Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Aquascape

0
562
tanaman aquascape
Java moss. Gambar diambil dari aquascapepaludarium.com.

Tanaman air merupakan salah satu unsur penting dalam desain ekosistem aquascape. Pemilihan jenis tanaman pada aquascape mengikuti kebutuhan berdasarkan tema atau desain ekosistem yang dibuat. Selain keberadaan substrat dan unsur hardscape seperti batuan, kayu, kerikil atau lainnya, tanaman aquascape menjadi kunci dalam menampilkan tema ekosistem dalam aquascape.

Ada beragam jenis tanaman yang umum digunakan oleh para pehobi aquascape. Tanaman aquascape bisa dikategorikan berdasarkan penempatannya atau penanamannya di dalam aquascape. Bisa juga dikategorikan berdasarkan kebutuhan asupan cahaya untuk tumbuh.

Tanaman aquascape berdasarkan penempatannya: ada jenis tanaman yang dipilih sebagai tanaman background (tanaman yang ditanam pada bagian belakang); ada jenis tanaman yang dipilih sebagai tanaman middle ground (tanaman yang ditanam pada bagian tengah); dan ada jenis tanaman foreground (tanaman yang ditanam pada bagian depan). Sementara berdasarkan kebutuhan cahayanya: ada jenis tanaman yang membutuhkan sedikit cahaya; ada tanaman yang membutuhkan cahaya sedang; dan ada tanaman yang membutuhkan lebih banyak asupan cahaya.

Dari beragam jenis tanaman yang digunakan di dalam aquascape, berikut ini jenis-jenis tanaman aquascape yang populer di kalangan pehobi aquascape.

Anubias

tanaman aquascape
Anubias. Gambar diambil dari aquaticarts.com.

Anubias adalah jenis tanaman air dan semi-akuatik yang masuk dalam keluarga Araceae. Tanaman anubias berasal dari daerah tropis Afrika Barat dan Afrika Tengah. Anubias banyak tumbuh di sungai dan rawa-rawa dengan ciri daun berwarna hijau gelap, lebar, tipis dan memiliki berbagai bentuk. Ciri khas dari daun tanaman anubias inilah yang membuatnya disukai oleh para pehobi aquascape.

Anubias merupakan salah satu jenis tanaman aquascape yang mudah dalam perawatannya. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang membutuhkan sedikit cahaya. Para pehobi aquascape umumnya menanam anubias dengan cara menempelkan akar tanamannya pada batu atau kayu. Akar tanaman anubias bisa ditempelkan pada batu atau kayu menggunakan lem atau diikat dengan menggunakan benang.

Ada beragam jenis tanaman anubias yang dibedakan berdasarkan anatomi tanamannya. Jenis tanaman anubias yang populer digunakan oleh para pehobi aquascape adalah jenis Anubias barteri dan Anubias barteri var. nana. Tanaman anubias ada yang dijual dengan harga berdasarkan pada jumlah helai daunnya, dan ada yang dijual berdasarkan jenis tanamannya.

Baca: [ Cara Merawat Aquascape Air Tawar ]

HC Cuba

tanaman aquascape
Hemianthus callitrichoides. Gambar diambil dari amazon.com.

Hemianthus callitrichoides menjadi salah satu tanaman air yang digemari para pehobi aquascape. Tanaman ini populer dikenal dengan sebutan HC Cuba lantaran berasal dari Kuba. HC Cuba bisa menjadi salah satu pilihan jenis tanaman karpet atau tanaman foreground pada aquascape. Tanaman ini tumbuh lebat dan rendah dengan daun yang berukuran kecil.

HC Cuba termasuk jenis tanaman yang membutuhkan asupan cahaya dan CO2 yang relatif tinggi untuk pertumbuhannya. Menanam HC Cuba di dalam aquascape akan memberikan kesan seperti hamparan padang rumput. HC Cuba cocok digunakan untuk aquascape dengan tema Iwagumi.

Amazon Sword

tanaman aquascape
Amazon sword. Gambar diambil dari builder.id.

Amazon sword merupakan nama populer yang digunakan untuk menyebut tanaman yang memiliki nama latin Echinodorus grisebachii. Sesuai dengan namanya Amazon sword atau pedang Amazon, tanaman ini memiliki ciri khas berupa bentuk daun yang menyerupai pedang. Lantaran bentuk daun seperti pedang yang lebar dan panjang inilah, Amazon sword sering digunakan sebagai pilihan jenis tanaman untuk background dalam aquascape.

Amazon sword termasuk jenis tanaman yang mudah dalam perawatannya. Tanaman air ini tumbuh baik pada suhu berkisar antara 22-28 derajat celcius. Amazon sword membutuhkan asupan cahaya yang sedang. Amazon sword bisa ditanam dengan menggunakan substrat atau media tanam berupa kerikil atau pasir Malang yang umum digunakan dalam aquascape.

Baca: [ Cara Menanam Carpet Seed untuk Aquascape ]

Java Moss

tanaman aquascape
Java moss. Gambar diambil dari aquascapepaludarium.com.

Java moss menjadi salah satu jenis moss yang paling umum tersedia dan paling banyak digunakan oleh para pehobi aquascape di Indonesia. Java moss yang memiliki nama latin Taxiphyllum barbieri adalah jenis lumut yang pertumbuhannya terbilang lambat, tetapi mudah dalam perawatannya. Seperti jenis tanaman moss lainnya, Java moss biasa digunakan dalam aquascape dengan menanamnya pada batu atau kayu.

Java moss memberikan kesan alami dari desain ekosistem aquascape ketika ditanam dengan menempelkannya pada batu atau kayu. Java moss juga bisa digunakan untuk menyerupai daun yang digunakan pada bonsai di dalam aquascape. Java moss terbilang aman digunakan oleh pemula karena tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Java moss bisa tumbuh dengan CO2 yang rendah dan termasuk tanaman yang membutuhkan sedikit cahaya.

Lilaeopsis

tanaman aquascape
Lilaeopsis brasiliensis. Gambar daimbil dari aquascapinglove.com.

Lilaeopsis brasiliensis lebih populer dikenal dengan sebutan carpet grass. Tanaman ini bisa menjadi salah satu pilihan jenis tanaman karpet yang digunakan sebagai foreground dalam aquascape. Lilaeopsis berbentuk mirip seperti rumput ilalang pada tanaman darat dengan tinggi sekitar 5 cm. Lantaran bentuknya mirip rumput inilah yang menjadikan lilaeopsis populer digunakan oleh para pehobi aquascape.

Lilaeopsis termasuk jenis tanaman yang mudah dalam perawatannya. Hanya membutuhkan pemangkasan yang rutin agar tetap rapi dan pertumbuhannya tidak mengganggu tanaman lain di dalam aquascape. Ketika menanam lilaeopsis, memerhatikan pencahayaan menjadi cukup penting. Dengan pencahayaan yang terang, tanaman ini akan tumbuh pendek. Sebaliknya, dengan pencahayaan yang rendah, tanaman ini akan tumbuh tinggi.

Baca: [ Cara Mengendalikan Hama Siput pada Aquascape ]

Sebelum menentukan jenis tanaman yang akan digunakan di dalam aquascape, ada baiknya untuk mempelajari seluk-beluk tanaman tersebut. Dengan begitu bisa menentukan jenis tanaman yang paling tepat untuk desain ekosistem aquascape yang dibuat.

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here