Cara Membuat Paspor Secara Online untuk WNI

0
346
imigrasi.go.id

Paspor menjadi dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang hendak melakukan perjalanan antar negara. Di Indonesia, pihak yang berwenang untuk menerbitkan paspor bagi warga negaranya adalah Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Bagi sebagian orang yang belum memiliki paspor, mungkin akan berpikir kalau membuat paspor itu sulit dan ribet. Padahal, bagi Anda yang belum memiliki paspor dan ingin membuatnya, Anda dapat mengurusnya sendiri secara online. Anda bisa menggunakan layanan melalui website imigrasi.go.id atau juga dapat melakukan pendaftaran antrian secara online melalui aplikasi “Antrian Paspor” (Direktorat Sistem & Teknologi Informasi Keimigrasian).

Persyaratan Membuat Paspor untuk WNI (Warga Negara Indonesia)

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis (salah satu di antaranya)
  4. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi warga negara asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  5. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama
  6. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa

Adapun Dokumen kelengkapan persyaratan yang dimaksud pada poin nomor 3 harus dokumen yang memuat nama, tanggal lahir, tempat lahir, dan nama orang tua.

Cara Membuat Paspor Secara Online

Langkah pertama, buka website Imigrasi melalui laman http://www.imigrasi.go.id/. Pada tampilan online services pilih atau klik menu layanan “antrian paspor online”, setelah itu akan muncul menu untuk login atau masuk.

Bagi Anda yang belum memiliki akun, langsung saja pilih menu “pendaftaran” yang ada di sisi kanan bawah dan lanjutkan untuk mengisi “Registrasi Form” sesuai dengan data diri masing-masing. Setelah itu Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari Imigrasi.

Setelah melakukan aktivasi melalui email, barulah Anda bisa masuk atau login melalui website https://antrian.imigrasi.go.id/Layanan/ , di sini Anda akan diminta untuk memilih kantor imigrasi yang dituju dan jam pelayanannya, serta silakan Anda lengkapi form data antrianya.

Setelah berhasil, Anda akan mendapatkan nomor antrian dan barcode. Silakan Anda cetak dan tunjukkan waktu datang ke kantor Imigrasi untuk verifikasi berkas dan melakukan wawancara. Hal yang acap ditanyakan ketika wawancara adalah, untuk tujuan apa Anda membuat paspor?

Setelah selesai melakukan verifikasi data dan wawancara, Anda akan diminta untuk membayar biaya pembuatan paspor sebesar Rp 355 ribu di loket, pos atau bank yang ditunjuk. Setelah selesai, Anda hanya tinggal menunggu paspor jadi, normalnya adalah tiga sampai lima hari kerja setelah melakukan pembayaran. (Ahmad Afif)

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here