Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Kemangi

0
247
gambar ilustrasi pixabay.com

Pestisida nabati menjadi salah satu pilihan bagi petani dalam upaya penanggulangan hama tanaman. Beragam keunggulan dari pestisida nabati seperti, ramah terhadap lingkungan; mudah dibuat dengan biaya yang murah dan mudah diaplikasikan; serta tidak meninggalkan residu yang berbahaya bagi tanaman, lingkungan dan bagi manusia, menjadikan pestisida nabati sebagai pilihan yang tepat untuk pertanian yang berkelanjutan.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan pestisida nabati umumnya berasal dari bagian tanaman seperti dedaunan, biji, buah dan umbi dari berbagai macam tanaman yang ada di lingkungan. Salah satu bahan tanaman yang bisa dijadikan sebagai bahan membuat pestisida nabati adalah daun kemangi.

Tanaman kemangi di Indonesia dikenal dengan berbagai nama, masyarakat di Sunda menyebutnya dengan nama lampes, masyarakat Jawa dan Madura menyebutnya kemangi, di Bali disebut uku-uku, lufe-lufe di Ternate, selasi atau selaseh di Sumatera dan ampi di Sulawesi.

Tanaman kemangi (Ocymum spp.) merupakan tanaman semak semusim dengan tinggi tanaman antara 80 – 100 cm. Batang bercabang banyak, berkayu segi empat, berbulu berwarna hijau muda. Daun tunggal bulat lancip, tepi bergerigi, panjang daun 4 – 5 cm dan lebar 6 – 30 mm.

Baca : [ Cara Membuat Pupuk Organik Cair Perangsang Daun dan Buah

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Kemangi

Bahan yang Dibutuhkan
  • Daun kemangi kurang lebih 750 gram
  • Ekstrak mentimun (mentimun yang sudah diperas airnya)
  • Air kurang lebih 500 ml
Cara Membuat
  • Potong dan cacah kecil daun kemangi. Kemudian cuci dengan air.
  • Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan cacahan daun kemangi, rebus selama 1 jam hingga volume air menjadi sedikit.
  • Dinginkan kurang lebih 30 menit, kemudian saring untuk memisahkan air dengan ampas daun kemangi
  • Tambahkan ekstrak mentimun.
  • Pestisida nabati dari daun kemangi siap digunakan.
Cara menggunakan

Pestisida nabati daun kemangi digunakan dengan cara menyemprotkan langsung kepada tanaman atau kepada organisme pengganggu tanaman. Pestisida nabati daun kemangi mampu melemahkan dan mematikan hama tanaman. Pestisida nabati daun kemangi berperan dalam mengendalikan hama serangga, terutama hama yang berukuran kecil seperti belalang hijau dan ulat pada tanaman sawi dan sejenisnya. Jika Anda membutuhkannya dalam jumlah yang banyak, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengacu pada komposisi dan cara pembuatan yang sudah diuraikan pada artikel ini.

Baca : [ Cara Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih ]

Sumber Rujukan :

Laporan Pengujian Pestisida Nabati dari Ekstrak Daun Kemangi pada Belalang Hijau, Blog Daning Eka Septyarini, Universitas Brawijaya, diakses pada 12 Oktober 2018.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here