Tips Jitu Mengelola Keuangan Bagi Rumah Tangga

0
81
Gambar ilustrasi pixabay.com

Masalah ekonomi sering menjadi pemicu perdebatan dalam rumah tangga. Pasangan suami istri kadang harus bertengkar, hingga banyak juga yang berakhir dengan perceraian karena masalah ekonomi.

Setelah berumah tangga, kebutuhan biaya hidup tentunya akan bertambah banyak. Anda harus rela berbagi dengan pasangan dan berusaha saling mencukupi kebutuhan bersama. Hingga kadang harus melupakan kebutuhan pribadi, karena ada kebutuhan rumah tangga yang lebih mendesak.

Selain kebutuhan bersama, pihak suami atau istri juga kadang memiliki keinginan pribadi yang ngebet untuk dipenuhi. Namun keinginan ini tidak semuanya bisa disepakati oleh pasangan, serta berpotensi mengecewakan salah satu pihak.

Nah, daripada bertengkar dengan pasangan karena masalah ekonomi. Berikut ini tips jitu mengelola keuangan bagi rumah tangga yang bisa Anda coba.

Buat laporan keuangan secara berkala

Mengelola keuangan rumah tangga harus membuat laporan? Ya, baik pihak suami atau istri yang bertugas mengelola keuangan rumah tangga harus bisa membuat laporan secara berkala. Tidak perlu laporan keuangan yang ribet, cukup dengan pencatatan saja yang dibuat setiap kali ada pemasukan maupun pengeluaran.

Catatan keuangan menjadi hal yang penting dibuat, meski Anda sudah selalu memberitahukan pada pasangan tentang pengeluaran yang dilakukan. Catatan atau laporan keuangan akan sangat bermanfaat jika kebetulan ada salah satu pihak yang lupa.

Dengan memiliki catatan keuangan, Anda dan pasangan juga bisa mengetahui kondisi keuangan rumah tangga setiap waktu. Jadi, Anda dan pasangan akan bisa saling memahami jika ada kebutuhan rumah tangga yang belum bisa terpenuhi.

Baca : [ Tips Mengelola Keuangan Bagi Anda yang Masih Lajang ]

Saling terbuka dengan pasangan

Sikap saling terbuka dengan pasangan bukan hanya dalam hal perasaan. Pengelolaan keuangan rumah tangga juga penting untuk dikelola secara terbuka. Informasikan dengan pasangan terkait semua pengeluaran yang dilakukan. Baik uang yang dimiliki bersama maupun uang yang bersumber dari uang Anda sendiri.

Sikap saling terbuka seperti ini akan membangun rasa kepercayaan bersama. Hingga bisa meminimalisir terjadinya masalah atau konflik dengan pasangan. Bersikap adil dengan pasangan adalah kuncinya. Keuangan rumah tangga adalah milik bersama, karena itu harus selalu dikomunikasikan dengan baik pada pasangan.

Komunikasikan keinginan dengan pasangan

Keinginan untuk membeli sesuatu atau melakukan hal tertentu dari salah satu pihak, sering menjadi pemicu munculnya masalah keuangan rumah tangga. Jika Anda memiliki suatu keinginan pribadi, akan lebih baik jika Anda komunikasikan dengan pasangan. Sehingga bisa dipertimbangkan bersama, memungkinkan atau tidak untuk direalisasikan.

Jangan sekali-kali menggunakan uang bersama untuk keinginan pribadi yang tidak Anda komunikasikan pada pasangan. Hal ini akan membuat pasangan tidak lagi percaya pada Anda, hingga sering merasa curiga. Apa lagi kalau hal seperti ini Anda lakukan ketika ada kebutuhan lain yang lebih mendesak. Pasangan akan menganggap Anda egois dan tidak peduli pada kebutuhan rumah tangga. Jangan melakukan yang seperti ini ya.

Jangan menceritakan kondisi keuangan rumah rumah tangga pada orang lain

Keuangan rumah tangga adalah rahasia Anda dengan pasangan yang harus bisa dijaga bersama. Jangan sampai kondisi keuangan rumah tangga Anda ceritakan pada tetangga atau orang lain. Hal ini akan membuat orang lain berargumen tentang kondisi keuangan rumah tangga Anda dan argumen tersebut belum tentu benar.

Apa pun masalah yang sedang terjadi terkait keuangan rumah tangga, bicarakanlah dengan pasangan. Agar kalian bisa saling memahami dan saling menguatkan dalam kondisi apa pun. Jangan sampai orang lain yang tidak tahu apa-apa turut campur berpendapat tentang keuangan rumah tangga Anda.

Baca : [ Langkah-Langkah Membuat atau Memulai Bisnis Online ]

Jika Anda ingin mencoba tips ini, obrolkanlah dengan pasangan dan buatlah kesepakatan bersama. Jadi Anda dan pasangan tidak akan sering ribut hanya karena salah paham dari salah satu pihak. Selamat mencoba ya.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here