Tips Mengelola Keuangan Bagi Anda yang Masih Lajang

0
93

Memiliki persepsi “mumpung masih lajang”, acap menjadi pembenaran bagi sebagian orang yang masih lajang untuk berperilaku boros atau tidak bijak dalam mengelola uang yang dimiliki. Sudah memiliki penghasilan, namun merasa belum memiliki beban, alasan ini membuat sebagian lajang memilih menggunakan uangnya untuk kesenangan pribadi atau memenuhi tuntutan gaya hidupnya.

Mengatur keuangan memang bukan perkara mudah, apalagi bagi Anda yang masih lajang. Setiap penghasilan yang Anda dapatkan, Anda memiliki kuasa penuh dalam penggunaannya, karena belum memiliki pasangan hidup dan kebutuhan dalam kehidupan rumah tangga.

Meski masih lajang, Anda sebetulnya sudah harus bisa mengatur atau mengelola keuangan dengan bijak. Jangan sampai karena perilaku boros ketika masih lajang, justru membuat penyesalan ketika sudah menikah atau ketika masa tua. Nah, berikut ini ada empat tips dalam mengelola keuangan yang bisa Anda coba.

Pisahkan Rekening Gaji dengan Rekening Tabungan

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang yang masih lajang dan sudah bekerja, adalah tidak memisahkan rekening gaji dengan rekening yang digunakan khusus untuk menabung. Akibatnya, gaji yang diterima setiap bulan bercampur dengan tabungan yang dimiliki. Hal seperti ini menjadikan tidak ada pencatatan yang jelas setiap melakukan pengeluaran.

Kebiasaan yang sering terjadi, saat uang gaji sudah habis maka uang tabungan pun akan dipakai juga, karena selalu beranggapan masih memiliki uang di rekening. Ketika sudah sampai limit atau tabungan semakin terkuras, baru merasa boros.

Memisahkan rekening gaji dengan rekening tabungan, bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kebiasaan tersebut. Sehingga tabungan yang sudah Anda miliki bisa tetap aman, bahkan akan terus bertambah jika Anda rutin menyisihkan sebagian uang penghasilan untuk ditabung.

Baca : [ Bisnis Sampingan, Kenapa Tidak? ]

Menginvestasikan Sebagian Uang

Menginvestasikan sebagian uang mungkin menjadi hal yang jarang dipikirkan oleh Anda yang masih lajang. Anda mungkin akan berpikir bahwa berinvestasi membutuhkan sejumlah uang yang besar.

Padahal, ada beragam jenis investasi yang bisa Anda pilih menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Bagi Anda yang memiliki uang lebih, Anda bisa mencoba berinvestasi pada bidang properti. Bagi Anda yang mungkin saat ini belum memiliki banyak uang lebih, emas menjadi pilihan yang bisa Anda coba untuk berinvestasi.

Menginvestasikan sebagian uang adalah bagian dari cara untuk merencanakan masa depan. Semakin lama investasi yang Anda miliki, akan semakin bertambah pula keuntungan yang Anda dapatkan pada masa yang akan datang.

Buat Perencanaan Keuangan

Ketika masih lajang, sebagian orang kerap lupa untuk membuat perencanaan keuangan. Sehingga tidak jelas tujuan penggunaan uang yang diperoleh dari hasil kerjanya. Akibatnya, sering muncul keinginan-keinginan menggunakan uang untuk sesuatu yang kurang bermanfaat.

Meskipun belum berkeluarga, membuat perencanaan keuangan tetap penting untuk dilakukan. Sehingga Anda akan memiliki tujuan yang jelas terkait penggunaan uang yang Anda miliki. Membuat perencanaan keuangan juga akan membuat Anda terhindar dari perilaku berfoya-foya.

Memiliki perencanaan keuangan yang jelas, akan membuat Anda tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

Baca : [ Langkah-Langkah Membuat atau Memulai Bisnis Online ]

Bebaskan Diri dari Hutang

Ketika Anda memiliki keinginan untuk memiliki atau membeli sesuatu tetapi uang Anda belum cukup, jangan memenuhinya dengan cara berhutang kepada teman atau saudara. Jika Anda memulai berhutang, maka hal ini berpotensi akan menjadi kebiasaan buruk bagi Anda.

Jika saat ini Anda sudah terlanjur memiliki hutang, segeralah lunasi atau cicil hutang tersebut sampai lunas. Jangan sampai hutang yang Anda miliki ketika masih lajang, menjadi beban ketika Anda sudah menikah dan memiliki lebih banyak kebutuhan.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here