Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

0
143
gambar ilustrasi pixabay.com

Lidah Buaya (Aloe Vera) merupakan salah satu tanaman yang sudah dikenal memiliki beragam manfaat bagi manusia. Salah satunya yang paling populer adalah manfaat lidah buaya sebagai penyubur rambut. Beragam manfaat lain yang dimiliki oleh lidah buaya juga terus dikembangkan, tanaman lidah buaya kini dikembangkan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetik, selain sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Jenis tanaman lidah buaya yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia adalah Aloe Chinensis Baker, yang berasal dari Cina, meskipun bukan tanaman asli Cina. Jenis lidah buaya ini banyak ditanam di Kalimantan Barat sejak lama dan lebih dikenal dengan nama Lidah Buaya Pontianak.

Tanaman Lidah Buaya Pontianak memiliki ciri bunga berwarna oranye, pelepah berwarna hijau muda, pelepah bagian atas agak cekung dan mempunyai totol putih di pelepahnya ketika tanaman masih muda.

Tanaman lidah buaya merupakan jenis tanaman yang mudah dibudidayakan, tanaman ini dapat tumbuh di daerah kering seperti di Afrika, Asia dan Amerika. Pada musim kemarau, lidah buaya dapat menutup stomata daun sampai rapat untuk menghindari kehilangan air dari daunnya. Lidah buaya termasuk tanaman yang efisien dalam penggunaan air, karena dari segi fisiologi tumbuhan, tanaman ini termasuk dalam jenis CAM (Crassulance Acid Metabolism) dengan sifat tahan kekeringan.

Baca : [ Ragam Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan Tubuh ]

Selain mudah dibudidayakan dan tahan pada musim kemarau, beragam kandungan nutrisi pada tanaman lidah buaya juga menjadi peluang tersendiri untuk terus dikembangkan.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

Pelepah tanaman lidah buaya memiliki beragam kandungan nutrisi sebagai berikut ;

  • Vitamin : A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol, Folic Acid.
  • Mineral : Kalsium, Magnesium, Potasium, Sodium, Iron, Seng, Chromium.
  • Enzim : Amylase, Catalase, Cellulose, Carboxypepilase, Carboxyhelulose, Bradykinase.
  • Asam Amino : Arginin, Aspargin, Aspartat Acid, Analine, Serine, Glutamat, Threonine, Glycine, Phenil alanine, Histidine, Isoliucine

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Tanaman lidah buaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, di antaranya sebagai berikut :

  • Sebagai anti mikroba melawan bakteri pathogen
  • Sebagai pembersih tubuh
  • Sebagai penstabil kadar kolesterol darah
  • Sebagai pelindung tubuh karena memiliki kandungan antibiotik
  • Sebagai bahan yang memperlambat penuaan dini
  • Sebagai bahan anti luka bakar

Baca : [ Cara Mudah Hilangkan Jerawat dengan Ramuan Temulawak ]

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat lidah buaya dengan cara yang mudah, Anda bisa membuat minuman yang enak dan segar mengggunakan bahan baku gel dari pelepah tanaman lidah buaya.

Sumber Rujukan :

Lidah Buaya, Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here