Ragam Cara untuk Mengatasi Sulit Tidur

0
138
gambar ilustrasi pixabay.com

Sulit tidur saat malam hari di mana seharusnya tubuh dan pikiran bisa beristirahat, acap menjadi masalah yang dihadapi oleh sebagian orang. Akibat kurang istirahat, aktivitas pada keesokan harinya menjadi terganggu, pekerjaan menjadi tidak fokus dan biasanya badan akan merasa lemas.

Sulit tidur atau disebut insomnia bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi tubuh yang sedang tidak sehat, atau adanya permasahan psikologis yang sedang dihadapi. Meski memaksa untuk tidur, seseorang yang mengalami imsomnia akan merasa gelisah, cemas dan kadang memikirkan masalah-masalah yang terjadi pada masa lalu.

Mengonsumsi obat tidur kadang menjadi pilihan sembarangan untuk mengatasi sulit tidur. Meskipun seseorang belum tahu tentang kondisi kesehatan tubuh atau psikologisnya. Kurang bijak tentunya jika mengalami sulit tidur seseorang langsung memutuskan mengonsumsi obat tidur. Jika Anda mengalami sulit tidur atau insomnia, Anda bisa mencoba beragam cara berikut ini.

Menciptakan Suasana Nyaman di Kamar Tidur

Suasana kamar atau tempat tidur mampu memengaruhi kualitas tidur seseorang. Cahaya lampu yang redup dan suasana yang tidak berisik, akan mampu memberikan rasa tenang dan rileks bagi penghuninya.

Gunakanlah jenis lampu yang menghasilkan cahaya tidak terlalu terang, serta biasakan menjaga kebersihan dan kerapian kamar. Suasana kamar tidur yang nyaman akan membantu Anda untuk bisa tidur nyenyak.

Baca : [ Inilah Efek Buruk Kurang Tidur ]

Lakukan Olahraga Rutin Setiap Hari

Kalau Anda sering mengalami sulit tidur pada malam hari, bisa jadi karena kondisi badan yang kurang capek. Kondisi seperti ini bisa Anda atasi dengan rutin melakukan aktivitas olahraga setiap hari.

Lakukan olahraga secukupnya saja, jangan sampai menjadikan Anda terlalu capek dan justru menjadi lebih sulit lagi untuk tidur nyenyak. Pilihlah aktivitas olahraga yang tidak terlalu berat dan mudah dilakukan. Anda bisa melakukan olahraga di dalam ruangan dengan bentuk pemananasan sederhana.

Cobalah Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa menjadi pilihan pada waktu sore hari, atau setelah istirahat dari rutinitas keseharian. Selain membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran yang menempel, mandi air hangat mampu memberikan efek rileks pada tubuh. Efek rileks yang dirasakan oleh tubuh, akan sangat membantu Anda untuk bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari.

Baca : [ Inilah Manfaat Merapikan Tempat Tidur Usai Bangun Pagi ]

Hentikan Kebiasaan Bermain Gadget Menjelang Tidur

Jika Anda terbiasa menggunakan atau bermain dengan gadget seperti smartphone atau laptop saat menjelang tidur, hal ini akan memengaruhi kualitas tidur. Apa lagi kalau ada sesuatu hal atau informasi yang Anda peroleh melalui gadget tersebut yang membebani pikiran.

Saat menjelang tidur, kondisi tubuh dan pikiran sebaiknya dalam kondisi yang siap untuk beristirahat. Jadi, hentikan kebiasaan bermain gadget dan matikanlah saat menjelang tidur. Dengan begitu Anda tidak akan terganggu dan tetap fokus pada niat awal untuk tidur, bukan bermain gadget.

Mengonsumsi Bawang Putih

Jika Anda memiliki masalah pada pola tidur yang kurang teratur, atau juga mengalami susah tidur. Tidak ada salahnya Anda mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi bawang putih. Caranya cukup mudah, hanya cukup dengan beberapa siung bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian memakannya secara langsung sebelum tidur, lakukan hal ini secara rutin sampai gangguan pola tidur Anda kembali normal.

Baca : [ Mengenal Manfaat Bawang Putih untuk Pengobatan ]

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here