Inilah Varietas-Varietas Unggul Buah Anggur Indonesia

0
642
anggur indonesia
Gambar ilustrasi pixabay.com.

Buah anggur menjadi salah satu buah yang saat ini dengan mudah bisa kita temui di pasaran. Buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan ini, memiliki banyak penggemar lantaran rasanya yang manis segar dengan kadar air yang cukup tinggi. Bukan hanya buahnya saja yang disukai, tanaman anggur juga menjadi salah satu jenis tanaman yang dipilih untuk ditanam di pekarangan rumah atau kebun milik masyarakat Indonesia.

Selain menanam anggur di pekarangan, saat ini tengah berkembang cara budidaya anggur dengan menggunakan wadah pot. Cara ini lebih populer dikenal dengan istilah Tabulampot yang merupakan akronim dari Tanam Buah di Dalam Pot. Tabulampot menjadi salah satu pilihan solusi bagi masyarakat perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan untuk budidaya anggur secara konvensional.

Tanaman anggur merupakan tanaman asli Eropa dan Asia Tengah. Saat ini tanaman anggur telah menyebar dan berkembang di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Buah yang berasal dari daerah lembah di antara sungai Tigris dan Eufrat ini, sudah dibudidayakan oleh manusia sejak 4.000 tahun SM.

Buah anggur yang dijual di pasaran Indonesia saat ini masih didominasi oleh buah impor. Padahal, Indonesia sebenarnya memiliki varietas unggul buah anggur yang kualitas buahnya tidak kalah dengan buah anggur impor. Kenalan yuk dengan varietas unggul buah anggur Indonesia.

Baca: [ Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kualitas dan Cita Rasa Kopi ]

Anggur Prabu Bestari (Red Prince)

Buah anggur Prabu Bestari memiliki rasa yang manis dengan kandungan gula berkisar 20 persen, dan sedikit rasa asam (1,9 persen). Anggur Prabu Bestari memiliki rasa yang manis segar dengan kadar air mencapai kurang lebih 47,77 persen. Anggur Prabu Bestari memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, berkisar 23,33 mg/100 gram. Buah anggur Prabu Bestari yang berwarna merah mempunyai potensi kandungan resveratrol yang mencapai 1,5-3 mg/liter. Zat resveratrol yang terkandung dalam buah anggur Prabu Bestari ini, memiliki manfaat untuk mencegah penggumpalan darah, obat kanker, dan mencegah penyakit jantung.

Anggur Jestro Ag60 (MS27-3)

Anggur Jestro Ag60 memiliki ciri buah yang berwarna ungu tua atau ungu kehitaman ketika buah sudah masak. Buah anggur Jestro Ag60 memiliki bentuk yang bulat dengan kandungan vitamin C pada buahnya sebesar 10-20 mg/100 gram. Buah anggur Jestro Ag60 memiliki keunggulan pada rasanya yang manis segar. Jestro Ag60 mulai masak dan bisa dipanen pada umur 90-100 hari setelah pangkas pembuahan.

Anggur Jestro Ag86 (Muscatto D’Adaa)

Buah anggur Jestro Ag86 memiliki rasa yang manis segar dan beraroma wangi saat buah dikunyah. Buah masak pada varietas Jestro Ag86 ditandai dengan buah yang sudah lunak, warna kulit buah kuning kehijauan sedikit transparan, sehingga tampak bayangan biji anggur yang ada di dalamnya. Anggur Jestro Ag86 memiliki kandungan vitamin C sebesar 5,16-12,32 mg/100 gram. Kandungan kadar gulanya bervariasi, antara 13,89 sampai 22,31 derajat briks. Kadar airnya 38,22 sampai 48 persen.

Varietas buah anggur Jestro Ag86 mulai masak dan panen pada umur 90-100 hari setelah pangkas pembuahan. Jestro Ag86 dapat berproduksi baik pada musim hujan maupun musim kemarau, dengan hasil sampai dengan 9-16 kilogram per pohon.

