Menilik Lima Air Terjun nan Eksotis di Kabupaten Magelang

0
351
Air Terjun Grenjengan Kembar : Pariwisata.magelangkab.go.id

Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya berada di dataran tinggi, menjadikan Kabupaten Magelang memiliki beragam kekayaan alam yang menakjubkan. Wilayah Kabupaten Magelang dikelilingi oleh gunung dan pegunungan, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Sumbing dan Pegunungan Menoreh.

Selain menyajikan panorama yang eksotis, dengan keberadaan gunung dan pegunungan yang mengelilingi Kabupaten Magelang, menjadikan daerah ini sebagai daerah tangkapan air hujan. Sehingga wilayah Kabupaten Magelang kaya akan cadangan air tanah yang keluar sebagai mata air di permukaan.

Tak heran, ada beragam air terjun dengan pesona alam dan daya tarik yang berbeda-beda. Jika Anda sedang berlibur di wilayah Kabupaten Magelang, Anda bisa mengunjungi lima air terjun berikut ini.

Air Terjun Seloprojo

Air Terjun Seloprojo : Pariwisata.magelangkab.go.id

Air terjun Seloprojo atau yang juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Sumuran merupakan air terjun yang berada di kaki Gunung Telomoyo. Air Terjun Seloprojo memiliki tinggi kurang lebih 35 meter, dengan aliran air yang merambat pada dindingnya.

Di bawah air terjun tedapat kolam penampungan limpahan air yang terdiri dua tingkat. Pada sisi depan kolam penampungan ini terdapat ornamen kepala singa. Dari kepala singa inilah limpahan air mengalir ke kolam di bawahnya.

Panorama alam yang asri, ditambah dengan udara sejuk dan pesona air terjun yang menawan, menjadi daya tarik tersendiri dari Air Terjun Seloprojo. Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Air Terjun Seloprojo, Anda bisa langsung menuju ke lokasi air terjun yang terletak di Desa Seloprojo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Baca : [ Puncak Suroloyo : Tempat Menikmati Pemandangan Alam dan Pesona Candi Borobudur ]

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit : Pariwisata.magelangkab.go.id

Air Terjun Sekar Langit merupakan air terjun yang terletak di lereng Gunung Telomoyo yang menjadi batas wilayah Kabupaten Magelang dengan wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, Air Terjun Sekar Langit mengalirkan air yang berasal dari mata air puncak Gunung Telomoyo.

Jika dilihat dari artinya, Air Terjun Sekar Langit berasal dari kata ‘sekar’ yang memiliki arti bunga dan ‘langit’ yang berarti langit. Sekar Langit bisa dimaknai sebagai bunga yang turun dari langit. Air Terjun Sekar Langit berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang : Pariwisata.magelangkab.go.id

Air Terjun Kedung Kayang terletak di alur Sungai Pabelan yang berasal dari dua gunung, yaitu Gunung Merbabu dan Merapi. Air terjun yang berada pada daerah dengan ketinggian 950 meter dari permukaan laut ini, memiliki panorama alam yang eksotis, dengan lembah curam di sekelilingnya, namun mudah dijangkau oleh pengunjung.

Air Terjun Kedung Kayang tepatnya berada di perbatasan kabupaten Magelang dan kabupaten Boyolali, di antara Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan Desa Klakah. Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Di Air Terjun Kedung Kayang, Anda bisa bermain di bawah guyuran air terjun setinggi 40 meter sambil menikmati hawa sejuk yang akan membuat Anda betah berlama-lama.

Baca : [ Ragam Tempat Wisata di Pangandaran untuk Rekomendasi Liburan ]

Curug Silawe

Curug Silawe : Pariwisata.magelangkab.go.id

Curug Silawe merupakan air terjun alami yang berada di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan hempasan air yang cukup deras dan menjadi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Sepanjang perjalanan menuju tempat ini, hamparan persawahan nan hijau dan panorama alam Gunung Sumbing akan memanjakan mata.

Tak jarang, Anda bisa melihat pelangi di sekitar Curug Silawe yang merupakan bias pantulan sinar matahari ke air terjun. Pelangi ini menjadi daya tarik yang menakjubkan. Anda juga bisa bermain di bawah air terjun pada cerukan yang membentuk cekungan bendungan, merasakan sensasi dinginnya mata air lereng Gunung Sumbing.

Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar : Pariwisata.magelangkab.go.id

Air Terjun Grenjengan Kembar merupakan perpaduan dari dua air terjun yang berada di tengah kawasan hutan pinus. Ketinggian air terjun pertama sekitar 12 meter pada tingkat pertama dan 2 meter pada tingkat keduanya, sedangkan air terjun kedua memiliki ketinggian 18 meter.

Air terjun ini terletak di lereng Gunung Merbabu, atau tepatnya di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Sumber mata air Air Terjun Grenjengan Kembar berasal dari anak sungai Cebong dari lereng Gunung Merbabu.

Saar berkunjung ke Air Terjun Grenjengan Kembar, Anda bisa bermain air sambil menikmati keindahan panorama alam sekitarnya. Hawa sejuk pegunungan yang membuat suasana nyaman, akan membuat Anda betah berlama-lama di lokasi Air Terjun Grenjengan Kembar.

Sumber Rujukan :

Artikel ini diolah dari website Pemerintah Kabupaten Magelang yang merupakan domain publik.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here