Tanaman-Tanaman yang Bisa Tumbuh dengan Media Air

0
140
Gambar ilustrasi pixabay.com

Menghadirkan tanaman di dalam ruangan rumah bisa menjadi pilihan untuk memperindah ruangan dan memberikan kesan sejuk. Keberadaan tanaman di dalam ruangan, mampu menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuninya betah. Jenis-jenis tanaman yang digunakan pun beragam, ada yang menggunakan tanaman dengan mempertimbangkan warnanya; mempertimbangkan bentuknya; atau mempertimbangkan media tanam yang digunakan.

Salah satu pilihan yang banyak dilakukan adalah menggunakan tanaman yang bisa tumbuh dengan media tanam berupa air. Tanaman-tanaman yang bisa tumbuh dengan media air memiliki keunggulan dalam penanaman dan perawatannya. Salah satu keunggulannya adalah tanaman dan media tanam lebih bersih. Menggunakan media tanam air juga membuat Anda tidak perlu melakukan penyiraman pada tanaman.

Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman menggunakan media air, tanaman-tanaman berikut ini bisa Anda coba tanam.

Tanaman Mint

Tanaman Mint atau Mentha bisa menjadi salah satu pilihan tanaman dengan media air. Daun tanaman mint atau disebut daun mint biasanya dimanfaatkan sebagai campuran teh atau sebagai garnis dalam minuman dan makanan. Daun mint juga digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan pasta gigi dan permen.

Ada beragam jenis tanaman mint yang ada di dunia ini. Tapi yang paling populer dan banyak ditanam di Indonesia adalah peppermint atau Mentha piperita L. dan Spearmint atau Mentha spicata L. Selain ditanam di tanah, tanaman mint dapat tumbuh menggunakan media air.

Cara menanam tanaman mint juga cukup mudah dan praktis. Anda bisa menanam tanaman mint dengan cara stek batang dan langsung menggunakan media air. Perbanyakan secara vegetatif ini lebih banyak dipilih karena mudah dan tingkat keberhasilannya tinggi.

Baca : [ Ragam Tanaman Hias Ruangan Rumah ]

Sirih Gading

Sirih gading pada umumnya ditanam di pekarangan rumah dan merambat pada pohon. Daunnya berwarna hijau dengan belang warna kuning yang cerah. Warna inilah yang membuat tanaman sirih gading banyak dipilih sebagai hiasan dalam ruangan rumah.

Meski umumnya ditanam di tanah dan merambat, sirih gading mampu bertahan hidup dengan media air. Anda bisa memotong batang sirih gading dan menanamnya menggunakan media air di dalam toples atau wadah lainnya. Akarnya akan tumbuh dengan baik dan Anda bisa mengatur peletakannya menyesuaikan dengan warna cat ruangan rumah Anda.

Coleus

Tanaman coleus memiliki warna-warna yang cerah seperti merah, ungu, kuning, hijau dan warna-warna lainnya. Tanaman coleus sudah dikenal lama sebagai salah satu tanaman hias, baik ditanam di pekarangan maupun dalam ruangan rumah. Warna-warna cerahnya memberikan kesan ceria dan mampu menarik perhatian orang.

Tanaman coleus bisa tumbuh baik dengan media air. Anda bisa memotong batang tanaman coleus dan langsung menanamnya pada media air. Ketika hendak menanam tanaman coleus dengan media air, Anda perlu memerhatikan pemilihan wadah dan posisi peletakannya. Warna-warna cerah yang dimiliki tanaman ini tentunya perlu dipadukan dengan kondisi ruangan atau barang-barang yang ada di sekitarnya.

Bambu Hoki

Tanaman bambu hoki (lucky bamboo) atau dikenal dengan sebutan bambu rejeki bisa dengan mudah Anda tanam menggunakan media air. Potongan batangnya bisa disusun atau dirangkai dengan beragam bentuk sesuai dengan keinginan Anda. Tanaman yang berasal dari Cina ini, juga dikenal sebagai tanaman pembawa rejeki, karena itu dinamakan bambu hoki.

Jika dibandingkan dengan tanaman menggunakan media air yang lain, tanaman bambu hoki adalah tanaman yang paling mudah direkayasa dalam penanamannya. Anda bisa meningkatkan nilai estetikanya jika tepat dalam memilih wadah dan membentuk atau merangkai batang-batang tanaman bambu hoki.

Baca : [ Syarat Tumbuh Tanaman Hias dalam Ruangan ]

Spider Plant

Tanaman spider plant memiliki ciri khas berupa bentuk daun yang menjuntai ke bagian bawah menyerupai kaki laba-laba. Gradasi warna pada daunnya memberikan kesan sejuk ketika dipandang. Selain banyak ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan atau taman rumah, tanaman spider plant juga cocok ditanam dalam ruangan.

Tanaman spider plant cocok ditanam menggunakan media air pada vas bunga. Anda bisa mencari atau membeli bibit tanaman spider plant dan pastikan memiliki perakaran yang bagus. Ketika menanam menggunakan media air, pastikan bagian akarnya masuk atau terendam di dalam air. Berbeda dengan tanaman lain yang perlu memasukkan bagian batangnya pada air, tanaman spider plant cukup bagian akarnya yang berada pada air.

Menanam tanaman menggunakan media air bisa dibilang mudah dan praktis. Namun Anda juga harus tetap memerhatikan perawatannya. Anda perlu mengganti airnya secara berkala, memberikan pupuk cair secukupnya dan melakukan pemangkasan tanaman. Selain itu, Anda juga harus meletakkan tanaman pada tempat yang memiliki cahaya matahari cukup. Dengan begitu tanaman bisa tetap tumbuh dan berkembang secara normal.

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here