Tips Memasarkan Produk di Media Sosial yang Efektif

0
225
Gambar ilustrasi pixabay.com

Media sosial saat ini menjadi salah satu sarana yang penting untuk digunakan dalam pemasaran produk. Memasarkan produk lewat media sosial dianggap memiliki keunggulan yang lebih, jika dibandingkan dengan membuat toko online sendiri atau memasarkannya lewat layanan toko online yang tersedia.

Pemasaran lewat media sosial memang memiliki keuntungan karena penjual atau marketing bisa lebih aktif untuk menggunakannya. Selain itu, interaksi langsung melalui pertemanan atau pengikut (follower) juga memudahkan ketersampaian pesan dalam metode pemasaran produk.

Namun, meskipun mudah, memasarkan produk lewat media sosial bisa menjadi tidak efektif lantaran tidak mengetahui caranya yang tepat. Nah, bagi Anda yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana jualan atau memasarkan produk, berikut ini tips memasarkan produk di media sosial yang efektif.

Gunakan foto produk yang menarik

Foto produk saat ini sudah lazim digunakan dalam pemasaran produk melalui media sosial. Foto produk juga memiliki peran yang penting dalam upaya menyampaikan pesan branding dari sebuah produk.

Anda bisa membuat mini studio sebagai tempat atau ruang untuk memotret produk. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan kardus, kertas atau kain menyesuaikan dengan kebutuhan foto. Para fotografer umumnya menggunakan bahan berwarna putih sebagai latar belakang atau bisa menyesuaikan dengan kebutuhan branding. Mini studio paling cocok digunakan untuk memotret produk yang berukuran kecil dan biasanya dilengkapi dengan lampu LED untuk mengatur pencahayaan.

Selain menggunakan mini studio, untuk mendapatkan foto produk yang menarik, Anda juga bisa memanfaatkan latar belakang alam atau lingkungan sekitar dengan memanfaatkan cahaya alami dari matahari. Namun, Anda harus jeli dalam memilih latar belakang dan waktu yang tepat saat memotret produk agar pencahayaannya sesuai. Gunakanlah tripod, baik untuk kamera DSLR atau kamera ponsel untuk mendapatkan foto yang terbaik.

Buatlah status atau caption yang menarik

Kunci dari sebuah pemasaran adalah tentang ketersampaian pesan kepada pasar atau konsumen. Pesan ini merupakan bagian dari branding sebuah produk yang bisa dikemas dengan status atau caption yang menarik. Anda tidak harus menyebutkan promosi produk secara langsung. Anda bisa memancing konsumen dengan membuat status atau caption yang berisi tentang isu-isu hangat yang sedang terjadi, atau cerita yang menarik perhatian dengan menyelipkan promosi di dalamnya.

Strategi pemasaran yang seperti ini akan membuat teman atau follower Anda tidak merasa jenuh dengan status atau caption yang hanya berisi tentang jualan produk. Jika Anda lebih kreatif dalam membuat status atau caption, potensi orang untuk membaca dan melihat produk yang Anda pasarkan akan lebih besar.

Baca : [ Strategi Membangun Branding Produk ]

Respon yang cepat terhadap konsumen

Salah satu pola komunikasi yang penting untuk dilakukan dalam pemasaran melalui media sosial adalah respon yang cepat terhadap konsumen. Respon yang cepat akan membantu konsumen secara cepat juga memutuskan akan membeli produk atau tidak. Selain itu, respon yang cepat juga akan menjadikan Anda memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk mengenalkan produk Anda secara lengkap lewat keunggulan-keunggulan yang dimiliki.

Jika Anda tidak melakukan respon yang cepat terhadap konsumen, bukan tidak mungkin konsumen akan merasa Anda tidak serius dalam berjualan. Konsumen juga bisa beralih kepada penjual lain, atau memilih mencari produk yang akan dia beli di tempat lain.

Gunakan tagar atau hashtag yang tepat pada setiap postingan

Menuliskan tagar atau hashtag pada setiap postingan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Melalui tagar, orang biasanya mencari informasi sesuai dengan minatnya di media sosial. Tagar yang tepat akan memudahkan konsumen menemukan produk yang Anda jual.

Tagar harus memiliki keterkaitan secara langsung dengan produk yang dipasarkan. Anda juga bisa melakukan observasi sederhana untuk mengetahui tagar apa yang populer digunakan untuk produk sejenis yang Anda pasarkan.

Baca : [ Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil yang Menguntungkan ]

Tips di atas bisa Anda coba agar pemasaran produk melalui media sosial yang Anda lakukan bisa efektif dan dengan mudah diterima oleh pasar. Jualan di media sosial itu gampang-gampang susah. Gunakanlah cara yang efektif agar pemasaran produk tepat sasaran dan akan mampu memaksimalkan penjualan.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here