Anggur Probolinggo Biru 81

Buah anggur Probolinggo Biru 81 memiliki dua bentuk ciri buah, yakni berbentuk bulat dan lonjong. Rasa buah anggur Probolinggo 81 adalah manis dengan kadar asam yang rendah. Kadar asam pada anggur Probolinggo Biru 81 hanya berkisar 0,5 persen, dengan kadar gula 13,88 derajat briks.

Baca: [ Seluk-Beluk Tanaman Porang ]

Anggur Probolinggo Super (Cardinal)

Anggur Probolinggo Super adalah salah satu varietas anggur unggulan Indonesia yang tahan terhadap penyakit. Buah anggur Probolinggo Super memiliki rasa manis dengan kadar asam yang rendah, berkisar 0,5 persen. Probolinggo Super memiliki kandungan vitamin C sebesar 21mg/100 gram. Buah anggur Probolinggo Super mulai masak dan bisa dipanen pada umur 105 hari setelah pangkas pembuahan.

Anggur Kediri Kuning (Belgi)

Varietas anggur Kediri Kuning merupakan salah satu varietas anggur yang telah banyak ditanam di pekarangan-pekarangan rumah pada umumnya. Kediri Kuning memiliki adaptasi yang luas. Rasa buah anggur Kediri Kuning adalah manis segar dan wangi. Buahnya memiliki kandungan vitamin C sebesar 20 mg/100 gram, dengan kemasakan buah dan warna yang merata. Anggur Kediri Kuning mulai masak dan bisa dipanen pada umur 105-110 hari setelah pangkas pembuahan.

Anggur Bali

Anggur Bali memiliki ciri utama pada kulit buahnya yang berwarna ungu kehitaman. Rasa buahnya manis sedang dengan kulit buah tebal, dan daging buah yang cukup lunak dengan kadar air yang cukup tinggi. Buah anggur Bali memiliki ukuran yang sedang atau medium. Varietas anggur Bali memiliki kerapatan buah yang baik dengan bobot berkisar 180 gram untuk setiap tandannya. Anggur Bali sering disebut sebagai anggur meja, karena buah dari varietas ini sering disajikan dalam bentuk buah segar, atau tidak diolah sebagai minuman.

Anggur Jestro Ag45

Anggur Jestro Ag45 memiliki ciri khas pada daging buahnya yang berwarna ungu kehitaman dengan kulit buah yang berwarna ungu. Memiliki rasa yang manis dan segar dengan kadar air sebanyak 60 sampai dengan 62 persen. Salah satu kelebihan dari Jestro Ag45 adalah memiliki daya simpan satu sampai dua minggu. Produksi buahnya mencapai 10 sampai 15 ton per hektare.

Baca: [ Cara Perbanyakan Tanaman Stroberi Secara Mudah dan Praktis ]

Anggur Jestro Ag5

Anggur Jestro Ag5 adalah varietas buah anggur yang paling cocok untuk diolah menjadi wine. Jestro Ag5 memiliki aroma buah yang sangat tajam. Buahnya manis segar dengan kadar gula 18-20 persen, dan kadar asam 1,33 sampai 1,53 persen dengan tekstur buah yang halus. Jestro Ag5 memiliki ciri kulit buah berwarna ungu kehitaman dan daging buah yang bening dengan kandungan vitamin C sebesar 32,8 -34,85 mg/100 gram. Produksi buahnya mencapai 10 sampai 15 ton per hektare dan memiliki daya simpan sampai satu minggu.

Sumber Rujukan:

[1] Prospek Pengembangan Varietas-Varietas Unggul Anggur di Daerah Sentra Produksi, Balitjestro Balitbangtan-Kementerian Pertanian, diakses pada 20 Desember 2019.

[2] 7 Varietas Unggul Buah Anggur Indonesia, Mana yang Jadi Favoritmu?, website Trubus Life, diakses pada 20 Desember 2019.

Simak video pilihan kami

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here