Inilah Tips Mengatasi Jet Lag Setelah Perjalanan Jauh

0
989
Mengatasi Jetlag, mencegah jet lag
Mengatasi Jetlag, mencegah jet lag

Jetlag menjadi salah satu persoalan besar bagi pelancong. Pelancong yang bepergian ke luar negeri dengan perbdaan waktu yang cukup banyak sering mengalami persoalan ini. Perbedaan waktu negara asal dan negara tujuan yang yang ekstrem membuat tubuh harus melakukan beberapa penyusuaian.

Perbedaan waktu menggangu waktu tubuh yang sudah memiliki pola tersendiri. Beberapa jenis sel otak yang berfungsi mengatur waktu tubuh manusia turut terpengaruh oleh perpidahan waktu ini. Akibat perubaha tersebut, tubuh dituntut untuk menyesuaikan. Hambatannya, perbedaan waktu dan situasi tubuh kerap menggangu aktivitas di negara tujuan. Sebagai contoh, pelancong yang datang ke Amerika akan merasakan kantuk pada siang hari. Hal ini disebabkan oleh standar waktu tubuh yang menentukan waktu tersebut merupakan waktu istirahat mengacu pada waktu Indonesia.

Gejala jet lag tidak semata kantuk di siang hari dan insomnia pada malam hari. Terkadang, jet lag turut disertai dengan diare dan sakit kepala sebelah. Kedua gejala tersebut muncul sebagai gejalan lanjutan selain gangguan tidur.  Beberapa gejala lain yang mungkin muncul adalah gangguan makan dan emosi.

Pelbagai gejala dan persoalan jet lag umumnya dirasakan wisatawan selama beberapa hari. Pelancing harus mulai melakukan beberapa penyesuaian untuk mengatasi Jet lag. Upaya mencegah jet lag pada prinsipnya sudah bisa dilakukan sejak sebelum keberangkatan. Beberapa tips lain untuk mengatasi jetlag bisa dilihat pada daftar berikut ini.

Pertama, persiapkan waktu bilogis untuk menghadapi perubahan. Perbedaan waktu berimplikasi pada perubahan jam biologis. Secara umum, waktu biologis dapat dilatih, disesesuaikan atau diubah. Pembiasaan diperlukan pada konteks ini. Perlahan, Anda perlu menyesuaikan waktu tidur dan makan sesuai dengan waktu daerah yang akan dituju. Hal ini bisa mulai dilakukan sejak seminggu sebelum keberangkatan. Perlu diingat, restorasi atau pemulihan sesuai dengan waktu Indonesia perlu dilakukan pula setelah kepulangan dari luar negeri.

Kedua,  berikan asupan cairan yang mencukupi untuk tubuh. Dalam situasi perubahan dan penyesuaian, tubuh terkadang membutuhkan asupan air lebih banyak. Penuhi kebutuhan 2 liter air setiap hari. Hal ini akan membantu tuh dalam penyesuaian dengan situasi yang baru. Ini juga akan mencegah persoalan yang timbul pada organ tubuh penting yang terkait dengan pengeluaran racun dan metabolisme, seperti ginjal.

[Baca juga: Masalah Tubuh Akibat Kekurangan Air ]

Ketiga, pilihlah perjalanan malam hari. Perjalanan malam hari memberikan kesempatan besar pada Anda untuk beristirahat. Istirahat ini diperlukan agar tubuh tidak terkejut dan memiliki istirahat cukup saat sampai di negara tujuan. Pastikanlah anda tidur selama dalam penerbangan menuju negara tujuan.

Keempat, kurangi konsumsi makanan atau minuman yang dapat mengganggu dan mengubah pola istirahat, seperti alkohol dan kopi. Keduanya dapat mencegah anda beristirahat pada saat tubuh mulai membutuhkan. Mengkonsumsi keduanya dapat mengganggu pola istirahat baru yang sedang disiapkan.

Kelima, segera sesuaikan diri dengan lingkungan. Saat sudah berada di negara tujuan, lakukanlah pembiasaan secara cepat. Sebagai contoh, saat anda mengantuk pada pagi hari, anda bisa mengalihkannya dengan berjalan-jalan. Asupan sinar matahari dapat memberikan sinyal pada tubuh anda untuk menyesuaikan diri.

 

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here