Jenis-Jenis Lebah Madu yang Perlu Anda Ketahui

0
409

Lebah merupakan salah satu jenis serangga yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Beragam produk seperti madu, royal jelly dan propolis, yang dikembangkan dari hasil budidaya lebah, selama ini sudah menjadi konsumsi masyarakat.

Di Indonesia, lebah juga memiliki sebutan nama yang berbeda-beda di beberapa daerah. Masyarakat Sunda, Jawa Barat misalnya, menyebut lebah dengan nama Nyiruan. Masyarakat Jawa menyebut lebah dengan nama Tawon, sementara di Bali, lebah disebut dengan Nyawan.

Di antara banyaknya jenis lebah, lebah madu menjadi jenis lebah yang paling umum dibudidayakan oleh masyarakat. Tentunya karena nilai ekonomi yang cukup tinggi dari produk-produk yang dihasilkan dari lebah madu.

Mengenal Jenis-Jenis Lebah Madu

Secara umum, lebah ada yang sudah dibudidayakan ada juga yang belum dapat dibudidayakan, karena lebah terdiri dan beberapa spesies sebagai berikut :

Lebah Apis Cerana

Lebah Apis Cerana adalah lebah madu asli Asia yang menyebar mulai dari Afganistan, Cina sampai Jepang. Lebah ini telah berabad-abad dipelihara atau dibudidayakan di berbagai wilayah di Asia, termasuk di Indonesia. Lebah Apis Cerana umumnya dibudidayakan dengan menggunakan wadah kotak kayu, baik pada budidaya tradisional maupun budidaya modern.

Lebah Apis Dorsata

Jenis lebah ini hanya berkembang di kawasan hutan subtropis dan tropis Asia seperti Indonesia, Philipina dan pulau-pulau lainnya dan tidak terdapat di luar Asia. Selama ini, Lebah Apis Dorsata masih sulit dibudidayakan, sehingga madu yang dihasilkan dari jenis lebah ini umumnya diambil atau dipanen dari hutan. Madu dari lebah Apis Dorsata inilah yang kita kenal dengan sebutan madu hutan.

Lebah Apis Koschevn Ikovi

Jenis lebah ini merupakan spesies yang baru dikenal oleh beberapa ilmuwan. Lebah ini terdapat di pulau Kalimantan dan Sumatra bagian barat. Ciri yang paling menonjol dari lebah Apis Koschevn Ikovi adalah terdapat warna metal di sebagian besar tubuh, dengan ukuran tubuh sedikit lebih besar dari Apis Cerana.

Lebah Apis Mellifera

Lebah madu ini merupakan jenis lebah yang utama dibudidayakan hampir di semua negara-negara di dunia, termasuk di Indonesia. Jenis lebah ini disebut juga dengan lebah hitam atau lebah coklat Eropa, Apis Mellifera Ligusta, lebah kuning Italia, Apis Mellifera Carnica, dan Iebah kelabu Carniola.

Lebah Apis Mellifera menjadi lebah yang paling disukai oleh para pembudidaya lebah. Pasalnya, lebah Apis Mellifera menghasilkan madu dengan produktivitas yang tinggi. Satu koloni lebah jenis ini, bisa menghasilkan madu 35 sampai 40 kilogram pertahun. Namun lebah jenis ini diyakini bukan lebah asli Indonesia. lebah Apis Mellifera dipercaya berasal dari Eropa, tepatnya dari daerah Italia, Yunani dan Perancis. Lebah ini memiliki daya adaptasi yang baik terhadap beragam jenis iklim.

Baca : [ Apakah Faktor yang Memengaruhi Jenis dan Kualitas Madu? ]

Lebah Apis Andreniformis

Lebah Apis Andreniformis adalah lebah madu asli Indonesia yang membangun sarangnya secara tunggal selembar yang digantungkan di tempat-tempat terbuka. Sarang lebah Apis Andreniformis umumnya ditemukan pada cabang-cabang pohon dan bukit-bukit batu yang terjal.

Lebah Apis Florea

Lebah Apis Florea adalah lebah yang memiliki ukuran tubuh yang paling kecil di antara spesies-spesies lebah madu lainnya. Di beberapa tempat, lebah ini dapat hidup bersama lebah lokal Apis Cerana dan Apis Dorsata ataupun dengan lebah impor seperti Apis Mellifera

Lebah Apis Laboriosa

Lebah jenis ini hanya terdapat di pegunungan Himalaya pada ketinggian tempat lebih dari 1.200 meter di atas permukaan laut. lnformasi tentang jenis lebah madu ini masih sangat terbatas.

Baca : [ Ragam Khasiat dan Manfaat Madu untuk Tubuh ]

Lebah madu dikenal sebagai insekta sosial yang hidup berkoloni. Koloni lebah mempunyai sifat poli-morfisme dimana setiap anggota koloni mempunyai keunikan anatomis, fisiologis dan tungsi biologis yang berbeda satu golongan dari yang lainnya.

Dalam satu koloni lebah madu terdapat hanya satu ekor ratu (queen), beberapa puluh sampai ratusan lebah jantan (drones), belasan ribu lebah pekerja (worker-bees), ditambah anggota lainnya seperti telur, larva, dan pupa.

Sumber Rujukan :

Lebah Madu dan Penyebarannya, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, diakses pada 21 Agustus 2018

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here