Cara Bijak Menghemat Biaya Nikah

0
77
hemat biaya nikah
Gambar ilustrasi pixabay.com

“Nikah itu murah, tapi gengsinya yang mahal”, ungkapan seperti ini sudah sering kita dengar dibicarakan oleh banyak orang. Ya, karena urusan gengsi ini banyak pasangan kekasih yang memilih menunda pernikahannya dengan alasan belum memiliki biaya yang cukup.

Menciptakan kenangan paling indah seumur hidup dalam pernikahan, sebetulnya tidak harus selalu dengan pesta mewah dan biaya yang besar. Kenangan itu diciptakan atau dibuat, bukan dibeli dengan uang yang banyak. Jadi belum tentu juga dengan biaya besar bisa menciptakan kenangan paling indah.

Jangan sampai pesta pernikahan hanya akan membuat menyesal, karena sudah mengeluarkan biaya besar tapi ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Nah, bagi Anda yang hendak menikah dan tidak ingin melakukan pemborosan dalam pengeluaran pernikahan, berikut ini cara bijak menghemat biaya nikah yang bisa Anda coba.

Tentukan tanggal pernikahan jauh-jauh hari

Menentukan tanggal pernikahan penting untuk Anda lakukan jauh-jauh hari. Jika memang sudah ada komitmen dengan pasangan dan restu dari orang tua masing-masing, menentukan tanggal pernikahan tentu bukan hal yang sulit.

Satu atau setengah tahun sebelumnya sudah ditentukan. Hal ini menjadi penting, agar Anda dan pasangan bisa memilih dan melakukan pertimbangan banyak hal yang berkaitan dengan pesta pernikahan.

Misal hendak membeli barang-barang yang dibutuhkan, seperti baju, perhiasan, souvenir atau barang lainnya. Anda dan pasangan jadi memiliki waktu yang lebih untuk memilih barang dengan harga yang hemat tapi tetap sesuai keinginan.

Baca : [ Benarkah Menikah Bisa Membuat Panjang Umur? ]

Menentukan jumlah tamu dan gunakan undangan dengan cara yang kreatif

Sejak jauh hari, Anda dan pasangan beserta keluarga bisa mendiskusikan berapa jumlah tamu yang akan diundang pada acara pesta pernikahan. Dengan mengetahui jumlahnya, Anda bisa efisienkan jumlah undangan yang akan dipesan dan juga memperhitungkan biaya untuk menu hidangannya. Anda bisa memilih undangan dengan harga yang terjangkau dalam jumlah yang tepat.

Jika ingin lebih hemat lagi, tidak semua jumlah tamu harus Anda beri undangan dalam bentuk cetak. Dengan cara kreatif, Anda bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat saat ini. Anda bisa membuat undangan dalam bentuk digital, bisa menggunakan blog, foto atau video undangan yang bisa diunggah di media sosial. Nah, tinggal Anda bagikan ke teman-teman yang menurut Anda sudah akrab dengan tekonlogi masa kini.

Meski cara ini bisa menghemat banyak biaya cetak dan pengiriman undangan. Anda tetap harus mempertimbangkan unsur kepantasan dan kesopanan dalam memberikan undangan digital.

Pilih tema pesta pernikahan yang berkesan tapi dengan fasilitas yang terjangkau

Saat menjelang hari H pesta pernikahan, banyak pasangan yang mengalami pembengkakan biaya yang tidak terduga. Hal ini dikarenakan belum matangnya persiapan fasilitas pesta yang akan digunakan.

Agar Anda terhindar dari pembengkakan biaya seperti ini, tentukanlah tema pesta pernikahan jauh hari. Dengan begitu Anda bisa memesan segala fasilitas pendukung sesuai dengan tema yang ditentukan.

Sekarang ini sudah banyak pasangan yang kreatif dalam menentukan tema pernikahannya. Seperti pesta kebun, jamuan makan siang atau makan malam bersama, atau tema lain yang sesuai dengan kemampuan. Salah satu yang sedang menjadi tren sekarang ini dan bisa Anda coba adalah menyediakan fasilitas photo booth untuk para tamu.

Pilihlah tema pesta pernikahan yang sesuai keinginan dan gunakan fasilitas yang sesuai dengan kemampuan. Tidak perlu tema mewah, yang terpenting adalah bisa memberikan kesan yang berbeda dan menjadi istimewa.

Percayakan urusan foto pada teman yang pintar memotret

Jika ingin menghemat biaya foto, minta tolong saja kepada teman yang pintar memotret. Sekarang ini kan sudah banyak orang yang punya kamera canggih. Tapi ingat, cari teman yang memang sudah menguasai dunia fotografi dan biasa memotret. Agar hasilnya tidak mengecewakan.

Minta tolong kepada teman untuk urusan foto, bukan berarti gratisan. Anda tetap harus membayar jasanya, tapi karena dengan teman sendiri jadi biayanya tidak terlalu mahal. Kalau mau menawar harga juga jadi lebih gampang, beda kalau Anda menggunakan jasa fotografer profesional yang pastinya sudah punya patokan harga sendiri.

Baca : [ Tips Jitu Mengelola Keuangan Bagi Rumah Tangga ]

Selama masa persiapan menjelang pesta pernikahan, Anda dan pasangan juga harus bisa menahan keinginan. Tidak semua hal yang menjadi keinginan kalian harus dibeli, pertimbangkan prioritas kebutuhan terlebih dahulu. Hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan pesta pernikahan, bisa kalian penuhi setelahnya.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here