Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Update Android

0
113
update android
Gambar ilustrasi pixabay.com

Melakukan update atau pembaruan smartphone android ke versi yang lebih baru secara OTA (On The Air) atau online memang sangat mudah. Anda hanya tinggal melakukan beberapa sentuhan di layar android milik Anda. Meski mudah, apabila tidak dipersiapkan dengan baik, mungkin saja terjadi kesalaan saat melakukan update. Contohnya koneksi terputus saat tengah melakukan update, baterai habis atau kondisi yang lainnya.

Agar proses update android dapat berjalan dengan lancar dan tidak merasa takut saat melakukanya. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah menyiapkan smartphone android terlebih dahulu dengan cara berikut ini.

Menyalin Setiap Akun

Kadang kala, beberapa aplikasi akan meminta untuk melakukan login ulang karena telah terjadi update pada sistem operasi android. Nah, untuk itu perlu melakukan pendataan ulang setiap aplikasi dan akun yang tersimpan pada layanan. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa setiap login yang aktif dan dipergunakan pada smartphone terdata dengan baik.

Sebagai contoh, informasi akun Google, layanan cloud storage, informasi akun apps dan lainnya yang memang dirasa perlu untuk dicatat dan disimpan. Akun-akun ini penting disimpan sebagai salah satu data untuk dipergunakaan saat melakukan disaster recovery pada smartphone android.

Baca: [ Panduan Memberikan Gadget atau Smartphone Kepada Anak ]

Membersihkan Data

Sebelum melakukan update, sebaiknya melakukan pembersihan terhadap sampah digital yang berada pada smartphone android. Kadang, banyak aplikasi yang telah terpasang akan tetapi sangat jarang dipergunakan, atau setelah nonton dan download video dari youtube lupa untuk menghapusnya. Oleh sebab itu, saat akan melakukan update android pastikan bahwa terdapat ruang kosong yang memadai.

Backup Data Penting

Lakukan hal ini paling tidak satu kali dalam satu bulan dan lakukan juga saat akan melakukan update sistem operasi android. Fungsi utama dari melakukan backup data adalah untuk mengamankan data penting. Selain itu bagi yang sangat narsis atau memiliki video dan foto yang tidak bisa untuk didapatkan atau diulang kembali momen, melakukan backup data merupakan keharusan.

Baca: [ 7 Langkah Mengamankan Data pada Smartphone Android ]

Mengisi Baterai

Biasanya, saat melakukan update konsumsi daya yang diperlukan relatif lebih besar karena seluruh proses harus berjalan dengan optimal. Mengisi baterai juga penting dilakukan supaya tidak terjadi eror jika tiba-tiba mati pada saat melakukan update android karena baterai drop. Oleh sebab itu, pastikan smartphone dalam keadaan mengisi saat melakukan update.

Update Apps

Sebelum melakukan update android, jangan lupa untuk melakukan update pada setiap apps yang terpasang pada android. Mungkin saja aplikasi yang biasanya normal bisa menjadi eror setelah selesai melakukan update. Melakukan update apps sangatlah penting, karena biasanya berisikan apps keamanan dan fitur baru.

Persiapan sebelum update android telah selesai dilakukan, sekarang tiba waktunya melakukan update sistem operasi android tanpa khawatir lagi. Jangan menganggap sepele hal-hal tersebut. Mencegah tentu saja lebih baik daripada menyesal setelah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. [Agus Triwanto]

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here