Bisnis Sampingan: Memulai Bisnis Berbasis Peluang

0
95
bisnis sampingan
Gambar ilustrasi pixabay.com

Memiliki bisnis sampingan? Kenapa tidak? Bagi Anda yang sudah memiliki niat untuk memulai bisnis sampingan, jangan pernah mengundurkan niat tersebut. Bisnis sampingan mungkin terlihat sepele, karena sifatnya yang sambilan alias bukan menjadi bisnis atau penghasilan yang utama. Tapi jangan salah, bisnis sampingan jika digeluti dengan serius tetap bisa memberikan penghasilan yang besar.

Sebagian orang memulai bisnis sampingan karena memiliki sebuah hobi atau kegemaran terhadap sesuatu. Alasan lainnya, karena memiliki waktu luang dan ingin memanfaatkannya untuk menambah penghasilan. Namun, ada juga orang yang memulai bisnis sampingan karena faktor kebutuhan ekonomi yang belum tercukupi dari penghasilan utamanya. Apa pun alasannya, sebelum memulai bisnis sampingan Anda tetap harus membuat perencanaan bisnis yang baik. Dengan perencanaan yang baik, bisnis sampingan bisa berkembang dan memberikan keuntungan secara finansial.

Salah satu bagian penting dalam perencanaan bisnis sampingan adalah menentukan jenis bisnis atau usaha yang akan dimulai. Anda bisa menentukan jenis bisnis berbasis hobi, atau berbasis pada kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki. Hal ini tentu saja akan lebih memudahkan untuk memulainya, karena Anda sudah memiliki bekal pengetahuan awal tentang bisnis yang akan Anda jalankan. Selain berbasis hobi atau keterampilan, berikut ini bisnis sampingan berbasis peluang yang bisa Anda coba.

Membuat Buket Bunga dari Kertas atau Kain

Buket bunga acap menjadi pilihan bagi seseorang untuk memberikan hadiah kepada orang yang istimewa. Buket bunga biasanya diberikan pada momen-momen tertentu, seperti momen ulang tahun, wisuda, kenaikan pangkat atau momen spesial lainnya. Saat ini, tren memberikan buket bunga dengan menggunakan bunga asli sudah mulai bergeser pada penggunaan buket bunga berbahan kertas atau kain. Alasannya, buket bunga berbahan kertas atau kain bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah dan cenderung lebih awet jika dibandingkan dengan bunga asli.

Tren menggunakan buket bunga berbahan kertas atau kain menjadi peluang bisnis yang bisa Anda coba. Anda bisa memanfaatkan kain flanel atau menggunakan bahan kertas warna-warni sebagai bahan untuk membuatnya. Dalam membuat buket bunga berbahan kertas atau kain, Anda perlu belajar teknik dan keterampilan untuk membuatnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan dari kertas atau kain bekas yang ada di rumah. Dengan begitu bisnis buket bunga berbahan kertas atau kain bisa Anda mulai dengan modal yang minim.

Baca: [ Membaca Peluang Usaha Rumahan Bermodal Kecil ]

Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias saat ini tidak lagi hanya digunakan untuk kepentingan memperindah taman atau pekarangan rumah. Tanaman hias juga menjadi pilihan dalam desain ruangan, baik ruangan rumah maupun perkantoran. Kondisi ini menciptakan peluang baru dalam bisnis tanaman hias. Selain bisnis penjualan tanaman hias, saat ini berkembang bisnis penyewaan tanaman hias. Hotel, kantor perusahaan, bank dan kampus merupakan konsumen dalam bisnis penyewaan tanaman hias.

Semakin meningkatnya penjualan dan penyewaan tanaman hias, meningkatkan pula kebutuhan atas ketersediaan tanaman hias. Kondisi ini menjadi peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis tanaman hias. Anda bisa memulainya dengan budidaya tanaman hias untuk menyediakan stok tanaman hias yang dibutuhkan.

Budidaya tanaman hias bisa Anda lakukan pada waktu luang atau senggang di antara rutinitas pekerjaan. Jika budidaya tanaman hias yang Anda miliki berkembang, selanjutnya Anda bisa memilih masuk pada bisnis penjualan atau penyewaan tanaman hias.

Bisnis Kuliner Tradisional

Kuliner khas Indonesia atau kuliner tradisional saat ini mengalami peningkatan peminat yang signifikan. Hal ini bisa dilihat dari bermunculannya warung makan atau rumah makan yang menawarkan menu tradisional. Selain menu tradisional, desain tempat dan suasananya juga dibuat dengan tema tradisional.

Jika dilihat dari konsumennya, kuliner tradisional saat ini menjadi klangenan bagi masyarakat perkotaan dan kalangan masyarakat menengah ke atas. Mereka rela merogoh kocek dalam jumlah yang besar demi bisa menikmati sajian kuliner tradisional. Kondisi ini menjadi peluang untuk memulai bisnis sampingan kuliner tradisional.

Anda bisa memulainya dengan membuat beragam menu kuliner tradisional di rumah dan menawarkannya melalui media sosial. Selain melalui media sosial, Anda juga bisa bekerja sama dengan penyedia layanan belanja online atau layanan pengiriman barang yang saat ini banyak tersedia. Bisnis sampingan ini, bisa menyasar konsumen kalangan pegawai atau karyawan yang ingin menikmati kuliner tradisional, tapi tidak punya waktu untuk mendatangi rumah makan secara langsung.

Baca: [ Strategi Membangun Branding Produk ]

Menyediakan Kebutuhan Hidroponik

Hidroponik saat ini menjadi salah satu cara bercocok tanam bagi masyarakat perkotaan. Hidroponik dianggap sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan dan ketersediaan tanah sebagai media tanam utama. Kampanye gaya hidup sehat atau gaya hidup hijau yang dikenal dengan istilah “Green Living” menempatkan hidroponik sebagai salah satu pilihan untuk bercocok tanam di rumah. Hidroponik bisa menjadi sarana bagi masyarakat yang memilih menanam sayuran sendiri dalam upaya memastikan bahan pangan sehat.

Meningkatnya tren bercocok tanam dengan model hidroponik menciptakan peluang bisnis yang bisa Anda coba. Anda bisa menyediakan beragam kebutuhan hidroponik, seperti menyediakan media tanam, bibit tanaman, pupuk atau menyediakan peralatan pendukung sistem hidroponik. Anda bisa memasarkan produk kebutuhan hidroponik secara online melalui media sosial atau aplikasi penjualan online.

Bisnis Laundry

Jika rumah Anda dekat dengan kampus atau lingkungan perkantoran, usaha laundry menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda. Mahasiswa dan karyawan merupakan pasar yang potensial sebagai pengguna jasa laundry. Selain karena kesibukan yang kadang tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri, hasil layanan laundry yang membuat pakaian lebih bersih dan rapi juga menjadi pilihannya.

Usaha laundry bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mengedepankan layanan yang menarik bagi pelanggan. Selain mengutamakan hasil cucian yang memuaskan, Anda juga bisa memberikan layanan antar jemput bagi pelanggan yang tidak sempat datang sendiri ke tempat Anda.

Video pilihan

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here