Tips Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

0
124
gambar ilustrasi pixabay.com

Bagi pengendara sepeda motor, musim hujan acap menjadi salah satu penghambat saat beraktivitas di jalanan. Jarak pandang yang berkurang, perjalanan yang lebih berat, jalanan licin, dan juga lubang jalan yang tertutup air, menjadikan para pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati.

Selain harus berhati-hati saat berkendara di jalan raya, perawatan pada sepeda motor yang digunakan juga harus lebih diperhatikan. Sepeda motor yang kotor setelah digunakan untuk hujan-hujanan di jalan tidak boleh dianggap remeh dan biasa saja. Air hujan dan kotoran yang menempel bisa berakibat pada rusaknya beberapa komponen yang ada pada sepeda motor.

Air hujan memiliki kadar asam yang bisa membuat besi berkarat, karena itu sebaiknya Anda melakukan perawatan berikut ini untuk menghindari kerusakan pada sepeda motor.

Rutin Mencuci Sepeda Motor

Cara paling sederhana dalam perawatan sepeda motor yang digunakan untuk hujan-hujanan adalah dengan mencucinya setelah digunakan. Jika Anda tidak sempat mencucinya menggunakan sampo, Anda cukup menyiram seluruh bagian sepeda motor dengan air biasa, sesaat setelah sepeda motor digunakan.

Lalu keringkan dengan lap untuk menghilangkan bekas air yang masih menempel pada sepeda motor. Mencuci sepeda motor secara rutin bukan hanya agar terlihat bersih, hal ini untuk menghindarkan dari karat yang mungkin timbul akibat air hujan.

Cek Kondisi Rantai Sepeda Motor

Rantai adalah salah satu komponen dari sepeda motor yang paling sering bermasalah saat musim hujan. Air hujan dan kotoran yang menempel pada rantai dapat menimbulkan karat yang berpengaruh pada kondisi rantai.

Agar rantai sepeda motor tidak karatan, ada baiknya Anda membersihkan rantai secara rutin. Jangan lupa juga untuk mengecek minyak rantai sepeda motor Anda, jika rantai sepeda motor Anda kering sebaiknya segera lumasi dengan minyak yang baru.

Baca : [ Bagaimana Cara Merawat Rantai Sepeda Motor? ]

Cek Kondisi Ban

Tekanan angin pada ban sangat dipengaruhi oleh kondisi suhu luar ban, saat musim hujan suhu ban menjadi mudah berubah-ubah. Melakukan pengecekan tekanan angin ban sebaiknya dilakukan setiap Anda hendak mengendarai sepeda motor. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan standar, hal ini juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena tekanan angin pada ban berpengaruh pada laju sepeda motor anda.

Bersihkan Kanvas Rem atau Cakram

Kanvas rem yang terbuat dari bahan asbes sangat mudah mengembang bila terkena air terlalu lama dan mudah mengeras ketika sudah kering. Membersihkan kanvas rem atau cakram pada sepeda motor menjadi penting saat musim hujan untuk menjaga kondisi kanvas dan cakram.

Jika kanvas atau cakram kotor biasanya akan terdengar bunyi saat mengerem sepeda motor. Agar kondisi kanvas dan cakram tetap terjaga, semprot bagian kanvas rem atau cakram dengan air bersih lalu nyalakan motor sambil mengerem putaran roda. Dengan cara ini kampas rem dan cakram sepeda motor Anda akan bersih dan terjaga kondisinya.

Baca : [ Tips Merawat Ban Sepeda Motor

Bersihkan Busi

Busi sepeda motor sangat sensitif terhadap air, saat musim hujan Anda harus rutin mengecek dan membersihkannya. Busi yang terkena air hujan akan berpengaruh pada sistem pengapian, bahkan bisa mati saat sedang digunakan.

Busi sepeda motor harus dalam kondisi bersih dan kering, karena itu saat musim hujan sebaiknya Anda sering melakukan pengecekan dan membersihkan busi secara rutin. Gunakan lap kering atau semprotan angin untuk membersihkan dan mengeringkan busi sepeda motor Anda.

Perawatan sepeda motor saat musim hujan penting untuk dilakukan secara rutin, sempatkan waktu untuk melakukannya agar kondisi sepeda motor Anda tetap prima. Dengan begitu aktivitas keseharian Anda menggunakan sepeda motor tidak akan terganggu.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here