Inilah Resep Tempoyak Udang Sumatera

0
137
Resep Tempoyak
Resep Tempoyak

Tempoyak adalah makanan khas daerah Sumatera. Lauk in berbahan baku dasar durian. Mungkin bagi orang dari luar Sumatera, mendengar durian menjadi bahan baku sambal akan menjadi asing. Tempoyak pada dasarnya masuk dalam varian sambal. Makanan ini tepat untuk dijadikan lauk makan. Makanan ini cocoknya disajikan bersama sayur bening.

Resep Tempoyak menjadi salah satu makanan olahan durian  yang cukup unik. Durian yang biasanya dapat dimakan langsung ketika matang, dapat diolah menjadi lauk yang memiliki rasa khas. Resep ini cukup turun temurun. Di Bengkulu, masyarakat lokal memiliki cara menyimpan temmpoyak sehingga awet sepanjang tahun. Penyimpanan tempoyak di dalam bambu menjadi salah satu caranya.

Resep Tempoyak Khas Bengkulu

Cara Membuat Tempoyak 

Tempoyak dibuat dari durian yang telah matang. Cara membuat tempoyak mentah pun tidak terlalu sulit. Pisahkan daging durian yang telah matang dari bijinya. Masukkan dalam toples tertutup dan campurlah dengan sedikit garam. Biarkan selama beberapa hari agar asam dan fermentasi terjadi pada bahan baku ini.

Bahan Baku Sambal Tempoyak Udang 

  1. 1/2 kg udang segar
  2. satu gelas santan kental
  3. 3 siung bawang merah dirajang
  4. 2 siung bawang putih dirajang
  5. 1 sisir petai
  6. 1 jari lengkuas digeprek
  7. 5 buah cabe (atau sesuai selera tingkat pedas)
  8. Tempoyak secukupnya;
  9. garam secukupnya
  10. gula secukupnya
  11. Miyak goreng secukupnya

Cara Memasak Tempoyak 

  1. Bersihkan udang dan buang kepalanya.
  2. Panaskan minyak goreng, lalu tumislah bawang putih dan disusul bawang merah. Masukkan cabe, dan masukkan petai. Tumis sampai wangi.
  3. Masukkan tempoyak ke dalam bumbu tumis. Cara mengukur ukuran tempoyak pada dasarnya sesuai selera. Semakin banyak tempoyak maka semakin kental sambal yang dihasilkan dan semakin asam. Tambahkan air sedikit.
  4. Masukkan lengkuas (laos) yang telah digeprek, lalu campurkan udang. Aduk hingga udang berubah warna. Campurkan garam dan gula sesuai selera. Gula berfungsi sebagai pengganti penyedap.
  5. Campurkan santan lalu masak sebentar dengan api kecil sampai mengental dan udang masak. Aduklah perlahan selama memasak agar tidak gosong mengingat kekentalan sambal ini.
  6. Sajikan bersama nasi putih dan sajian lainnya.
Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here