Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Wanita Hamil

0
77
gambar ilustrasi pixabay.com

Air kelapa merupakan salah satu cairan alami yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh manusia. Air kelapa memiliki kandungan nutrisi di antaranya, kalori, kalium, karbohidrat, kalsium, sodium, serat dan gula.

Bagi wanita hamil, air kelapa baik untuk mengatasi sakit maag dan sembelit, hal yang umumnya terjadi terkait dengan kehamilan. Air kelapa juga baik dikonsumsi oleh wanita hamil karena bisa melindungi dari dehidrasi.

Waktu terbaik minum air kelapa adalah pada pagi hari. Tapi, disarankan untuk minum air kelapa secukupnya (satu gelas sehari). Hal ini karena elektrolit dan nutrisi di dalam air kelapa dapat diserap terbaik ketika kondisi perut masih kosong.

Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Bagi Wanita Hamil?

Membantu Terhindar Dari Minuman Manis Tidak Sehat

Air kelapa segar bebas lemak dan juga rendah kalori, tidak menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh yang kelebihan berat badan seperti wanita hamil. Meminum air kelapa membantu calon ibu dan bayi dalam kandungan terhindar dari minuman manis tidak sehat.

Baca : [ Inilah Daftar Makanan Pantangan Bagi Ibu Hamil ]

Mengatasi Masalah Mual dan Diare Selama Kehamilan

Kandungan elektrolit di dalam air kelapa bermanfaat membantu mengatasi masalah selama kehamilan, seperti mual dan diare yang dapat mengakibatkan tubuh dehidrasi. Air kelapa mengandung lima elektrolit penting seperti mineral, kalsium, kalium, dan lain-lain. Elektrolit juga membantu dalam fungsi dan kontrol tekanan darah otot. Serta mampu menyembuhkan masalah seperti muntah.

Mengurangi Kemungkinan Terjadinya Kehamilan Prematur

Air kelapa adalah agen diuretik, karena kandungan mineral, termasuk kalium dan magnesium meningkatkan buang air kecil. Ini membantu menyingkirkan racun dan membersihkan saluran kemih, maka membantu fungsi ginjal dan mencegah infeksi saluran kemih. Melalui ini, air kelapa mengurangi kemungkinan dari terjadinya kehamilan prematur.

Meningkatkan Metabolisme dan Menetralkan Asam

Periode kehamilan berdampak pada perubahan hormonal dan mengakibatkan masalah seperti sembelit, gangguan pencernaan dan mulas. Serat dalam air kelapa mampu meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Air kelapa meningkatkan metabolisme dan menetralkan asam, maka mampu menyembuhkan sakit maag.

Baca : [ Pentingnya Memberikan ASI Eksklusif Bagi Bayi ]

Membantu Meningkatkan Kekebalan Wanita Hamil

Karena air kelapa memiliki kandungan yang kaya nutrisi penting, membantu meningkatkan tingkat kekebalan pada wanita hamil. Asam laurat dalam air kelapa menghasilkan anti-virus kuat yang disebut monolaurin, yang mampu menetralkan berbagai infeksi.

Sumber Rujukan :

10 Benefits Of Coconut Water For Pregnant Woman, Boldsky.com, diakses pada 30 Oktober 2018.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here