Membedakan Cupang Hias dan Cupang Adu Plus Jenis Kelaminnya

0
93
beda cupang hias dan cupang adu
Gambar ilustrasi pixabay.com

Bagi para penggemar ikan cupang, membedakan cupang hias dan cupang adu mungkin sudah menjadi hal yang sangat mudah. Berbeda dengan pemula yang membutuhkan ketelitian dan pengamatan yang lebih lama untuk membedakannya. Apalagi jika dilihat secara sekilas, cupang hias dan cupang adu memang memiliki banyak kesamaan baik secara bentuk fisik maupun warnanya.

Ikan cupang (Betta sp.) merupakan ikan air tawar yang habitat aslinya di beberapa negara di Asia Tenggara. Ikan cupang hidup di wilayah negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam dan Brunei Darussalam. Indonesia sendiri memiliki spesies ikan cupang asli, yakni ikan cupang kepala-ular (Betta Channoides) atau yang populer disebut dengan nama Snakehead Betta. Habitat asli ikan cupang kepala-ular adalah di Sungai Mahakam, dekat wilayah Pampang, Kalimantan Timur.[1]

Ikan cupang sebenarnya memiliki kelompok spesiesnya masing-masing yang membedakan antara ikan cupang satu dan lainnya. Misalnya, ikan cupang bisa dibedakan dari caranya berkembang biak. Ada ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut, ada juga ikan cupang yang membangun sarangnya dengan busa. Namun di pasaran dan di kalangan penggemar, ikan cupang tidak dibedakan berdasarkan spesiesnya. Ikan cupang umumnya hanya dibagi dalam tiga kelompok, yakni cupang hias, cupang adu dan cupang liar.

Jika Anda adalah pehobi pemula ikan cupang, tentunya Anda harus banyak belajar agar bisa memilih jenis ikan cupang yang terbaik. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mengetahui perbedaan cupang hias dan cupang adu, serta cara membedakan jenis kelamin ikan cupang.

Baca: [ Tahukah Anda Perbedaan Aquascape dan Akuarium? ]

Ciri-Ciri Cupang Hias

Cupang hias, sesuai dengan namanya jenis ikan cupang ini lebih banyak digemari karena keindahan bentuk dan warnanya sebagai ciri utamanya. Selain itu, gerak atau perilaku cupang hias juga memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan cupang adu. Ciri-ciri cupang hias adalah sebagai berikut:

  • Cupang hias memiliki bentuk sirip dan ekor yang menjumbai atau menggantung ke bawah cukup panjang.
  • Ciri lainnya, cupang hias memiliki warna yang terang dan atraktif. Warna-warna ini menjadi daya tarik yang khas dari cupang hias.
  • Gerak dan perilaku cupang hias terlihat lebih tenang dan anggun. Memiliki kebiasaan mengibaskan siripnya yang seolah sedang menunjukkan pesonanya.
  • Sirip dan ekornya akan terkembang sempurna dan menunjukkan bentuk yang khas ketika melihat musuh atau ikan cupang lain.

Ciri-Ciri Cupang Adu

Cupang adu umumnya digemari karena kemampuannya ketika bertarung atau diadu. Perbedaannya dengan cupang hias adalah sebagai berikut:

  • Cupang adu memiliki bentuk fisik yang terlihat lebih kokoh. Ciri ini bisa diamati dari bentuk badan ikan yang memiliki besar dan tebal yang sama, hanya bagian ujung ekornya yang terlihat mengecil.
  • Cupang adu bergerak secara agresif, bisa diamati ketika merespon gerakan-gerakan di sekitarnya.
  • Ketika berhadapan dengan musuh, sirip-siripnya akan mengembang penuh.
  • Ciri lain yang paling membedakan cupang adu dengan cupang hias adalah bagian bibir bawahnya dilihat dari atas akan nampak bintik-bintik mencirikan gigi yang runcing.[2]

Baca: [ Cara Merawat Aquascape Air Tawar ]

Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang

Ada beragam cara untuk mengetahui jenis kelamin ikan cupang. Mulai dari melihat ciri-ciri fisiknya dan pengamatan pada gerak atau perilakunya. Namun pada artikel ini, penulis hanya akan berbagi tips membedakan jenis kelamin ikan cupang dengan cara terbaik, yakni dengan melihat lubang telur atau ovipositor pada ikan cupang betina.

Ikan cubang betina memiliki lubang telur yang terletak pada bagian bawah tubuhnya, yakni di tepi sirip perut di dekat kepala ikan. Jika dilihat, lubang telur ini mirip sebutir garam. Lubang telur ini sulit dilihat ketika ikan cupang masih berusia muda, tapi akan terlihat jelas pada ikan cupang betina yang sudah dewasa. Cara ini adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk membedakan jenis kelamin ikan cupang, karena lubang telur atau ovipositor hanya dimiliki oleh ikan cupang betina.

Sumber rujukan:

[1] Betta Channoides, wikipedia.org, diakses pada 31 Oktober 2019.

[2] Perbedaan cupang hias dan cupang adu, alamtani.com, diakses pada 31 Oktober 2019.

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here