Cara Tradisional Mengobati Mabuk Makan Durian

0
251
mabuk durian

Mabuk akibat makan buah durian bisa terjadi bagi siapa saja, terlebih bagi orang yang menyantap buah durian dalam jumlah yang banyak. Bagi orang yang mabuk durian, umumnya akan mengalami pusing seperti kepala berputar dan mual. Efek mabuk ini akibat dari kandungan alkohol yang terdapat di dalam buah durian.

Efek mabuk akibat makan buah durian acap menjadikan sebagian orang takut ketika hendak menyantap buah durian. Meskipun bagi sebagian orang, mabuk makan durian justru dianggap sebagai sensasi dari makan buah durian. Bahkan, di kalangan pehobi buah dengan kulit berduri satu ini, makan dalam jumlah yang banyak sampai menimbulkan efek mabuk dijadikan sebuah tantangan.

Menyantap buah durian memang terasa nikmat. Rasa manis legit yang berpadu dengan kelembutan tekstur daging buah dan aromanya yang khas, menjadikan buah durian memiliki banyak penggemar. Jika Anda adalah salah satu penggemar buah durian, Anda bisa mencoba untuk mengobati mabuk akibat makan durian berikut ini. Tips ini merupakan cara tradisional yang umumnya disarankan oleh petani atau pedagang buah durian di Banyumas, Jawa Tengah.

Baca: [ Mengenal Jenis dan Kualitas Durian Cani ]

Minum Air Putih dengan Sedikit Garam

Jika mengalami mabuk akibat makan buah durian, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan minum air putih yang diberi sedikit garam. Lebih baik lagi, jika air putih yang diminum adalah air putih hangat. Cara ini biasa disarankan oleh para pedagang buah durian untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pusing yang ditimbulkan akibat makan durian.

Minum Air Putih Menggunakan Wadah Kulit Durian

Minum air putih menggunakan wadah kulit durian merupakan salah satu cara unik untuk mengobati mabuk makan durian. Anda hanya perlu menuangkan air putih ke dalam cekungan kulit buah durian, kemudian meminumnya langsung dari kulit durian tersebut. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan rasa mual dari mabuk akibat makan durian.

Baca: [ Rahasia Pohon Durian Cepat Berbuah dengan Rasa Terbaik ]

Makan Buah Manggis

Jika minum air putih dengan sedikit garam, atau minum air putih menggunakan wadah kulit durian belum bisa mengobati mabuk makan durian, tenang masih ada satu cara lagi. Anda bisa mengonsumsi buah manggis. Makan buah manggis bisa menghilangkan rasa mabuk akibat makan durian, terutama untuk menghilangkan rasa mual yang ditimbulkan.

Tidak sulit untuk mencari buah manggis saat musim buah durian, karena kedua buah ini memiliki periode musim panen yang hampir berbarengan. Periode masa panen buah durian umumnya terjadi pada bulan Oktober sampai bulan Februari. Sementara masa panen buah manggis umunya terjadi pada bulan November sampai bulan Februari.

Baca: [ Apakah Konsumsi Buah Durian Berbahaya bagi Wanita Hamil? ]

Dengan mengetahui cara mengobati mabuk akibat makan durian, Anda tidak perlu merasa takut lagi untuk merasakan kenikmatan rasa dari buah durian. Namun, jangan berlebihan makannya ya, usahakan mengonsumsi buah durian tetap dengan jumlah atau porsi yang wajar.

Video pilihan

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here