Kebun Teh Kaligua, Peninggalan Belanda di Lereng Gunung Slamet

0
194
kebun teh kaligua
Gambar diambil dari bumn.go.id.

Kebun Teh Kaligua yang berlokasi di Dusun Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, bisa menjadi destinasi wisata pilihan untuk mengisi liburan. Perkebunan teh yang berada di lereng Gunung Slamet sebelah barat ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX atau PTPN IX Jawa Tengah. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati hamparan perkebunan teh dengan luas lebih dari 500 hektare plus pemandangan yang eksotis, dan menghirup udara segar pegunungan.

Nama “Kaligua” selama ini mungkin lebih populer dikenal sebagai merek dari produk Teh Kaligua. Produk teh yang memiliki cita rasa khas ini, memang diproduksi dari Perkebunan Teh Kaligua. Selain sebagai sarana produksi teh, Perkebunan Teh Kaligua dibuka untuk wisata yang telah dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung. Selain perkebunan teh, terdapat daya tarik lain, yakni Gua Jepang, Gua Barat, dan Tuk Bening yang berada satu lokasi dengan Perkebunan Teh Kaligua.

Perkebunan Teh Kaligua merupakan perkebunan teh peninggalan masa kolonial. Ketika Belanda masih berkuasa di Indonesia, Perkebunan Teh Kaligua didirikan oleh Cultur Onderneming dari Belanda pada tahun 1889. Sebagai perwakilan di Indonesia, ditunjuk Fan Jhon Pleatu co, dan dikelola oleh seorang pengusaha bernama Van De Joeng. Berkunjung ke Perkebunan Teh Kaligua, tidak hanya menikmati keindahan pesona alam lereng Gunung Slamet, tetapi juga menyusuri jejak peninggalan masa kolonial.

Lokasi Perkebunan Teh Kaligua

Perkebunan Teh Kaligua terletak sekitar 10 kilometer dari Kecamatan Paguyangan, atau sekitar 15 kilometer dari Kota Bumiayu, Brebes. Akses menuju Perkebunan Teh Kaligua ditempuh melalui jalur Tegal – Purwokerto jika melewati jalur utara Jawa, atau melalui jalur Purwokerto – Tegal jika melalui jalur selatan Jawa.

Jalur masuk menuju ke Perkebunan Teh Kaligua tepat pada pertigaan Kaligua, setelah itu pengunjung akan melewati jalan yang berkelok dan menanjak. Melewati jalur ini harus berhati-hati, usahakan menggunakan kendaraan yang kuat untuk menanjak. Saat masih pagi hari, daerah ini biasanya masih berkabut dan dingin. Suasana khas pegunungan yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Lokasi Perkebunan Teh Kaligua berada pada ketinggian 1.200 – 2.050 meter dari permukaan laut. Lokasi yang berada pada ketinggian ini menjadikan kondisi udaranya sangat dingin, berkisar 8 – 22 °C pada musim penghujan, dan mencapai 4-12 °C pada musim kemarau. Jangan lupa untuk membawa jaket atau baju hangat ketika hendak berkunjung, agar tidak kedinginan.

Baca: [ Ragam Destinasi Wisata Menarik di Pulau Nusakambangan ]

Daya Tarik Perkebunan Teh Kaligua

Tempat favorit bagi pengunjung yang ada di dalam Perkebunan Teh Kaligua adalah gardu pandang yang disebut Puncak Sakub. Dari tempat ini pengunjung bisa melihat langsung hijaunya hamparan tanaman teh yang memanjakan mata. Pengunjung bisa menghirup udara segar yang pastinya masih bersih, sambil merasakan hembusan angin yang terasa sejuk dan menenangkan.

Setelah puas memandangi hamparan kebun teh, pengunjung bisa masuk ke Gua Jepang yang berada tak jauh dari lokasi Puncak Sakub. Terowongan dengan panjang 850 meter ini membelah bukit yang ditumbuhi tanaman teh. Gua ini dibuat oleh tentara Jepang pada tahun 1942 yang dikerjakan dengan cara kerja paksa masyarakat setempat.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berenang di tengah kebun teh, di Perkebunan Teh Kaligua terdapat kolam renang dengan sumber mata air alami. Air pada kolam ini berasal dari sumber mata air yang disebut Tuk Bening. Mata air ini dikenal sebagai sumber mata air abadi yang juga dipercaya memiliki khasiat tertentu.

Di lokasi Perkebunan Teh Kaligua juga terdapat fasilitas pendukung lainnya seperti camping ground, area outbound, danau buatan, dan wisma untuk menginap. Aktivitas yang paling mengasikkan adalah pengunjung dapat melihat proses pengolahan teh di pabrik teh yang ada. Mulai dari perlakuan terhadap daun teh pascapanen, proses penggilingan, hingga pengemasan.

Baca: [ Ragam Tempat Wisata di Pangandaran untuk Rekomendasi Liburan ]

Jika datang pada waktu yang tepat, pengunjung bisa melihat proses pemetikan daun teh yang dilakukan oleh perempuan-perempuan pemetik teh. Sebagai pelengkap, pengunjung bisa mencicipi seduhan Teh Kaligua sambil bersantai di tengah perkebunan teh. Bagi yang ingin menginap, terdapat vila-vila di kawasan Perkebunan Teh Kaligua yang ditawarkan dengan harga bervariasi tergantung dengan jenis vilanya.

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here