Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet dan Tetap Segar

0
87
sayuran tetap segar
Gambar ilustrasi pixabay.com.

Sebagian besar orang acap keliru ketika menyimpan sayuran di dalam kulkas. Mereka langsung memasukkan sayuran yang dibeli dari pasar atau swalayan tanpa melakukan perlakuan apa pun. Alhasil, bukannya sayuran awet dan tetap segar, tetapi malah menjadi mudah busuk dan terbuang percuma.

Menyimpan sayuran di dalam kulkas tidak boleh sembarangan. Sayuran merupakan salah satu bahan pangan yang mudah layu dan busuk. Oleh karena itu perlu cara yang tepat dan cermat ketika menyimpan sayuran di dalam kulkas. Agar sayuran bisa awet dan tetap segar ketika disimpan, Anda bisa mencoba tips berikut.

Seleksi Bagian Sayuran

Ketika membeli sayuran di pasar atau swalayan, tidak semua bagian sayuran yang didapatkan dalam kondisi segar dan baik. Biasanya ada beberapa bagian yang sudah layu atau bahkan membusuk. Sebelum menyimpannya ke dalam kulkas, lakukan seleksi terhadap bagian-bagian tersebut.

Potong atau buang bagian-bagian sayuran yang sudah layu atau membusuk. Dengan begitu hanya sayuran yang benar-benar masih dalam kualitas baik yang akan disimpan di dalam kulkas. Jika tidak dilakukan seleksi pada bagian yang layu atau membusuk, kemungkinan besarnya akan menular pada bagian yang lain sehingga semua sayuran akan mudah membusuk.

Baca: [ Budikdamber: Budi Daya Ikan dan Sayuran dalam Ember ]

Cuci Bersih Sayuran

Sebelum memasukkan sayuran ke dalam kulkas, lebih baik mencucinya sampai bersih terlebih dahulu. Cuci menggunakan air yang mengalir dan pastikan semua bagiannya bersih, termasuk di sela antar bagiannya. Setelah dicuci, tiriskan sayuran sampai airnya mengering. Anda bisa memasukkannya ke dalam saringan atau wadah yang berlubang, sambil sesekali membaliknya untuk memastikan semua bagian telah kering.

Simpan Sayuran dalam Keadaan Utuh

Menyimpan sayuran yang baik adalah dalam keadaan utuh setelah dilakukan seleksi pada bagian yang layu atau membusuk. Pada beberapa jenis sayuran yang dibeli masih dalam keadaan beserta akarnya, lebih baik dipertahankan karena akan membuat sayuran lebih awet. Jangan memotong-motong sayuran menjadi bagian kecil-kecil, karena justru akan mempercepat pembusukan.

Pisahkan Sayuran dengan Buah

Memisahkan sayuran dan buah ketika menyimpannya di kulkas merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Buah memiliki kandungan zat etilen yang menjadikan buah matang secara alami. Ketika berada di dalam kulkas, pada beberapa jenis buah zat etilen memicu pematangan menjadi lebih cepat. Hal ini baik untuk buah, tapi tentu saja tidak baik untuk sayuran. Jika tidak dipisahkan, proses pematangan pada buah ini bisa memicu pembusukan pada sayuran yang disimpan bersama.

Pastikan Kulkas Bersih dan Kering

Lakukan pembersihan secara rutin terhadap kulkas tempat menyimpan sayuran. Pembersihan secara rutin akan menghindarkan kulkas menjadi terlalu lembap atau berembun yang membuat sayuran mudah busuk. Hal ini juga untuk menghindari adanya sisa-sisa sayuran lama yang bisa memicu pembusukan pada sayuran yang baru disimpan. Jadi selalu pastikan kulkas untuk menyimpan sayuran dalam keadaan bersih dan kering.

Tempatkan Sayuran dengan Tepat

Kulkas umumnya terdiri dari 3-4 rak yang memisahkan antar bagian. Setiap rak memiliki fungsinya masing-masing, karena itu jangan sembarangan menempatkan sayuran di dalam kulkas. Tempatkan sayuran yang memiliki kadar air tinggi, atau sayuran yang kemungkinan cepat membusuk pada bagian rak paling bawah yang memiliki suhu paling stabil. Sedangkan sayuran yang berkadar air rendah bisa ditempatkan pada bagian rak kedua.

Baca: [ Jenis Sayuran Cepat Panen untuk Bercocok Tanam di Rumah ]

Selain tips yang sudah disebutkan oleh penulis, ketika menyimpan sayuran di kulkas perlu juga dilakukan pengecekan suhu secara berkala. Pastikan suhu kulkas selalu stabil. Jika suhu kulkas terlalu tinggi, sayuran bisa menjadi mudah busuk. Sebaliknya, jika suhu terlalu rendah, sayuran bisa membeku.

Simak video pilihan kami:

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here