Carica Khas Dieng Miliki Ragam Manfaat untuk Kesehatan

0
313
manfaat buah carica
Gambar buah carica diambil dari budparbanjarnegara.com.

Carica selama ini telah populer dikenal sebagai buah yang diolah menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi Dieng. Buah yang sangat mirip dengan pepaya ini, dengan mudah bisa kita temukan dijajakan di toko oleh-oleh yang tersebar di sepanjang jalan Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah.

Carica (karika) yang memiliki nama latin Carica pubescens atau Carica candamarcensis merupakan tanaman yang berasal dari daratan Amerika Selatan. Carica pertama kali dibawa ke Indonesia oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda sekitar tahun 1890. Selain merupakan tanaman yang tumbuh di kawasan dataran Andes, yaitu dataran tinggi yang membentang antara Panama hingga Bolivia, carica juga tumbuh subur di beberapa pegunungan Kolombia ataupun Ekuador.

Datarang tinggi Dieng menjadi salah satu tempat tumbuh dan berkembangnya tanaman carica. Selain dikembangkan di Dieng, ada upaya para ahli untuk mengembangkannya di dareh lain. Hanya saja, sampai saat ini baru area dataran Ranupane yang bisa dijadikan tempat pengembangannya.

Baca: [ Carica: Jenis Pepaya Gunung yang Langka dan Tumbuh di Dataran Tinggi Dieng ]

Buah carica memang buah yang istimewa. Pepaya gunung ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik hanya di daerah dingin seperti di Dieng. Di Dieng, buah carica juga disebut sebagai buah para dewa. Selain memiliki rasa yang enak, buah carica ternyata juga memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah carica memiliki kandungan gizi antara lain berupa serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, enzim papain, dan kalsium. Berikut ini ragam manfaat buah carica bagi kesehatan tubuh.

Mengobati Penyakit Kulit

Buah carica memiliki manfaat sebagai obat. Salah satunya adalah bisa mengobati beragam penyakit kulit, seperti jamur, eksim, atau kadas. Cara menggunakan buah carica untuk mengobati penyakit kulit juga terbilang mudah. Caranya cukup dengan melumatkan daging buah carica, lalu membalurkan pada kulit yang terkena penyakit. Setelah itu, biarkan sampai kering.

Meningkatkan Daya Akomodasi Mata

Buah carica memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Oleh karena itu, buah carica sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Banyak penderita rabun senja yang sembuh setelah rutin mengonsumsi buah carica. Buah carica bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan seperti manisan, jus ataupun sirup. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah carica secara langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu, karena bisa menyebabkan rasa gatal di lidah dan bibir.

Baca: [ Inilah Manfaat Daun Pepaya untuk Pengobatan ]

Menghangatkan Tubuh

Di Amerika, buah carica banyak diolah sebagai sebagai minuman penghangat tubuh. Minuman penghangat tubuh ini bisa dibuat dari buah carica dengan cara mengolahnya menggunakan sistem fermentasi.

Melancarkan Pencernaan

Buah carica memiliki kandungan serat yang baik untuk membantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Jika Anda kerap mengalami gangguan pencernaan, atau mengalami sulit buang air besar, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah carica secara rutin. Jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli buah carica yang sudah dalam bentuk olahan.

Baca: [ Buah Kenari, “Makanan Dewa” yang Miliki Ragam Manfaat ]

Selain manfaat yang telah disebutkan, mengonsumsi buah carica secara rutin juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun harus diperhatikan, Anda perlu berhati-hati ketika hendak mengolah buah carica. Salah satunya ketika mengupas kulit carica usahakan mengupas sampai bersih. Hal ini untuk menghindari terkena getah carica yang bisa menyebabkan gatal.

Sumber Rujukan :

Ellis, Lioni, Super Plants For Super Health : Hidup Sehat dengan Memanfaatkan Tumbuhan Berkhasiat Obat di Indonesia, Metagraf, September 2017.

Video pilihan

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here