Ragam Tempat Wisata di Pangandaran untuk Rekomendasi Liburan

0
107
Pantai Pananjung : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat

Kabupaten Pangandaran yang terletak di pesisir selatan Provinsi Jawa Barat, menyimpan beragam potensi wisata yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain Pantai Pangandaran yang sudah cukup dikenal luas, daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis di sebelah utara dan Samudera Hindia di sebelah selatan ini, memiliki destinasi wisata lain yang layak dijadikan referensi tujuan liburan anda.

Gelombang laut yang kecil dan hamparan pasir putih menjadi daya tarik tersendiri dari beberapa pantai di Pangandaran. Beragam aktivitas seperti berenang, kano, menyelam, snorkeling dan berselancar juga bisa Anda lakukan di beberapa pantai di Pangandaran.

Bagi anda yang kurang suka dengan wisata pantai, anda bisa menikmati wisata berperahu atau petualangan body rafting di Cukang Taneuh, atau yang memiliki sebutan Green Canyon Pangandaran layaknya Green Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Berikut ini adalah lima tempat wisata di Pangandaran yang menjadi rekomendasi tujuan agenda liburan Anda.

Pantai Karapyak

Pantai Karapyak : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran.

Pantai Karapyak berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, berjarak sekitar 20 km dari pantai Pangandaran. Di Pantai Karapyak anda bisa menikmati hamparan pasir yang berpadu dengan eksotisme batuan karang.

Pantai Karapyak memiliki daya tarik istimewa berupa hamparan pasir putih sepanjang 5 km lebih yang berpadu dengan tonjolan batu karang. Ketika air laut surut, Anda dapat menyaksikan ikan dengan bentuk dan warna-warni seperti ikan hias di akuarium yang berenang di sela-sela batuan karang.

Hamparan batu karang yang menjorok hampir ke tengah lautan merupakan tempat tinggal favorit bagi ribuan ikan laut. Selain itu, tebing-tebing batuan di sekitar pantai menjadikan pemandangan alam di sekitar Pantai Karapyak semakin eksotis.

Baca : [ Situs Candi Gondoarum di Puncak Bukit Menoreh ]

Pantai Pananjung

Pantai Pananjung : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Pananjung Pangandaran merupakan sebuah semenanjung indah yang dikelilingi oleh cagar alam dan dijadikan sebuah objek wisata yang terletak di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran. Di sana, pengunjung bisa melakukan beberapa aktivitas, seperti berjalan di pinggir pantai, bersepeda, berenang, kano, snorking, menyelam, hiking, dan melihat peninggalan sejarah yang terdapat di sekitar Pantai Pananjung.

Berada di kawasan konservasi, menjadikan keindahan alami Pantai Pananjung terus terjaga. Bahkan jika beruntung, pengunjung bisa melihat kera-kera yang hidup liar dan bisa berinteraksi secara langsung karena sebagian sudah cukup jinak.

Kawasan cagar alam Pantai Pananjung juga menjadi tempat hidup beragam satwa liar seperti lutung, orang utan, kancil dan bison, serta burung-burung liar seperti cangehgar, cipeuw, tlungtumpuk dan burung jogjog (nama lokal).

Air lautnya yang jernih, membuat banyak wisatawan terpikat dengan keindahan bawah laut di Pantai Pananjung. Snorkeling dan Diving merupakan aktivitas favorit yang bisa dilakukan di dekat pasir putih Pantai Pananjung.

Pantai Karangnini

Pantai Karangnini : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Pantai Karangnini terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran, kurang lebih 83 km dari kota Ciamis ke arah Selatan. Karangnini adalah obyek wisata alam yang merupakan perpaduan hutan dan pantai, hamparan hutan Jati dan rimba yang lebat bertaut dengan lautan lepas Samudera Hindia.

Selain menarik untuk dikunjungi pada siang hari, di sekitar Pantai Karangnini juga terdapat pondok wisata yang bisa disewa oleh pengunjung yang ingin bermalam. Pondok yang didesain dengan gaya tradisional sunda ini rata-rata memiliki kapasitas tiga kamar, sangat cocok untuk liburan keluarga.

Ikan bakar dan jagung bakar akan menambah kehangatan Anda saat bermalam di Pantai Karangnini. Tentunya dengan nuansa malam yang alami sambil mendengarkan nyanyian gelombang laut Samudera Hindia.

Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat untuk menikmati obyek wisata sekelas Green Canyon, karena Anda bisa menikmati Green Canyon Pangandaran. Masyarakat setempat menyebut tempat ini dengan nama Cukang Taneuh, sebuah obyek wisata alam yang menawarkan sejuta eksotisme sekaligus arena menarik untuk memacu adrenalin dengan arus sungai yang direkomendasikan bagi olahraga Body Rafting.

Cukang Taneuh terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Dari dermaga Ciseureuh, perjalanan menuju Cukang Taneuh ditempuh selama 30 sampai 45 menit menggunakan perahu kayu modern yang sering disebut Ketinting.

Selain bisa memacu adrenalin dengan aktivitas Body Rafting, Anda juga bisa mencoba aktivitas lompat terjun atau dikenal dengan cliff jumping ke sungai dari tebing dengan ketinggian 5 meter atau mencoba aktivitas panjat tebing. Sedangkan bagi Anda yang menyukai ketenangan, bersampan sambil memancing akan menjadi pilihan yang menyenangkan.

Baca : [ Canyoning, Petualangan dan Olahraga Susur Sungai di Banyumas ]

Pantai Batu Karas

Pantai Batukaras : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran.

Pantai Batu Karas terletak di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, sekitar 34 km dari Pangandaran. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata dengan suasana yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat.

Laut lepas berwarna biru dengan karakter pantai yang landai menunggu Anda untuk menjelajahinya. Selain cocok untuk wisata keluarga, Pantai Batu Karas juga menjadi tempat favorit untuk berselancar.

Di sekitar pantai, persewaan perlengkapan berselancar dapat dengan mudah dijumpai. Bagi Anda yang masih pemula juga tidak perlu khawatir, karena ada instruktur berpengalaman yang akan mengajarkan semua hal tentang berselancar.

Ada tiga lokasi di Pantai Batu Karas yang selama ini menjadi titik favorit bagi para peselancar, yaitu Bulak Pendak, Legok Pari, dan Karang. Tetapi di lokasi Bulak Pendak, gelombang yang datang bisa menciptakan dinding tinggi dan panjang. Karena itu berselancar di Bulak Pendak sangat disarankan hanya untuk peselancar profesional.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here