Kandungan Gizi Sorgum Bisa Mengobati Ragam Penyakit

0
238
Gambar ilustrasi pixabay.com

Apakah Anda pernah mengonsumsi makanan berbahan sorgum? Sorgum atau yang di Jawa dikenal dengan nama Cantel, merupakan tanaman yang termasuk dalam suku Gramineae. Tanaman sorgum memiliki tinggi batang sampai dengan 6 meter, perbungaannya berupa malai (untaian), dan buah atau bijinya berupa butir yang bulat atau hampir bulat dengan ukuran lebih kecil dari biji jagung.

Sorgum dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pangan sumber karbohidrat yang bisa menggantikan beras. Sebagai bahan pangan, sorgum memiliki kandungan senyawa utama berupa karbohidrat dan serat. Serat yang terkandung di dalam sorgum sangat baik untuk membantu proses pencernaan. Serat melindungi organ pencernaan dari asam yang disekresikan saluran cerna, terutama pada lambung.

Sorgum juga memiliki kandungan mineral kalsium, magnesium, zat besi dan vitamin B1. Selain sebagai bahan pangan, kandungan gizi di dalam sorgum ternyata memiliki manfaat untuk mengobati beragam penyakit.

Mencegah Kanker

Sorgum memiliki kandungan mineral dan vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan, sehingga mampu mencegah terbentuknya sel kanker. Selain mineral dan vitaminnya, kandungan serat dalam sorgum juga dapat meningkatkan sistem imun bagi tubuh. Sistem imun yang baik akan membantu membunuh sel kanker.

Baca : [ Buah Kenari, “Makanan Dewa” yang Miliki Ragam Manfaat ]

Mengobati Diabetes

Bagi penderita diabetes, sorgum merupakan salah satu bahan pangan yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan mineral dan kalsium di dalam sorgum mampu meningkatkan kadar insulin di dalam darah. Insulin sangat dibutuhkan untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Salah satu kandungan mineral di dalam sorgum yang baik bagi tubuh adalah zat besi. Zat besi dapat membantu menambah pembentukan sel darah merah, sehingga memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh.

Mencegah Osteoporosis

Kandungan mineral kalsium yang terdapat di dalam sorgum dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu, kalsium juga membantu meningkatkan pertumbuhan gigi dan tulang pada anak.

Mengobati Celiac

Sorgum merupakan bahan pangan yang bebas gluten, sehingga bermanfaat dan aman bagi pengidap celiac. Celiac adalah penyakit khusus yang terjadi akibat alergi terhadap gluten (zat protein bertekstur lengket yang terdapat pada gandum). Mengonsumsi sorgum juga penting bagi anak pengidap autis yang alergi terhadap gluten.

Baca : [ Cara Membuat Pewarna Makanan Alami ]

Sebagai salah satu bahan pangan yang bisa menggantikan beras, sorgum sebetulnya bisa menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Sorgum memang kalah populer dengan beras, tapi kandungan gizinya tidak bisa disepelakan. Inovasi produk pangan berbahan sorgum akan membantu pemanfaatan yang lebih maksimal dari sorgum yang menjadi bagian dari keragaman hayati di Indonesia.

Sumber Rujukan :

Ellis, Lioni, Super Plants For Super Health : Hidup Sehat dengan Memanfaatkan Tumbuhan Berkhasiat Obat di Indonesia, Metagraf, September 2017

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here