Cara Mengetahui Harga Jual Sebuah Website

0
97
Gambar ilustrasi pixabay.com

Website atau sering disingkat dengan sebutan web, saat ini tidak lagi menjadi sesuatu yang eksklusif hanya dimiliki oleh pihak-pihak tertentu saja. Seperti pada era awal adanya internet, website hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar. Namun kini, siapa pun bisa dengan mudah membuat website dengan harga yang terjangkau, bahkan bisa gratis.

Membuat website secara gratis, bisa Anda lakukan dengan menggunakan layanan dari WordPress atau Blogger. Keduanya menyediakan layanan yang bersifat gratis, namun terbatas. Keterbatasan pada WordPress dan Blogger seperti pada nama domain, plugin yang bisa diinstal dan keleluasaan dalam pengaturan website untuk pengembangan menjadi salah satu corak blog.

Meski ada layanan gratis yang disediakan oleh WordPress dan Blogger, sebagian orang yang tidak tahu umumnya akan memilih membuat website dengan menggunakan layanan dari penyedia jasa pembuatan website. Pilihan website berbayar ini juga sering dilakukan karena alasan lain, salah satunya karena ingin memiliki sebuah website yang lebih leluasa untuk dikembangkan.

Baca : [ Langkah-Langkah Penting Meningkatkan SEO Website Berbasis WordPress ]

Gratis atau berbayar, sebetulnya bukan faktor utama yang menentukan nilai dari sebuah website. Ada beragam unsur yang menentukan nilai dari sebuah website, seperti konten yang ada di dalamnya, jumlah kunjungan, ranking atau peringkat website dan unsur lainnya. Unsur-unsur ini menjadi penting untuk menilai sebuah website, apa lagi jika website tersebut akan dijual.

Pengertian Website atau Web

Website kerap disebut dengan singkatan web. Web dan website memiliki makna yang sama. Di Indonesia, kata website kerap diterjemahkan menjadi situs atau portal. Business Directory mendefinisikan website sebagai lokasi virtual pada www yang berisi suatu laman dan berkas (file) yang terkait dengan subjek tertentu atau perusahaan tertentu. Lokasi virtual ini dapat diakses melalui mesin perambah internet (browser).

Setiap website memiliki identitas atau nama yang unik (domain) dan dapat dibuka menggunakan koneksi internet. Website memiliki laman muka (beranda/homepage) yang terdiri dari pelbagai pranala (link) menuju internal website atau website lainnya. Kamus Cambridge mendefinisikan website sebagai sekumpulan laman informasi di internet tentang subjek yang spesifik dan dipublikasikan oleh perseorang atau organisasi.

Jenis-Jenis Website

Jenis website dapat dibedakan berdasarkan konten, layanan, fungsi dan keragaman kontennya. Secara umum, terdapat dua jenis website, yakni website yang bersifat statis dan website yang bersifat dinamis. Website yang bersifat statis biasanya memiliki konten terbatas dan metode pemutakhiran konten yang terbatas. Website yang bersifat dinamis biasanya memiliki keragaman dan kecepatan pemutakhiran konten.

Dari sisi desain, website statis memiliki sedikit laman dan menyampaikan informasi yang sama kepada setiap pengunjung yang berbeda. Desain website dinamis lebih bertujuan untuk menampung keragaman konten agar dapat diakses sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Secara fungsi, website bisa sangat beragam. Begitu pula berdasarkan jenis konten. Jenis website berdasarkan fungsi seperti toko online, forum dan media sosial. Baca selengkapnya tentang Memahami Cara Membuat Website atau Web.

Harga Jual Website

Harga jual sebuah website bisa Anda ketahui dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh Ceksite.com, sebuah portal yang menyediakan layanan kalkulator harga website. Pada portal Ceksite.com, Anda juga bisa mengetahui informasi tentang penghasilan dari sebuah website dan ranking atau peringkat website yang ingin Anda ketahui.

Cara mengetahui harga jual sebuah website

  • Buka mesin perambah internet (browser) yang ada di komputer atau ponsel Anda. Kemudian buka portal http://ceksite.com .
  • Masukkan alamat website atau domain website yang ingin Anda ketahui harga jualnya. Kemudian ikuti langkah selanjutnya dengan memasukan kode verifikasi atau proses verifikasi lainnya. Lalu klik “hitung”.
  • Selanjutnya akan muncul estimasi harga jual dari website yang Anda ingin ketahui. Selain estimasi harga jual, Anda juga bisa melihat informasi tentang taksiran penghasilan website dan ranking atau peringkat website.

Baca : [ Inilah Cara Meningkatkan Kecepatan Website Saat Diakses ]

Cara mengetahui harga jual sebuah website melalui portal Ceksite.com hanya menampilkan estimasi harga ya. Jadi harga yang ditampilkan merupakan harga perkiraan atau penilaian saja, bukan patokan harga pasti yang bisa Anda gunakan.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here