Cara Alami Menghaluskan Kulit Wajah Menggunakan Kunyit

0
295
Gambar ilustrasi pixabay.com

Memiliki kulit wajah yang halus menjadi idaman bagi sebagian besar orang, terutama bagi kalangan perempuan yang selalu ingin tampil cantik. Beragam cara pun dilakukan untuk dapat memiliki kulit wajah yang halus, sampai kadang ada yang keliru memilih kosmetik atau obat-obatan dan berakibat tidak baik, seperti terjadi alergi atau hal tidak diinginkan lainnya.

Menghaluskan kulit wajah sebenarnya bisa dilakukan dengan cara alami yang lebih cenderung aman. Cara alami menghaluskan kulit wajah bisa dengan memanfaatkan kunyit.

Kunyit (curcuma domestica) merupakan tanaman yang mudah dijumpai banyak tumbuh hampir di seluruh Pulau Jawa. Tanaman kunyit tumbuh pada daerah subtropis sampai tropis dengan ciri memiliki batang pohon semu dan basah. Rimpang kunyit banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak dan bahan membuat jamu tradisional.

Selain dijadikan sebagai bumbu masak dan bahan membuat jamu, di Eropa kunyit dipakai sebagai bahan baku kosmetika dan pewarna makanan. Kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit wajah. Jika Anda tertarik ingin mencoba cara alami menghaluskan kulit wajah menggunakan kunyit, Anda bisa mencoba cara berikut ini.

Kunyit untuk menghaluskan kulit wajah

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 1 rimpang kunyit
  • 1 sendok makan beras ketan hitam
  • 1 sendok bubuk kayu manis

Cara membuat

  1. Rimpang kunyit dicuci bersih, kemudian diparut.
  2. Beras ketan hitam disangrai atau digoreng tanpa minyak, lalu ditumbuk sampai halus.
  3. Setelah selesai, campurkan hasil parutan kunyit dan beras ketan hitam halus dengan kayu manis, aduk agar tercampur sampai merata.

Cara menggunakan

Bahan yang sudah tercampur semuanya sampai merata selanjutnya digunakan sebagai masker wajah, layaknya Anda menggunakan masker seperti pada umumnya.

Bagaimana? Mudah bukan memanfaatkan kunyit untuk menghaluskan kulit wajah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan tentunya akan menghemat pengeluaran Anda. Wajah bakal menjadi halus dan kantong tetap terjaga.

Sumber Rujukan :

Thomas A.N.S., Tanaman Obat Tradisional, Penerbit Kanisius, Yogyakarta, 1989

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here