Ragam Destinasi Wisata Menarik di Pulau Nusakambangan

0
261
Pantai Karang Pandan Nusakambangan. Gambar diambil dari visitjawatengah.jatengprov.go.id

Pulau Nusakambangan selama ini dikenal sebagai pulau yang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Secara geografis, bagian utara Pulau Nusakambangan menghadap Cilacap dan terdapat perkampungan nelayan serta hutan bakau yang luas. Sedangkan di bagian selatan terdapat banyak karang dan menghadap langsung dengan Samudera Hindia.

Pada sisi barat Pulau Nusakambangan terdapat pantai eksotis berpasir putih, begitu juga di sisi timur yang merupakan hutan dan pantai, yakni Pantai Pasir Putih atau Pantai Karang Pandan dan Benteng Karang Bolong.

Beragam destinasi wisata di Pulau Nusakambangan tersebut, menjadi sisi lain dari Nusakambangan yang populer dikenal sebagai pulau penjara yang menyeramkan. Di balik keseramannya, Pulau Nusakambangan ternyata memiliki beragam destinasi wisata, mulai dari pantai pasir putih, benteng dan gua yang eksotis.

Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan terletak di bagian timur Pulau Nusakambangan. Daya tarik utama dari Pantai Karang Pandan adalah berupa pantai pasir putih yang pasirnya terasa lembut di kaki. Dari Pantai Karang Pandan, Anda juga bisa melihat pulau karang yang berada di seberangnya, yakni Pulau Majethi. Jika hendak berlibur ke Pantai Karang Pandan, Anda bisa menyeberang dengan menggunakan perahu wisata yang banyak tersedia di Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Baca : [ Mengenal Macan Kumbang Penghuni Pulau Nusakambangan ]

Pantai Permisan

Pantai Permisan merupakan pantai yang memiliki daya tarik utama berupa pasir pantai yang memiliki gradasi warna putih dan hitam. Di Pantai Permisan Anda juga bisa menikmati pemandangan batuan karang yang eksotis.

Pantai Permisan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sebagian besar pengunjung yang datang ke Pantai Permisan merupakan keluarga yang menjenguk narapidana di lapas Nusakambangan. Akses menuju ke Pantai Permisan adalah dengan naik kapal dari Pelabuhan Sodong menuju ke Pulau Nusakambangan. Perjalanan dilanjutkan dengan naik bus yang disediakan pihak lapas menempuh perjalanan sekitar 15 km untuk sampai di lokasi Pantai Permisan.

Kampung Laut

Di sisi barat Pulau Nusakambangan atau tepatnya di pesisir Selat Segara Anakan, terdapat sebuah kampung yang selama ini namanya sudah cukup populer, yakni Kampung Laut. Kampung yang mayoritas warganya berprofesi sebagai nelayan ini, memiliki daya tarik berupa gua-gua yang eksotis dan menarik untuk dikunjungi, seperti Gua Pawon, Gua Ronggeng dan Gua Payung.

Jika Anda ingin merasakan sensasi petualangan yang berbeda, Anda bisa mengunjungi hutan mangrove yang berada di dekat Kampung Laut. Di hutan mangrove ini Anda bisa mencoba untuk memancing. Ada beragam jenis ikan seperti ikan kerapu, udang galah dan jenis ikan lainnya yang menarik untuk dipancing.

Baca : [ Ragam Tempat Wisata di Pangandaran untuk Rekomendasi Liburan ]

Benteng Karang Bolong

Pulau Nusakambangan memiliki benteng peninggalan sejarah zaman kolonial yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat, salah satunya adalah Benteng Karang Bolong.

Menurut pengamatan pecinta sejarah dari Komunitas Roemah Toea, Lengkong Sanggar Ginaris, pembuat benteng yang terbuat dari susunan batu bata ada beberapa versi. Versi pertama yaitu Portugis, sedangkan yang kedua adalah Gubernur Jenderal Hindia Belanda Herman Willem Daendels.

Di lokasi Benteng Karang Bolong, Anda bisa mempelajari arsitektur bangunan benteng dan menyusuri lorong-lorong yang ada di dalamnya. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman yang berbeda saat Anda berkunjung ke Pulau Nusakambangan.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here