Jenis-Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah

0
212

Tanaman hias kerap dipilih sebagai bagian dari dekorasi rumah. Keberadaan tanaman hias di dalam rumah mampu memberikan kesan asri dan segar di dalam ruangan. Selain itu, tanaman hias juga membantu produksi oksigen, sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan menjadi lancar.

Jenis tanaman hias gantung misalnya, banyak dipilih karena memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan tanaman hias pada umumnya. Salah satu kelebihannya adalah tidak banyak memakan tempat dan cukup fleksibel dalam penempatannnya. Kita bisa menempatkannya di atas jendela, dinding, atau pagar rumah.

Sebagian besar jenis tanaman hias gantung juga mudah dalam perawatannya. Jadi tidak akan menyulitkan pemilik rumah meskipun tidak mengetahui tentang seluk-beluk tanaman. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki tanaman hias gantung sebagai bagian dari dekorasi rumah, berikut jenis-jenis tanaman hias gantung yang bisa Anda pilih.

Kaktus Anggur

Gambar diambil dari id.wikipedia.org.

Kaktus anggur atau Sedum morganianum yang juga dikenal dengan nama ekor keledai, merupakan tanaman hias gantung yang umum ditemukan di lapak-lapak penjual tanaman hias. Kaktus anggur memiliki bentuk yang unik. Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki bentuk mirip seperti dompolan buah anggur dengan warna hijau sedikit pucat. Ada juga yang menganggap kaktus anggur memiliki bentuk yang mirip dengan tetesan air yang berurutan karena tumbuhnya menjuntai ke bawah.

Kaktus anggur populer ditanam menggunakan pot kecil yang digantung di teras rumah. Selain di teras rumah, kaktus anggur juga bisa ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman ini membutuhkan banyak cahaya untuk pertumbuhannya, tapi membutuhkan sedikit air. Jika memilih kaktus anggur sebagai bagian dekorasi rumah, kita perlu memastikan terpenuhinya kebutuhan cahaya bagi pertumbuhan kaktus anggur.

Baca: [ Ragam Metode Bercocok Tanam Tanpa Tanah di Sekitar Rumah ]

Sirih Gading

Gambar diambil dari faunadanflora.com.

Sirih gading pada umumnya ditanam di pekarangan rumah dan merambat pada pohon. Meski umumnya ditanam di tanah dan merambat, tanaman sirih gading bisa dijadikan sebagai tanaman hias gantung untuk ruangan rumah. Bahkan, sirih gading bisa hidup hanya dengan menggunakan media air.

Daunnya berwarna hijau dengan belang warna kuning yang cerah. Warna inilah yang menjadi daya tarik dari sirih gading sehingga banyak dipilih sebagai hiasan dalam ruangan rumah. Anda bisa mengatur peletakannya menyesuaikan dengan warna cat ruangan rumah Anda. Warna hijau yang berpadu dengan warna kuning pada daunnya dan tumbuh menggantung, akan memberikan kesan asri ruangan rumah Anda.

Sirih Belanda

Sirih Belanda atau yang sering disebut dengan nama Sirih blaster heart bisa menjadi salah satu pilihan tanaman hias gantung yang menarik. Sirih Belanda mirip dengan sirih gading, tapi ada perbedaan pada corak warna daunnya. Tanaman ini memiliki ciri daun yang berbentuk hati dan memiliki warna daun yang variegata. Perpaduan antara warna hijau dengan corak warna putih.

Sama seperti sirih gading, daya tarik dari tanaman sirih Belanda ada pada batang tanamannya yang bisa tumbuh menjuntai ke bawah jika ditanam menggantung. Corak warna daun yang menarik akan mencuri perhatian setiap orang yang masuk ke rumah Anda. Sirih Belanda cocok ditanam menggunakan pot kecil dan menaruhnya di atas jendela atau di dinding rumah.

Baca: [ Tanaman-Tanaman yang Bisa Tumbuh dengan Media Air ]

Kaktus Udang

Gambar diambil dari basmahsyadza.wordpress.com.

Kaktus udang merupakan salah satu jenis tanaman kaktus tanpa duri yang bisa berbunga dengan warna bunga menawan. Tanaman ini mirip dengan tanaman bunga wijayakusuma dengan batang yang pipih serupa lembaran berwarna hijau. Karakter batangnya sama dengan kaktus sukulen yang mampu menyimpan banyak air.

Kaktus udang bisa menjadi pilihan tanaman hias gantung yang unik. Bunga tanaman kaktus udang akan muncul pada ujung-ujung batangnya dengan warna yang cerah. Jika hendak menanam dan merawatnya sebagai hiasan ruangan rumah, Anda perlu meletakkannya pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Anda juga bisa memilih jenis kaktus udang sesuai dengan warna bunga yang Anda suka. Ada pilihan bunga warna merah muda, merah tua, ungu dan putih.

Dischidia Geri

Gambar diambil dari channel youtube Amy Zerbiya

Tanaman dischidia geri memiliki ciri berupa bentuk daun yang pipih dan kecil, tumbuh sejajar pada batang tanaman yang tumbuh menjuntai ke bawah. Dischidia geri merupakan salah satu jenis tanaman hias gantung yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Sehingga sangat cocok ditempat di ruangan yang minim cahaya.

Baca: [ Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Aquascape ]

Selain jenis-jenis tanaman yang telah disebutkan oleh penulis, masih ada beragam jenis tanaman lain yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias gantung untuk dekorasi rumah. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Simak video pilihan kami:

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here