Cara Menghemat Kuota Data pada Smartphone Android

0
147
cara hemat kuota

Paket data unlimited di Indonesia hampir tidak ada, kalaupun ada pasti dengan harga yang mahal dan menerapkan aturan FUP ( Fair User Policy ). Kecepatan akses pada paket data seperti ini juga belum tentu sama sebelum kuota habis. Oleh sebab itu, banyak saat ini para pengguna smartphone android memakai paket kuota dari operator seluler.

Tantangan dengan menggunakan paket kuota adalah cepat habis. Apalagi bagi pengguna yang suka menggunakan aplikasi yang banyak menghabiskan kuota. Jika tidak ingin kehabisan kuota data pada android karena penggunaan yang berlebihan, berikut ini tips hemat kuota data pada android yang bisa dicoba.

Menggunakan Chrome Compress Pages

Menggunakan Chrome Compress Pages untuk melakukan akses di android dapat melakukan penghematan akses data 30-35 persen. Chrome Compress Pages sama dengan Data Saver pada bagian settings. Cara aplikasi ini bekerja adalah dengan memadatkan paket sebelum ditampilkan pada browser.

Menggunakan Data Saver akan terasa sedikit lambat, akan tetapi akan cepat terbiasa dengan hal ini dan yang pasti akan menambah umur kuota data pada android. Cara melakukan pengaturannyacukup sederhana. Jalankan Chrome, buka settings dengan ikon 3 titik pada bagian kanan layar. Chrome > Settings > Data Saver.

Baca: [ Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Update Android ]

Facebook Apps

Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan dan dibuka oleh pengguna android pada umumnya. Facebook apps sendiri merupakan salah satu penyumbang terbesar apps yang menghabiskan kuota data di android. Agar bisa menghemat kuota data saat melakukan akses Facebook pergunakan saja apps pihak ketiga seperti seismic dan lainnya.

Membatasi Akses Data di Background

Cara paling mudah untuk hemat kuota data di android adalah dengan tidak memperbolehkan semua apps di android melakukan update atau akses ke server apps pada background. Artinya dapat Anda kontrol untuk tidak melakukan update dengan otomatis. Cara menonaktifkan fitur ini dapat dilakukan melalui:

  • Settings > Data Usage > Restricted Background Data. Pengaturan secara global.
  • Settings > Apps. Pengaturan secara individual.
  • Settings > Accounts > Google > Select Account. Pengaturan khusus akun Google yang tidak ingin secara otomatis melakukan sinkronisasi.

Baca: [ 7 Langkah Mengamankan Data pada Smartphone Android ]

Disable Auto Update Apps

Salah satu penyedot kuota data di android adalah update dari Google Play. Apabila pengaturan di google play menggunakan otomatis update dari berbagai sumber koneksi data, hal ini dapat menghabiskan kuota data dengan cepat. Ubah pengaturan hanya melakukan update saat koneksi data menggunakan wi-fi melalui Settings > Auto-update Apps > Auto-update apps over Wi-Fi only.

Semoga langkah hemat kuota data di android ini dapat membantu Anda untuk mengurangi konsumsi kuota data yang belum diketahui sebelumnya. [Agus Triwanto]

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here