Cara Mudah Kompres PDF Sampai Ukuran 300 KB

0
155
kompress pdf
Gambar ilustrasi pixabay.com.

Kompres PDF atau mengecilkan ukuran berkas PDF, acap menjadi kebutuhan ketika hendak mengunggah sebuah berkas atau keperluan untuk mengirimkannya. Pihak penerima berkas biasanya akan memberikan ketentuan ukuran berkas yang harus diunggah atau dikirimkan. Contohnya dokumen-dokumen yang harus diunggah oleh pelamar pada Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) 2019. Ukuran berkas yang harus diunggah memiliki ketentuan ukuran berkisar antara 300 KB sampai dengan 800 KB.

Syarat dokumen scan ijazah asli dan scan STR asli untuk pelamar jabatan tenaga kesehatan atau sertifikasi Pendidik untuk tenaga pendidikan, jenis berkasnya menggunakan PDF dengan ukuran maksimal 800 KB. Sementara untuk syarat dokumen surat lamaran, jenis berkasnya menggunakan PDF dengan ukuran maksimal 300 KB. Masing-masing dokumen memiliki ketentuan maksimal ukuran berkas yang berbeda-beda.

Melakukan kompres PDF atau mengecilkan ukuran berkas PDF dari berkas aslinya yang umumnya berukuran besar sebetulnya mudah. Anda bahkan bisa melakukannya secara online tanpa harus memasang sebuah aplikasi atau menggunakan perangkat lunak untuk penyuntingan dokumen.

Baca: [ Apa Itu QR Code dan Bagaimana Cara Membuatnya? ]

Anda bisa melakukannya secara online dengan menggunakan layanan dari Smallpdf, sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu melakukan kompres berkas PDF. Berikut cara yang bisa Anda coba:

  • Kunjungi website Smallpdf di smallpdf.com;
  • pada halaman utama website, pilih menu Compress PDF;
  • setelah masuk pada halaman berikutnya, silakan pilih berkas PDF dari komputer yang ingin Anda kecilkan ukurannya melalui menu Choose File, atau bisa menggunakan cara seret dan letakkan (drag and drop) pada kolom yang tersedia;
  • tunggu sampai proses mengunggah berkas selesai;
  • Anda bisa memilih Basic Compression yang gratis dan mampu melakukan kompres berkas PDF hingga 75 persen, atau memilih pilihan Strong Compression yang berbayar;
  • pengalaman penulis, menggunakan Basic Compression untuk melakukan kompres berkas PDF dengan ukuran 1 MB bisa dikompres menjadi 227 KB atau dikompres sebesar 77 persen;
  • jika sudah memilih salah satu, lanjutkan dengan klik CHOOSE OPTION;
  • tunggu sampai proses kompres selesai dan akan muncul pilihan untuk unduh atau download;
  • silakan klik Download untuk mengunduhnya;
  • periksa berkas unduhan di komputer Anda untuk melihat berkas PDF yang sudah dikompres.

Baca: [ Cara Menghemat Kuota Data pada Smartphone Android ]

Mudah kan cara kompres PDF? Anda bisa melakukan kompres PDF tanpa harus menggunakan aplikasi atau perangkat lunak penyunting berkas PDF. Selamat mencoba.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here