Manfaat Wortel untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

0
210
Gambar ilustrasi pixabay,com

Wortel yang memiliki nama latin Daucus carota L. merupakan salah satu umbi akar yang mudah ditemui dan selama ini telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Masyarakat mengonsumsi wortel dengan beragam cara, bisa dimakan langsung, direbus, dibuat menjadi jus, atau dibuat sup. Selain memiliki rasa yang enak dan mudah diolah, wortel juga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman wortel mudah ditemui di berbagai penjuru dunia, baik di daerah tropis maupun subtropis. Tanaman wortel masuk dalam jenis tanaman biennial atau tanaman yang menyelesaikan satu kali siklus hidupnya dalam rentang waktu dua tahunan. Siklus hidup tanaman wortel adalah pada rentang usia 12-24 bulan. Tanaman wortel akan berbunga pada tahun kedua usia tanam.

Umbi wortel memiliki kandungan utama berupa beta karoten. Wortel kaya akan mineral, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E dan karbohidrat. Mineral yang terkandung dalam wortel adalah kalium, fosfor, mangan, magnesium dan seng. Wortel selama ini dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata. Tapi tidak hanya itu, ada beragam manfaat wortel untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

Mengobati Kanker

Wortel memiliki kandungan utama berupa beta karoten, pigmen yang terdapat dalam tanaman yang memberikan buah-buahan kuning dan oranye atau sayuran yang memiliki warna serupa. Kandungan beta karoten merupakan antioksidan kuat yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, antara lain kanker. Pada ujicoba yang dilakukan kepada hewan, ekstrak wortel telah terbukti menurunkan massa tumor.

Baca : [ Buah Kenari, “Makanan Dewa” yang Miliki Ragam Manfaat ]

Mempercantik Kulit

Kandungan vitamin E dan vitamin C yang terdapat pada wortel dapat membantu menambah kekenyalan dan elastisitas kulit. Selain itu, kandungan vitamin E dan C juga membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Meningkatkan Produksi ASI

Unsur kalium yang terdapat pada wortel memiliki manfaat bagi ibu hamil atau ibu menyusui. Kalium bisa menjadi penambah energi bagi ibu hamil. Sementara bagi ibu menyusui, wortel dapat membantu untuk meningkatkan produksi ASI.

Mengobati Katarak

Wortel selama ini dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata. Wortel bermanfaat untuk meningkatkan daya akomodasi mata atau kemampuan untuk mencembungkan atau memipihkan lensa mata. Selain itu, wortel juga bisa untuk mengobati katarak.

Baca : [ Tips Menjaga Kesehatan Mata ]

Mempercepat Penyembuhan Luka

Sebagai bahan pangan yang kaya akan kandungan vitamin K, wortel dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Nah, sudah tahu kan ragam manfaat wortel untuk kesehatan tubuh. Jika ada sebagian orang yang kurang suka atau tidak suka makan wortel, tentunya akan rugi sendiri karena tidak mendapatkan ragam manfaat wortel untuk kesehatan tubuh.

Sumber Rujukan :

Ellis, Lioni, Super Plants For Super Health : Hidup Sehat dengan Memanfaatkan Tumbuhan Berkhasiat Obat di Indonesia, Metagraf, September 2017

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here