Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

0
270
Gambar ilustrasi pixabay.com

Usaha rumahan saat ini menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk mendapatkan penghasilan. Usaha rumahan menjadi pilihan lantaran tidak membutuhkan modal yang besar, bisa dilakukan saat waktu senggang dan memberikan penghasilan tambahan bagi rumah tangga.

Para ibu rumah tangga banyak yang menangkap baik peluang usaha rumahan ini. Dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat dan kemudahan akses informasi, produk barang maupun jasa yang ditawarkan oleh usaha rumahan menjadi lebih mudah dipasarkan.

Meski tidak membutuhkan modal yang besar, untuk memulai sebuah usaha rumahan seseorang harus bisa menguasai pengetahuan yang baik tentang model bisnis atau usaha yang akan dijalankan. Pengetahuan ini meliputi perencanaan usaha, manajemen usaha dan strategi pemasaran. Selain itu, kemantapan niat juga menjadi hal yang penting jika hendak memulai usaha rumahan.

Nah, berikut ini ada beberapa usaha rumahan yang bisa Anda coba.

Usaha rumahan membuat kue dan camilan

Kue dan camilan merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Meski beragam jenis kue dan camilan mudah didapatkan di pasar atau di supermarket dan minimarket, hal ini tidak menutup peluang usaha rumahan membuat kue dan camilan.

Usaha rumahan ini bisa Anda pertimbangkan jika rumah Anda berada pada lokasi yang strategis. Anda dengan mudah bisa menjajakan kue dan camilan di depan rumah Anda atau membuat tempat sederhana untuk menjajakannya.

Selain tempat yang strategis, keberagaman jenis kue dan camilan yang dijual juga menjadi salah satu pertimbangan untuk menarik minat orang membelinya. Jadi, Anda membutuhkan pengetahuan yang baik untuk memproduksi kue dan camilan yang mampu menarik minat orang untuk membelinya, baik dari sisi rasa maupun tampilan penyajiannya.

Usaha rumahan bisnis online di rumah

Bisnis online menjadi salah satu usaha rumahan yang cukup menjanjikan, selain tidak membutuhkan modal yang besar, jenis usaha ini juga bisa dijalankan dengan memanfaatkan sosial media yang saat ini sudah menjadi hal yang akrab di masyarakat.

Anda bisa menjadi dropshipping atau menjadi agen penjualan produk-produk tertentu. Banyak ibu rumah tangga yang sudah menjalankan bisnis ini, seperti menjual produk kecantikan, pakaian, mainan anak dan perkakas rumah tangga. Tanpa modal besar, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari keuntungan penjualan produk.

Jika Anda hendak menjalankan bisnis online di rumah, tentunya Anda perlu belajar tentang strategi pemasaran yang baik melalui internet. Anda bisa mempelajari tentang minat pasar, sasaran penjualan produk dan juga manajemen layanan pelanggan yang baik.

Baca : [ Langkah-Langkah Membuat atau Memulai Bisnis Online ]

Membuka usaha laundry di rumah

Jika rumah Anda dekat dengan kampus atau lingkungan perkantoran, usaha laundry bisa menjadi pilihan untuk Anda coba. Mahasiswa dan karyawan merupakan pasar yang potensial sebagai pengguna jasa laundry. Selain karena kesibukan yang kadang tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri, hasil layanan laundry yang membuat pakaian lebih bersih dan rapi juga menjadi pilihan banyak orang.

Usaha laundry bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mengedepankan layanan yang menarik bagi pelanggan. Selain mengutamakan hasil cucian yang memuaskan, Anda juga bisa memberikan layanan antar jemput bagi pelanggan yang tidak sempat datang sendiri ke tempat Anda.

Usaha rumahan membuat kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan bisa menjadi pilihan usaha yang Anda coba di rumah. Dengan kemauan untuk belajar dan bisa menguasai keterampilan untuk membuat produk kerajinan, kreativitas Anda akan menghasilkan uang di rumah sendiri. Meski sudah banyak produk kerajinan yang beredar di pasaran, peluang usaha ini tetap terbuka jika Anda bisa memaksimalkan kreativitas yang Anda miliki.

Anda bisa membuat produk kerajinan yang memiliki ciri khas tersendiri, misal terbuat dari bahan limbah atau yang tidak terpakai, atau dari bahan yang memang memiliki kualitas baik. Beberapa produk kerajinan seperti tas, gelang, hiasan ruangan dan produk kerajinan lainnya banyak yang dihasilkan dari usaha rumahan. Produk yang Anda hasilkan bisa Anda jual melalui toko online atau dititipkan di tempat penjaja oleh-oleh dengan pasar wisatawan di daerah Anda.

Baca : [ Strategi Membangun Branding Produk ]

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here