Cara Mudah Semai Stek Batang Anggur

0
295
cara semai stek batang anggur
Gambar bibit anggur diambil dari rumahtanaman.com.

Perbanyakan pohon anggur bisa dilakukan dengan beragam metode, salah satunya adalah dengan menggunakan stek batang. Perbanyakan pohon anggur dengan stek batang adalah cara yang paling lazim dilakukan. Cara ini dianggap lebih mudah dan lebih cepat jika dibandingkan perbanyakan pohon anggur menggunakan biji yang membutuhkan waktu lebih lama.

Dalam proses penyemaian stek batang anggur, ada sejumlah teknik penyemaian yang bisa dilakukan. Ragam teknik tersebut di antaranya: menancapkan stek batang anggur langsung pada media tanam dalam polybag; melakukan penimbunan stek batang untuk menumbuhkan tunas dan akar; atau penyemaian stek batang anggur menggunakan media air.

Setiap teknik penyemaian stek batang anggur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menyemai dengan menancapkan langsung pada media tanam misalnya, memiliki risiko kegagalan yang cukup tinggi karena batang anggur belum tumbuh akar. Sedangkan menyemai dengan melakukan penimbunan, memiliki risiko gagal ketika proses pemindahan atau penanaman pada media tanam: jika tidak ekstra hati-hati, tunas yang telah tumbuh bisa tiba-tiba layu dan akar menjadi busuk hingga mati.

Sementara, teknik penyemaian stek batang anggur menggunakan media air dianggap memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Hal ini berdasarkan pada pengalaman dari para penangkar pohon anggur. Selanjutnya, artikel ini akan membahas tentang teknik penyemaian stek batang anggur menggunakan media air.

Baca: [ Menakar Potensi Budidaya Anggur di Indonesia ]

Pemilihan Stek Batang Anggur

Stek batang anggur didapatkan dari batang pohon anggur dewasa dengan usia tanam minimal satu tahun. Batang harus dalam keadaan sehat, bebas hama dan jamur. Ukuran batang minimal sudah lebih dari sebesar ukuran pensil, berkayu dan berwarna cokelat. Pemotongan batang dengan panjang minimal 20 cm atau memiliki tiga mata tunas.

Pada bagian bawah, pemotongan dilakukan secara rata tepat di bagian mata tunas. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pertumbuhan akar yang akan tumbuh pada sekitar bagian mata tunas.

Jika mendapatkan potongan batang anggur yang sudah dalam keadaan tidak segar, akibat disimpan beberapa hari atau mungkin melalui pengiriman paket saat pembelian. Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan perendaman pada potongan batang anggur menggunakan air bersih selama 6-24 jam. Perendaman ini bertujuan untuk mengembalikan kadar air dalam kambium batang anggur. Anda juga bisa merendam bagian bawah stek batang anggur menggunakan zat perangsang akar.

Penyemaian Stek Batang Anggur

Siapkan wadah transparan, bisa menggunakan gelas plastik atau potongan botol bekas air mineral. Isi wadah dengan air bersih (sebaiknya menggunakan air sumur) setinggi 0,5 cm atau perkiraan merendam mata tunas pada bagian bawah batang. Masukkan stek batang anggur dengan posisi berdiri tegak dan pastikan tidak terbalik bagian bawah dan atasnya. Simpan di tempat yang teduh selama 1-4 minggu sampai terlihat tumbuh akar dan tunas.

Pada saat proses penyemaian, perlu menjaga kebersihan dan kesegaran air yang digunakan. Bisa mengganti airnya 2-3 hari sekali. Cara lainnya adalah pada saat penyiapan air, bisa dimasukkan beberapa potongan arang dengan ukuran kecil. Penggantian air atau memasukkan arang bertujuan untuk menjaga air agar tidak keruh dan menghindari tumbuhnya jamur atau bakteri yang bisa mengakibatkan pembusukan.

Baca: [ Cara Membuat Tanaman Anggur Berbuah Sepanjang Tahun ]

Pemindahan Stek Batang

Setelah akar batang anggur sudah tumbuh sempurna, terlihat lebat dan sehat. Stek batang anggur bisa dipindahkan pada media tanam dalam pot atau polybag. Pemindahan ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak akar yang telah tumbuh. Gunakan media tanam yang memiliki porositas baik. Bisa menggunakan campuran tanah lempung berpasir yang dicampur arang sekam dengan perbandingan 1:1.

Perawatan bibit anggur yang sudah dipindahkan dalam polybag cukup dengan melakukan penyiraman 2 atau 3 hari sekali. Penyiraman secukupnya untuk menjaga kelembapan media tanam. Tempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari pagi di bawah jam 10. Selanjutnya ketika sudah mulai tumbuh dengan baik, bisa dilatih untuk terkena sinar matahari siang.

Bibit pohon anggur yang diperoleh dari stek batang, bisa ditanam pada lahan atau menggunakan metode tabulampot jika sudah tumbuh sulur pada bagian tunas batangnya. Ciri lainnya adalah memiliki jumlah daun sudah lebih dari 10 helai daun.

Baca: [ Kiat Menanam Pohon Anggur dalam Pot ]

Simak video pilihan kami:

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here