Alang-Alang, Tanaman Liar yang Miliki Manfaat Obat Sakit Ginjal

0
188
obat sakit ginjal
Gambar tanaman alang-alang diambil dari wikipedia.org.

Tanaman alang-alang atau yang juga disebut dengan nama ilalang atau lalang, selama ini dikenal sebagai tanaman pengganggu yang tumbuh liar di kebun atau pekarangan. Tanaman alang-alang dengan mudah bisa ditemukan di area lahan kosong yang tidak digarap. Lantaran perkembangbiakannya yang cepat, tanaman alang-alang menjadi salah satu tanaman yang kerap bikin jengkel karena sulit dihilangkan.

Tanaman alang-alang (Imperata Cylindrica) berkembangbiak dengan cepat menggunakan benih-benih dari bunganya yang tersebar terbawa angin. Bunga tanaman alang-alang berbentuk malai dengan warna putih dan halus seperti kapas. Selain dari benih yang terdapat pada bunganya, alang-alang juga berkembangbiak menggunakan rimpang tanamannya yang dengan mudah tumbuh dan berkembang pada tanah.

Meski dikenal sebagai tanaman liar dan penganggu, alang-alang memiliki ragam manfaat bagi kehidupan manusia. Daun tanaman alang-alang yang berbentuk seperti helaian pita panjang, bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan atap rumah atau gubuk. Manfaat lainnya, kandungan senyawa kimia yang terkandung pada tanaman alang-alang, seperti flavonoid, terpenoid, terpentin, glukosida, lipopolisakarida, lignin dan saponin bermanfaat untuk mengobati beragam penyakit.

Bagian tanaman alang-alang yang bisa dimanfaatkan sebagai obat meliputi bagian akar, rimpang atau umbi, batang dan daunnya. Akar tanaman alang-alang misalnya, bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati sakit ginjal. Cara memanfaatkannya adalah dengan menjadikannya sebagai minuman herbal.

Baca: [ Kandungan Gizi Sorgum Bisa Mengobati Ragam Penyakit ]

Mengobati Sakit Ginjal

Ginjal manusia memiliki fungsi yang sangat kompleks dan vital. Fungsi ini meliputi filtrasi, ekskresi, sekresi dan hormonal yang berlangsung secara simultan melalui mekanisme pengaturan sendiri (homeostasis). Jika ada masalah pada salah satu fungsi ginjal, artinya sedang terjadi masalah kesehatan yang serius pada tubuh manusia.

Salah satu masalah ginjal yang dialami manusia adalah munculnya batu ginjal atau yang lebih umum dikenal sebagai kencing batu. Batu ginjal menyebabkan keluhan dan gangguan saat buang air kecil. Bahkan batu ginjal dapat melukai dinding saluran kemih dan menyebabkan timbulnya bercak darah pada urine.

Selain berobat dan mendapatkan perawatan dari dokter, mengobati sakit ginjal bisa menggunakan minuman herbal dengan memanfaatkan akar tanaman alang-alang. Cara membuatnya adalah dengan merebus sekitar 120 gram akar alang-alang segar dengan 300 ml air. Rebus hingga matang dan menyisakan airnya hanya menjadi separuhnya. Setelah matang, air rebusan akar alang-alang kemudian disaring untuk memisahkan ampasnya. Minuman herbal ini bisa diminum secara rutin sampai sakit ginjal sembuh.

Baca: [ Buah Kenari, “Makanan Dewa” yang Miliki Ragam Manfaat ]

Manfaat Lain Alang-Alang

Selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minuman herbal untuk mengobati sakit ginjal. Tamaman alang-alang juga memiliki manfaat lain sebagai obat penurun demam dan mengobati mimisan.

Obat Penurun Demam

Umbi tanaman alang-alang bisa dimanfaatkan sebagai obat penurun demam. Cara memanfaatkannya adalah dengan merebus menggunakan air secukupnya hingga matang. Kemudian setelah matang, air rebusan tersebut disaring dan selanjutnya diminum.

Obat Mimisan

Akar tanaman alang-alang bisa dimanfaatkan untuk mengobati mimisan. Cara memanfaatkannya adalah dengan merebus 100 gram akar alang-alang dalam 200 ml air. Rebus selama 30 menit, kemudian saring air rebusannya sebelum diminum.

Sumber Rujukan :

Ellis, Lioni, Super Plants For Super Health : Hidup Sehat dengan Memanfaatkan Tumbuhan Berkhasiat Obat di Indonesia, Metagraf, September 2017

Video pilihan

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here