Cara Membuat Pewarna Makanan Alami

0
150
Gambar ilustrasi pixabay.com

Pewarna makanan menjadi salah satu bahan yang lazim digunakan dalam pembuatan makanan, terutama pada pembuatan beragam kue. Warna warni yang cerah pada makanan, menjadi salah satu unsur daya tarik dan mampu menggugah selera. Meski hanya sebagai pewarna, pemilihan bahan pewarna yang sehat perlu dipertimbangkan. Selektif dalam menggunakan bahan pewarna makanan menjadi penting, agar makanan yang dibuat juga menjadi makanan yang sehat dan aman dikonsumsi.

Pewarna makanan alami bisa menjadi salah satu pilihannya. Sebelum adanya pewarna makanan yang menggunakan bahan-bahan kimia – yang sebagian menggunakan bahan kimia berbahaya, orang-orang dahulu membuat pewarna makanan dengan bahan-bahan alami dari tanaman. Penggunaan pewarna alami pada kue misalnya, ternyata memiliki keunggulan rasa, yakni membuat rasa kue lebih legit.

Pewarna makanan bisa didapatkan dari beragam tanaman, misalnya warna hijau dari daun suji, warna biru dari bunga telang, warna kuning dari kunyit, warna hitam dari abu merang (batang padi kering), warna merah dari bit, atau warna-warna lainnya. Pada artikel ini, akan dibahas cara membuat pewarna makanan alami untuk warna hijau dan warna hitam.

Baca : [ Manfaat Wortel untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu ]

Membuat Pewarna Hijau Alami untuk Makanan

Anda bisa mendapatkan pewarna hijau alami untuk makanan dengan menggunakan bahan daun suji dan daun pandan. Siapkan 30 lembar daun suji dan 10 lembar daun pandan. Potong-potong kecil, lalu tambahkan 100 ml air, kemudian blender sampai halus.

Setelah halus, saring sambil menekan ampasnya sampai keluar sarinya. Sari dari daun suji dan daun pandan ini bisa digunakan dengan mengencerkannya sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menyimpannya di lemari es menggunakan wadah yang tertutup. Namun perlu diperhatikan, pewarna makanan alami dari daun suji dan pandan ini bisa digunakan tidak lebih dari satu minggu.

Membuat Pewarna Hitam Alami untuk Makanan

Pewarna hitam alami untuk makanan bisa diperoleh dari abu merang (batang padi kering). Siapkan 250 gram merang, bakar sampai kering dengan teknik pembakaran tidak sempurna atau tidak membakar habis. Abu yang dibutuhkan adalah abu yang berwarna hitam, jangan sampai membakarnya sampai menjadi abu berwarna putih. Setelah selesai, ayak abu yang berwarna hitam, kemudian simpan dalam wadah yang tertutup.

Jika ingin menggunakannya sebagai pewarna makanan, larutkan 2 sdm abu merang dicampur dengan 100 ml air. Gunakan sesuai kebutuhan dan jaga agar penyimpanannya tetap kering dan tertutup.

Baca : [ Tips Memilih Buah Jeruk Kualitas Baik dan Segar ]

Bahan membuat pewarna alami untuk makanan sebetulnya mudah didapatkan dan murah. Hanya saja, banyak orang yang tidak mau repot membuatnya, sehingga lebih memilih bahan pewarna makanan sintetis yang cenderung tidak aman bagi tubuh.

Sumber Rujukan :

Nimpuno, Diah, Nostalgia Kue Tenong, PT Gramedia Pustaka Utama, 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here