Langkah-Langkah Membuat atau Memulai Bisnis Online

1
1002
Tips Memulai Bisnis Online
Tips Memulai Bisnis Online

Anda ingin menjadi wirausahawan untuk jenis bisnis online? Keinginan tersebut sangat mungkin untuk diwujudkan. Indonesia memiliki potensi pasar cukup luas untuk pengembangan bisnis online. Hal ini ditunjukkan dengan menjamurnya “start up” bisnis dan online shop yang menyasar konsumen di Indonesia. Patut dicatat, tidak semua binis online itu bermula dari modal yang besar. Sebaliknya, modal yang besar belum tentu menjadi faktor utama keberhasilan dalam bisnis apapun, termasuk bisnis online.

Kisah pembuat aplikasi Whatsapp yang pernah ditolak oleh Facebook dan memulai usaha ari nol adalah cerita inspiratif. Kisah tersebut menggambarkan bahwa bisnis tidak melulu bermula dari modal besar dan semua jenis bisnis membutuhkan keuletan dan konsistensi. Memulai sebuah bisnis harus dimulai dari keyakinan bahwa usaha pelaku akan dapat melalui masa-masa sulit yang pasti dihadapi oleh setiap pebisnis.

Memulai sebuah bisnis harus dilakukan dengan menetukan awal dan tujuan secara tepat. Hal ini bermakna dibutuhkannya perencanaan seara rinci, detail dengan segala bentuk pengendalian resiko bisnis. Bisnis online memiliki resiko tersendiri. Pebisnis pun dituntut untuk tidak semata bisa membayangkan keuntungan, tetapi juga memperhitungkan resiko. Berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis online:

Tentukan Jenis Bisnis yang akan dikelola

Menentukan jenis bisnis adalah langkah awal yang perlu dilakukan. Penentuan jenis akan memengaruhi perencanaan selanjutnya. Karena setiap bisnis memiliki model yang berbeda, maka setiap perencanaan lanjutan akan dipengauhi oleh keputusan tentang jenis usaha yang akan dikelola. beberapa faktor perlu dipertimbangkan saat memulai bisnis, seperti (1). Kemampuan pengelolaan; (2) sumber daya manusia; (3) besar kecilnya modal usaha; (4) persaingan bisnis; (5) ketersediaan sumber daya (bahan baku); (6) keungkinan keberlanjutan bisnis. Terdapat banyak peluang usaha, pastikan anda memilihnya dengan cermat dan bijak.

Persiapkan Modal 

Persiapan modal menjadi salah satu aspek yang penting. Persiapan modal tidak semata terkat dengan kecukupan keuangan yang akan digunakan untuk memulai bisnis, tetapi juga terkait dengan perencanaan keuangan. Calon pebisnis harus memertimbangkan besaran modal, metode pengelolan pengeluaran keuangan dan prioritas dalam pemanfatan modal. Target waktu modal harus kembali (break event point/BEP) harus turut dihitung.  Dengan menghitung target BEP maka pebisnis akan berhati-hati dalam pengeluaran.

Analisa Pasar dan Rencana Pemasaran

Analisa pasar menjadi hal penting dalam perencanaan bisnis (business plan). Perencanaan akan menentukan sederet tindakan yang dilakukan guna mencapai BEP sebaik dan secepat mungkin. Analisa pasar tidak hanya dilakukan pada pemasaran produk, tetapi juga pada sektor yang menyediakan jasa atau sektor penghubung konsumen-produsen. Analisa pasar akan menentukan strategi pemasaran (marketing strategic)  yang akan digunakan untuk memerkenalkan produk secara luas kepada khalayak.

Persiapkan Aspek Legal Formal

Jangan remehkan kesiapan aspek hukum saat membuat rencana bisnis. Penyusunan rencana bisnis yang baik akan memasukkan aspek hukum. Sebuah perusahaan (baik dalam bentuk PT dan CV) memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Hal ini harus dipertimbangkan sesuai dengan kapasitas bisnis yang akan dikelola Perpajakan adalah salah satu hal yang paling sering bermasalah ketika seseorang memulai bisnis. Pebisnis harus menempatan pajak sebagai salah satu aspek penting. Pajak bisa membantu sebuah usaha, sebagai contoh saat mencari pinjaman ke Bank  untuk memenuhi kecukupan modal. Bank akan turut memeriksa rekam jejak pembayaran pajak dari calon peminjam.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. […] Memulai bisnis membutuhkan ketelitian tersendiri. Modal bukan faktor penentu utama yang menyebabkan keberhasilan atau kegagalan dalam memulai bisnis. Kreativitas danperencanaan bisnis menjadi faktor kunci keberhasilan sebuah bisnis, termasuk bisnis yang baru. Sering sekali ditemukan bisnis-bisnis besar yang bernama harus gulung tikar akibat minimnya inovasi dalam pengelolaan bisnis tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa ide menjadi modal besar dalam pengelolaan usaha di skala apa pun. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here