lain yang masuk ke dalam tubuh.

Penyakit hepatitis B ditandai dengan tingginya kadar HBV DNA. Proses berlangsungnya nekroinflamasi kronis pada hati menjadi salah satu tanda lainnya. Beberapa pemeriksaan dianjurkan ntuk memeriksa infeksi Hepatitis B. Pemeriksaan serelogi, kimiawi, virologi an histologi dianjurkan untuk dijalani guna kepentingan diagnosis penyakit ini [3. mengenal pemeriksaan histologi ->].

Pemeriksaan virologi dibutuhkan guna mengukur kadar HBV DNS. Pengujian ini penting untuk mengetahui kecepatan dan kemampuan replikasi yang dimiliki oleh virus yang telah menjangkit dalam tubuh.

Penyakit hepatitis B dapat ditunjukkan oleh gejala ringan dan berat. Simptom ringan dapat berupa hilangnya nafsu makan, mual dan muntah, rasa tidak nyaman atau tidak enak di perut yang berkelanjutan, pembengkakan pada paru-paru dan nyeri persendian. Gejala lain yang dapat berkembang pada tahap selanjutnya adalah perubahan pada organ luar, seperti mata dan kulit yang menguning. Kencing berwarna seperti teh menjadi penanda ringan lainnya.

 

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Apa itu penyakit hepatitis B? Penyekit hepatitis B adalah salah satu ancaman terbesar bagi organ hati manusia. Disebabkan oleh virus hepatitis B, penyakit ini dpaat menyebabkan peradangan pada hati manusia [1]. Evousi peradangan hati dapat menjadi kanker hati yang lebih dikenal dengan sebutan sirosi hati. Konsumsi obat-obatan diduga menjadi salah satu peyebab penyakit ini dalam tubuh manusia. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here