Ragam Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

0
123
gambar ilustrasi pixabay.com

Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dari tiga jenis beras yang kita kenal, yakni beras putih (Oryza sativa), beras merah (Oryza glaberrima) dan beras hitam (Oryza sativa L. indica), jenis beras putih merupakan yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia.

Di pasaran, kita lebih mudah mendapatkan beras putih dan beras merah, sementara untuk beras hitam masih sulit didapatkan atau terbilang masih langka. Padahal, beras hitam merupakan jenis beras yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beras hitam berbeda dengan ketan hitam yang lebih umum dikenal oleh masyarakat, baik dinilai dari aroma, rasa dan teksturnya. Nasi yang berasal dari beras hitam memiliki rasa yang lebih enak dan lebih pulen. Sayangnya, varietas padi hitam belum populer dibudidayakan oleh petani di Indonesia.

Manfaat Beras Hitam

Berfungsi Sebagai Antioksidan dan Antikolesterol

Beras hitam memiliki kandungan antosianin mencapai 200 – 400 miligram pada setiap 100 gramnya. Antosianin berfungsi sebagai antioksidan dan antikolesterol dalam tubuh manusia. Kandungan antosianin dalam beras hitam bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan beras merah.

Menangani Kekurangan Zat Besi Dalam Tubuh

Beras hitam memiliki kandungan zat besi yang jumlahnya lebih besar tiga kali lipat dibanding dengan zat besi yang ada dalam beras putih. Kandungan zat besi yang dimiliki beras hitam, sangat potensial untuk menangani defisiensi zat besi atau kekurangan zat besi dalam tubuh. Sehingga, bagi penderita anemia dianjurkan untuk mengonsumsi beras hitam.

Mencegah Diabetes

Beras hitam memiliki kandungan kadar gula yang rendah dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Bahan makanan dengan kadar gula yang rendah sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

Mencegah Penuaan Dini

Beras hitam memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E memiliki peran yang penting bagi kesehatan kulit, yakni menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit. Vitamin E juga memiliki manfaat untuk mencegah proses penuaan dini, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet.

Baca : [ Cara Menguji Beras Layak Konsumsi ]

Meski memiliki ragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, komoditas beras hitam masih langka di pasaran. Pasalnya, masa panen padi hitam yang cukup lama dibanding dengan padi putih membuat para petani enggan untuk menanamnya.

Sumber Rujukan :

Hasil penelitian Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M.Sc. Diakses dari laman Universitas Sebelas Maret, pada 29 Agustus 2018.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here