Tips Menjaga Anak-anak di Dunia Maya

10
3941

 d. Jangan Membangun jarak dengan dunia maya

Penggunaan internet oleh anak-anak justeru mengharuskan orangtua untuk belajar lebih jauh tentang mekanisme penyediaan informasi dan interaksi melalui saluran dunia maya tersebut, termasuk sosial media. Akansangat tidak bijak jika orangtua justeru meninggalkan dan menjahi dunia maya yang sudah tak terelakkan ini. Menjaga jarak dengan dunia maya membuat orangtua kehilangan akses untuk mengawasi dan memberi masukan kepada anak.

Akan sangat ideal kemudian jika orangtua justeru terhubung dengan anak pada saluran sosial media yang digunakan. Hal ini memungkinkan orangtua memberikan masukan langsung apabila menemukan hal tidak wajar atau tidak sesuai pada anak selama menggunakan internet. keterhubungan ini membuat orangtua mengerti lingkup interaksi anak pada dunia media sosial.

e. Bangunlah Aturan yang mengikat Bersama

Salah satu kunci penting dalam proses penjagaan anak dalam pemanfaatan dunia maya adalah ketersediaan aturan yang mengikat semua pihak. Mengapa semua pihak? Orangtua bagaimanapun adalah model bagi anak. Prinsip pembelajaran karakter dan kedisiplinan pada anak mengharuskan orangtua turut konsisten menjalankan hal-hal yang disebut sebagai “batasan” dalam keluarga. Fungsi model inilah yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran penggunaan internet ini.

Anak harus mengerti pelbagai batasan yang disebut sebagai aturan atau kesepahaman bersama selama memanfaatkan internet. Pembiaran anak menggunakan internet tanpa ada aturan justeru akan menjadi persoalan tersendiri bagi orangtua dan anak. Penanaman nilai tentang batas “yang boleh dan tidak boleh”  mengatur waktu pemakaian, fungsi pemakaian, durasi, situs yang bisa dijelajahi dan hal yang tidak boleh dilakukan selama bermedia sosial akan sangat membantu anak mengerti praktek berinternet yang baik. Jika dibutuhkan, aturan tertulis yang mudah dibaca dapat dibuat dan diletakkan di dekat komputer keluarga.

Penyusunan aturan sangat terkait dengan model penanaman nilai dalam keluarga. Orangtua harus berani mengambil keputusan untuk menjelaskan dan mengambil kesepakatan bersama dengan anak. Konsep menyayangi dengan membiarkan anak semaunya dalam menjelajahi dan menggunakan internet bukanlah sesuatu yang bijak dilakukan. Konsep sayang justeru berhubungan erat dengan bagaimana orangtua memberikan pengetahuan dan batasan yang memadai agar anak berkembang secara tepat.

Berbagi dan Diskusi

10 COMMENTS

  1. […] Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kini bukan saja menjadi konsumsi orang dewasa. Melalui pelajaran tertentu, anak-anak sejak dini telah diperkenalkan dengan perangkat komputer. Satu sisi, pengenalan komputer dan internet pada usia dini memberikan kesempatan anak untuk dapat memperoleh dan mengolah informasi secara luas. Pelbagai sumber pengetahuan tersedia pada media ini. Upaya memaksimalkan peran internet untuk dukungan pencarian pengetahuan kini semakin banyak didorong oleh piha sekolah. Melalui model pembelajaran berbasis TIK, anak diajak untuk menelusuri dunia maya sebagai salah satu sumber pengetahuan. Tantangan lain juga muncul seiring dengan perkembangan TIK dan akses pada dunia anak. Pornografi, kekerasan dan hedonisme adalah sekian banyak deret konten yang dapat mengganggu masa perkembangan anak. Pekembangan moral dan etika salah satu hal yang paling terancam dengan ketersediaan konten-konten negatif tersebut. Meski demikian, kehadiran internet sudah tidak  […]

  2. […] Perkembangan informasi dan tehnologi dewasa ini bisa dibilang sangat cepat. Seiring dengan kecepatan yang ada, kenyataannya pihak yang memanfaatkan perkembangan itu juga tak kalah banyaknya, bahkan seolah tiada penyusutan. Setiap saat yang ada hanya terjadi penambahan pengguna.    Hal tersebut sebagaimana yang terjadi pada internet. Setiap saat, setiap orang, saat ini seolah tak bisa lepas dari gadget yang di dalamnya disertai pula fasilitas berselancar di dunia maya. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here