Cara Mudah Hilangkan Jerawat dengan Ramuan Temulawak

0
216
Cara mengobati jerawat

Jerawat acap menjadi masalah yang dialami oleh remaja dan sebagian orang dewasa. Meski bersifat alamiah dan umumnya terjadi dalam kadar yang ringan, jerawat juga bisa muncul menjadi sesuatu yang kronis pada kondisi tertentu.

Jerawat juga tidak hanya muncul di wajah, sebagian orang mengalami munculnya jerawat pada beberapa bagian tubuh. Munculnya jerawat pada bagian wajah kerap dianggap menganggu penampilan seseorang, karena itu tak jarang jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang memicu persoalan psikologis, seperti kecemasan dan ketidakpercayaan diri.

Sebagian besar obat yang digunakan untuk menghilangkan jerawat selama ini didominasi oleh obat yang menggunakan bahan kimiawi. Jika keliru dalam penggunaannya, obat-obatan kimiawi ini bukannya menyelesaikan masalah jerawat, tetapi malah berpotensi memunculkan masalah baru. Alasan inilah yang membuat sebagian orang lebih memilih menggunakan ramuan tradisional untuk menyembuhkan jerawat.

Jika Anda tertarik menyembuhkan jerawat dengan cara tradisional, Anda bisa menggunakan ramuan dengan bahan dasar temulawak. Temulawak, ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai nutrisi penambah nafsu makan. Sebagian kandungan nutrisi dalam temulawak, memiliki manfaat untuk menyembuhkan atau menghilangkan jerawat.

Baca : [ Obat Jerawat : Mengatur Pola Diri Sendiri ]

Bahan-bahan untuk Membuat Ramuan Temulawak

  • 1 rimpang temulawak sebesar ibu jari
  • 1/2 rimpang kencur
  • 1/4 sendok makan biji jintan
  • 1 tangkai buah asam yang sudah masak
  • 1 potong gula aren

Cara Membuat Ramuan Temulawak

Cuci bersih rimpang temulawak dan kencur yang sudah disiapkan, kemudian parut sampai halus. Temulawak dan kencur yang sudah halus dicampur dengan biji jintan, buah asam dan gula aren. Kemudian rebus semua bahan dengan 8 gelas air dan biarkan sampai mendidih.

Angkat ramuan yang telah mendidih dan saring agar terpisah dari ampas bahan-bahan yang digunakan. Setelah disaring, ramuan tradisional penghilang jerawat sudah siap digunakan.

Cara Menggunakan Ramuan Temulawak

Ramuan temulawak baik diminum pada malam hari secara teratur, Anda bisa meminumnya sebelum tidur. Buat dan minumlah secara teratur agar bisa memperoleh khasiatnya untuk menghilangkan jerawat.

Baca : [ Inilah Cara Hilangkan Bekas Jerawat dari Wajah ]

Ramuan temulawak cenderung aman digunakan karena dibuat dari bahan alami dan diolah secara tradisional. Membuat dan menggunakan ramuan temulawak secara mandiri juga lebih menghemat biaya dalam penyembuhan jerawat.

Sumber Rujukan :

Buku : Thomas A.N.S, Tanaman Obat Tradisional 1, Penerbit Kanisius, 1989, Yogyakarta

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here