Syarat Media Tanam yang Baik untuk Menanam Sayur

0
165
media tanam sayur
Gambar ilustrasi pixabay.com

Media tanam memiliki peranan yang penting dan menentukan berhasil atau tidaknya kegiatan bercocok tanam. Ketersediaan beragam bahan media tanam, memberikan keleluasaan untuk memilih media tanam yang baik. Setiap media tanam memiliki sifat dan karakteristiknya masing-masing, karena itu pemilihan media tanam juga harus mempertimbangkan kesesuaiannya dengan jenis tanaman yang hendak ditanam.

Media tanam untuk menanam tanaman sayur, sifat dan karakteristik media tanamnya akan berbeda dengan media tanam untuk menanam jenis tanaman buah. Tanaman buah membutuhkan media tanam yang solid dan mampu menopang pertumbuhan akar dan batang tanamannya. Sementara tanaman sayur lebih membutuhkan media tanam yang gembur dan memiliki drainase yang baik.

Ketika hendak menanam sayuran, masyarakat umumnya lebih memilih jenis sayur yang mudah ditanam dan cepat panen. Artinya jenis-jenis sayuran yang tidak membutuhkan perawatan sulit dan memiliki periode masa tanam yang pendek. Oleh karena itu, media tanam yang baik untuk menanam sayuran harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

Baca: [ Mengenal Media Tanam Organik Selain Tanah ]

Memiliki Unsur Hara yang Cukup

Setiap media tanam harus memiliki kandungan unsur hara yang cukup untuk tanaman, baik unsur hara makro maupun mikro. Hal ini merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi, karena unsur hara memiliki pengaruh yang penting terhadap pertumbuhan tanaman. Unsur hara bisa didapatkan secara alami dari aktivtas mikroorganisme di dalam media tanam. Selain itu, unsur hara juga bisa didapatkan dari pupuk, terutama pupuk organik.

Menyediakan Ruang Tumbuh Akar dan Menopang Tanaman

Dalam pemilihan media tanam, Anda harus mempertimbangkan bahwa media tanam yang dipilih mampu menyediakan ruang tumbuh bagi akar tanaman dan mampu menopang tanaman. Media tanam yang gembur menjadi pilihannya, media tanam ini mudah ditembus akar dan memudahkan pertumbuhan akar tanaman. Meskipun gembur, media tanam tetap harus memiliki daya ikat terhadap akar dan mampu menopang batang tanaman.

Memiliki Porositas yang Baik

Media tanam yang baik harus memiliki sifat mampu menyerap atau mengikat air dengan baik dan menyebarkannya secara merata. Sifat media tanam yang seperti ini dibutuhkan untuk menjaga kelembapan akar tanaman dan membantu tanaman menyerap nutrisi secara baik. Tidak semua media tanam memiliki sifat yang seperti ini. Agar bisa mendapatkan media tanam dengan sifat yang seperti ini, Anda bisa menggunakan campuran arang sekam saat proses penyiapan media tanam.

Baca: [ Manfaatkan Arang Sekam untuk Perbaiki Sifat Tanah ]

Bebas dari Hama dan Penyakit

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih media tanam adalah memastikan media tanam tersebut bebas dari hama dan bibit penyakit. Keberadaan hama dan bibit penyakit di dalam media tanam tentu saja akan sangat menganggu pertumbuhan tanaman, bahkan bisa mengakibatkan busuk dan kematian tanaman. Bebas dari hama dan penyakit, bukan berarti media tanam bersifat steril dari semua jenis mikroorganisme. Di dalam media tanam, banyak juga terdapat mikroorganisme yang baik dan bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

Pemilihan media tanam yang baik untuk menanam sayuran menjadi penentu keberhasilan dalam bercocok tanam. Oleh karena itu, memperhatikan syarat-syarat media tanam yang baik menjadi salah satu kuncinya. Sebagai contoh pembuatan media tanam yang baik untuk menanam sayuran, Anda bisa membuat media tanam dengan menggunakan campuran tanah, pupuk kompos dan arang sekam. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan media tanam yang terbuat dari tanah dan bokashi.

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here