Lima Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Sepatu

0
99
cara menghilangkan bau sepatu
Gambar ilustrasi pixabay.com

Mengenakan sepatu untuk menunjang aktivitas keseharian, sudah menjadi hal yang jamak. Bukan hanya karena kebutuhan dalam aktivitas bekerja, sepatu juga menjadi pilihan ketika ingin tampil keren di hadapan orang lain. Lantaran telah menjadi bagian dari gaya hidup, setiap orang biasanya memiliki sepatu favorit atau sepatu andalan yang paling sering dipakai.

Sering-sering menggunakan sepatu favorit harus dibarengi juga dengan sering merawatnya. Jika tidak dirawat dengan baik, sepatu favorit milik Anda mungkin saja akan cepat rusak. Selain rusak, masalah yang paling sering terjadi adalah sepatu menjadi berbau tidak sedap. Sepatu yang berbau tidak sedap tentu saja akan membuat Anda tidak nyaman dan merasa kurang percaya diri ketika mengenakannya.

Bau pada sepatu umumnya disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Meskipun sudah memakai kaus kaki untuk menyerap keringat, bau pada sepatu tetap bisa muncul. Selain rutin mengganti kaus kaki yang dipakai agar tidak membuat sepatu bau, berikut ini tips untuk menghilangkan bau sepatu yang bisa Anda coba.

Memanfaatkan Bubuk Kopi

Jika Anda adalah penggemar minuman kopi, tentunya Anda memiliki stok biji kopi atau bubuk kopi di rumah. Kopi memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau pada sepatu favorit yang sering digunakan.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan bubuk kopi sangat mudah. Anda bisa menaburkan bubuk kopi ke dalam sepatu secara langsung dan membiarkannya semalaman. Cara ini cukup praktis, namun biasanya akan membuat Anda repot karena harus membersihkan bubuk kopi dari dalam sepatu.

Cara lainnya, taburkan bubuk kopi ke dalam wadah yang kedap udara atau bisa menggunakan kantong plastik. Kemudian masukkan sepatu ke dalam wadah tersebut dan tutup sampai rapat, biarkan semalaman. Keesokan harinya, sepatu favorit Anda siap dipakai tanpa bau tak sedap.

Baca: [ Tips Hilangkan Noda Minyak pada Pakaian ]

Menggunakan Cairan Alkohol

Menggunakan cairan alkohol bisa menjadi salah satu solusi menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan cairan alkohol dengan air biasa, kemudian menyemprotkannya pada sepatu. Cairan alkohol yang Anda gunakan akan mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau tak sedap pada sepatu.

Ketika menyemprotkan cairan alkohol pada sepatu, semprot saja secukupnya jangan sampai sepatu menjadi terlalu basah. Jika Anda menyemprotkannya terlalu basah, bukannya menghilangkan bau tak sedap pada sepatu, tetapi Anda akan membuat sepatu menjadi lembap dan berpotensi menjadi bau lagi.

Memanfaatkan Koran Bekas

Jika Anda suka membaca koran, jangan buang koran bekasnya. Anda bisa memanfaatkan koran bekas untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Anda hanya perlu menyumpalkan koran bekas pada sepatu dan menaruhnya pada tempat yang kering semalaman. Kertas koran merupakan bahan yang efektif untuk menyerap dan mengurangi kelembapan pada sepatu, sekaligus menghilangkan bau tak sedap.

Menggunakan Kulit Jeruk Nipis atau Lemon

Kulit jeruk nipis atau kulit lemon bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Kulit jeruk nipis atau kulit lemon memiliki kandungan minyak esensial dengan aroma yang khas. Anda hanya perlu menaruh beberapa potongan kulit jeruk nipis atau kulit lemon di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Kulit jeruk nipis atau kulit lemon tidak hanya akan menghilangkan bau pada sepatu, tetapi juga akan memberikan aroma yang segar.

Menggunakan Soda Kue

Soda kue umumnya digunakan sebagai bahan memasak atau bahan membuat kue. Selain itu, soda kue ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Anda hanya perlu menaburkannya pada sepatu sesaat sebelum sepatu dipakai. Jika baunya belum hilang, Anda bisa mengulanginya selama beberapa hari sampai bau tak sedap pada sepatu hilang.

Baca: [ Tips Menyimpan Buah yang Benar ]

Cara menghilangkan bau tak sedap pada sepatu ini bisa Anda coba sendiri di rumah. Anda bisa memilih menggunakan salah satu cara dengan menyesuaikan bahan yang Anda miliki. Namun jika cara-cara tersebut tetap tidak bisa menghilangkan bau tak sedap pada sepatu, itu artinya Anda harus mencuci sepatu sampai bersih dan memastikannya kering.

Video pilihan

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here