Membuat Rencana Perjalanan Wisata (Itinerary)

0
212
rencana perjalanan wisata
Gambar ilustrasi pixabay.com.

Membuat itinerary atau rencana perjalanan untuk kegiatan wisata merupakan hal yang penting dilakukan sebelum memulai sebuah perjalanan wisata. Sebagai sebuah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang ke tempat yang berbeda dengan daerah asalnya-untuk menikmati objek dan daya tarik wisata dalam waktu yang sementara-perjalanan wisata harus direncanakan secara baik. Jika tidak, perjalanan wisata bisa menjadi berantakan dan keinginan dari perjalanan wisata yang dilakukan tidak tercapai.

Rencana perjalanan menjadi mutlak atau harus dibuat, jika wisatawan tidak menggunakan jasa agen atau biro perjalanan yang umumnya sudah mengatur segala hal kebutuhan selama berwisata. Menyusun rencana perjalanan wisata sama dengan membuat panduan bagi diri sendiri. Sehingga lancar atau tidaknya sebuah perjalanan bergantung pada panduan awal yang dibuat.

Rencana perjalanan wisata bisa dibuat ketika sudah menentukan tujuan atau destinasi yang akan dikunjungi selama melakukan perjalanan wisata. Menentukan destinasi wisata di awal menjadi penting karena akan berkaitan dengan beragam hal yang menjadi kebutuhan. Bagi Anda yang sudah menentukan destinasi wisata, Anda bisa memulai membuat rencana perjalanan wisata dengan tips berikut ini.

Tentukan Waktu Perjalanan

Anda bisa memulai membuat rencana perjalanan wisata dengan menentukan waktu perjalanan atau lamanya perjalanan wisata yang akan dilakukan. Anda bisa menyesuaikannya dengan hari libur kerja, hari libur sekolah anak, atau hari libur anggota keluarga yang lain jika bepergian bersama keluarga. Lamanya perjalanan yang akan dilakukan terhitung dari waktu keberangkatan sampai waktu kepulangan.

Agar lebih mudah menentukan waktu perjalanan, Anda bisa memeriksa ketersediaan tiket moda transportasi yang akan digunakan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda memiliki waktu yang lebih fleksibel dalam menentukan waktu perjalanan. Namun, waktu perjalanan tetap harus ditentukan di awal agar perjalanan wisata yang dilakukan bisa efisien dan sesuai keinginan.

Baca: [ Mau Liburan ke Hong Kong? Hal-Hal Ini Perlu Kamu Tahu ]

Menyusun Daftar Tempat-Tempat yang Akan Dikunjungi

Selama melakukan perjalanan wisata, ada tempat-tempat lain yang mungkin akan Anda kunjungi selain destinasi atau tempat wisata yang menjadi tujuan utama. Tempat-tempat tersebut meliputi objek wisata alternatif yang bisa menjadi pilihan kedua, tempat kuliner, tempat membeli oleh-oleh, atau tempat lainnya yang ada di sekitar destinasi wisata utama.

Susunlah daftar tempat tujuan wisata utama dengan tempat-tempat lainnya, lengkap dengan informasi jam operasional, harga tiket atau biaya yang dibutuhkan, dan jarak dari satu tempat dengan tempat lainnya. Daftar tempat-tempat yang akan dikunjungi harus disesuaikan dengan waktu perjalanan yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa mengatur lama berkunjung di satu tempat dan tempat lainnya.

Melakukan Pemesanan Hotel atau Penginapan

Hotel atau penginapan menjadi akomodasi penting yang perlu masuk dalam penyusunan rencana perjalanan wisata. Pilihlah penginapan yang dekat dengan destinasi wisata yang akan Anda kunjungi. Anda bisa memesannya secara online jauh-jauh hari sebelum memulai perjalanan.

Selain pertimbangan jarak dengan destinasi wisata, Anda juga perlu mempertimbangkan fasilitas yang dimiliki oleh penginapan dan harganya. Carilah referensi informasi terkait penginapan yang akan Anda pesan. Jangan sampai salah memilih penginapan dan berdampak pada ketidaknyamanan selama Anda tinggal.

Baca: [ Inilah Standar Baterai dan Powerbank yang Boleh Dibawa ke Dalam Pesawat ]

Melengkapi Informasi Pendukung Perjalanan

Dalam menyusun rencana perjalanan wisata, Anda juga perlu mengumpulkan informasi pendukung perjalanan. Informasi tersebut meliputi: informasi jenis angkutan atau moda transportasi yang bisa digunakan selama di lokasi tujuan wisata (jika menggunakan transportasi umum); biaya atau harga yang menyangkut fasilitas perjalanan; peraturan yang menyangkut dokumen perjalanan; fasilitas kesehatan; iklim atau cuaca; tempat hiburan; rute perjalanan; mata uang yang digunakan (jika perjalanan ke negara luar); dan paket wisata yang disediakan oleh masing-masing tempat wisata yang akan Anda kunjungi.

Selanjutnya, Anda bisa menghitung kebutuhan biaya selama melakukan perjalanan wisata. Ada baiknya Anda melebihkan anggaran yang disediakan untuk melakukan perjalanan wisata. Hal ini sebagai bentuk antisipasi jika ada kebutuhan atau hal-hal lain yang terjadi di luar rencana.

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here