Buah Kenari, “Makanan Dewa” yang Miliki Ragam Manfaat

0
223
Gambar ilustrasi pixabay.com

Buah kenari merupakan salah satu buah yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya masayarakat Maluku sebagai daerah asalnya. Buah kenari yang memiliki nama latin Canarium Vulgare L. selama ini telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi.

Buah kenari berisi biji yang terbungkus oleh cangkang yang keras. Bagian biji ini kerap digunakan sebagai pengganti almond untuk menghias kue. Lantaran pemanfaatan biji dari buah kenari inilah, penyebutan biji kenari lebih populer di kalangan masyarakat daripada penyebutan buah kenari.

Tanaman buah kenari memiliki ciri-ciri daun yang selalu majemuk, perbungaan keluar dari ujung ranting, bergetah hitam dan memiliki buah dengan batok atau cangkang yang keras. Tanaman buah kenari tidak hanya tumbuh di hutan-hutan, tanaman ini juga banyak ditanam oleh masyarakat sebagai pohon peneduh.

Baca : [ Cara Alami Menghaluskan Kulit Wajah Menggunakan Kunyit ]

Bagi penduduk China dan Jepang, buah kenari dipercaya sebagai “makanan dewa” yang mempunyai nilai gizi sangat tinggi. Selain gizinya yang tinggi, buah kenari juga bisa mengobati beragam penyakit. Buah ini memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai obat, antara lain tembaga, mangan, molibdenun dan biotin yang tinggi.

Sebagai Obat Antikanker

Buah kenari memiliki kandungan molibdenun yang telah terbukti mengobati kanker prostat. Cara mengobatinya adalah dengan mengonsumsi buah kenari utuh seberat 2,4 ons setiap hari selama 18 minggu.

Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Buah kenari memiliki kandungan asam lemak alfa linolenat dan omega 3 nabati. Kandungan ini mampu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko serangan jantung.

Baca : [ Inilah Penyebab Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai ]

Mencegah Kepikunan

Buah kenari memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh otak manusia. Mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan kerja otak sehingga mencegah kepikunan. Asupan vitamin E juga sangat dibutuhkan oleh orang yang memiliki penyakit saraf, seperti Alzheimer.

Meningkatkan Kualitas Sperma

Bukan hanya bermanfaat untuk mengobati beragam penyakit. Buah kenari juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas sperma pada pria. Dengan meminum serbuk kenari sebanyak 75 gram setiap hari, terbukti mampu meningkatkan kualitas sperma pada pria.

Sumber Rujukan :

Ellis, Lioni, Super Plants For Super Health : Hidup Sehat dengan Memanfaatkan Tumbuhan Berkhasiat Obat di Indonesia, Metagraf, September 2017

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here